MY SCHOOL MY ADVENTURE, SMPN 4 MANDAH GOES TO CAWAN ISLAND AND SOLOP BEACH, KABUPATEN INDRAGIRI HILIR, PROV. RIAU #AYO KE PANTAI SOLOP

Na … na … na … na …
Hai kawan semua
Dengarkanlah cerita saya
Cerita tentang liburanku
Pergi ke pantai
Na … na … na … na …

Tanggal 19 Oktober 2019 … kami keluarga besar SMP Negeri 4 Mandah sedang berbahagia … karena kami akhirnya bisa liburan bersama ke Pantai Solop. Selain itu … kami juga mengadakan kunjungan ke SMP Pulau Cawan. Raut bahagia tak bisa ditutupi dari wajah kami. Persiapan untuk perjalanan ini sudah kami lakukan seminggu sebelumnya. Jadwal keberangkatan … penyewaan motor … dan konsumsi sudah kami atur semua. Pokoknya beres way … Sesuai hasil keputusan bersama … ditetapkan biaya perjalanan ini sebesar Rp.15.000 per siswa.

Sebelum masuk ke kapal … kami mengabsen terlebih dahulu siswa-siswi SMP Negeri 4 Mandah. Setelah semuanya selesai … kami pun berangkat. Perlahan tapi pasti … kapal kami melaju laksana lancang kuning yang sedang berlayar malam. Pandanganku tertuju pada lautan lepas yang sejauh mata memandang yang nampak hanyalah air dan air. Hembusan angin laut mengantarkan kami sampai ke pelabuhan Pulau Cawan. Di sana kami sudah disambut para guru dan siswa SMP Pulau Cawan yang sudah menunggu kami dari tadi. Dengan keramahtamahannya mereka menyalami kami satu persatu sebagai tanda terjalinnya tali silaturahmi.
Setelah itu, kami diajak mereka mengunjungi sekolahan mereka yang letaknya tidak jauh dari pelabuhan. Berdasarkan informasi yang disampaikan guru di sana … bahwasanya SMP ini merupakan sekolah marjinal yaitu kelas jauh yang menginduk ke sekolahan lain. Kelas 7 sampai dengan kelas 9 … SMP ini hanya terdiri dari 7 siswa saja. Setelah puas melihat-lihat sekolah tersebut … kami pergi ke lapangan untuk kegiatan selanjutnya yaitu temu kenal guru dan siswa SMP Negeri 4 Mandah dan SMP Pulau Cawan. Kemudian, dilanjutkan dengan kegiatan bermain volly bersama. Para siswa bersorak kegirangan mendengar akan main volly … karena pada umumnya mereka suka sekali bermain volly. Ok deh … silahkan bermain semuanya …
Mengingat waktu sudah menunjukkan pukul 10 lebih … sesuai dengan jadwal kami harus pergi ke Pantai Solop. Tak ketinggalan … kami juga mengajak guru dan SMP Pulau Cawan untuk ikut serta. Walaupun terik sinar matahari membakar kulit kami sampai gosong… #hiperbola.com … hhee … kami tetap semangat dan bahagia tentunya untuk berwisata di sana. Apalagi mengingat keindahan Pantai Solop … tak tertahan rasanya untuk cepat-cepat sampai di sana. Setelah beberapa waktu lamanya … tibalah kami di pelabuhannya. Perasaan bahagia membuncah di dalam dada … kaki ini segera melangkah ketika kapal sudah bersandar di pelabuhan. Gerbang putih yang bertuliskan solop menjadi saksi bisu bahwa kami telah mengunjunginya.
Memasuki kawasan ini … kami disuguhi suasana asri … nyaman … hijau … dan sejuk. Kiri kanan … kulihat banyak pohon manggrove atau bakau yang berjajar rapi membentuk barisan. Para siswa tanpa komando berlari ke sana ke mari … mencari tempat nyaman mereka masing-masing. Kulihat ada yang bermain ayunan … bermain bola di lapangan yang sudah disediakan. Ada yang berfoto ria dengan ikon-ikon yang ada di sana. Dan ada juga yang bermain di pinggir pantai menikmati kesejukan dan keindahannya. Sedangkan kami singgah di anjungan tempat istirahat untuk melepas penat dan makan siang.
Sekitar pukul 1 siang … kami menyuruh anak-anak berkumpul di lapangan yang berada di dekat pantai untuk bermain yang telah kami persiapkan. Kami menyebutnya Games Aktualisasi karena sesuai tempat di mana games itu berasal … yaitu di Baso ketika kami Latsar kemarin. Yang tahu pasti senyum geleng-geleng kepala dengan nama gamesnya. Hhaaa …Permainan memperagakan sesuatu secara berkolompok dan mencari pasangan sesuai dengan permintaan kami. Jangan salah paham dulu ya way … mencari pasangan di sini maksudnya bukan mencari jodoh ya way … tetapi mencari pasangan kaki … tangan atau anggota tubuh lainnya sehingga jumlahnya sesuai dengan yang kami minta. Begitu way … terlihat jelas anak-anak murid nampak bahagia dengan permainan ini. Pokoknya seheru way … bisa dicoba way kalau mau … heee
Setelah puas bermain games aktualisasi … kami pun beranjak pulang. Tapi tak lupa … sebelum pulang kami poto bersama untuk kenang-kenangan. Inilah way … kegiatan kami SMP Negeri 4 Mandah dan SMP Pulau Cawan di Pantai Solop. Bagi kalian way … yang belum pernah ke Pantai Solop … bisa dicoba untuk berkunjung ke sini … keindahan pantainya sangat tidak diragukan lagi. Terkhususnya sekolah-sekolah yang ingin mengajak siswa-siswinya untuk berwisata sekaligus bermain … sangat recommended sekali pokoknya … ditambah lagi kita bebas membayar uang masuk. Mantap kan way … ayo kapan lagi … #visitpantaisolop. Ok way … sampai di sini dulu ceritanya … nanti kita lanjut dengan cerita-cerita lainnya yang dijamin seru-seru pokoknya. Dadaaaa …..