Lokakarya 2 Program Guru Penggerak Angkatan 5, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau

 

Lokakarya 2 Program Guru Penggerak Angkatan 5, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau



Salam Guru Penggerak,

Halo, apa kabar kalian semuanya ? Semoga kalian sehat-sehat selalu dan doakan ya, semoga saya biar cepat pulih dan sehat kembali, Aamiin. Nah, kali ini aku akan menceritakan pengalamanku mengikuti lokakarya 2 yang baru saja aku ikuti kemarin. Selamat membaca !

Lokakarya 2 dilaskanakan pada tanggal 15 Oktober 2022 di SD Negeri 004 Tembilahan. Pada kegiatan lokakarya 2  ini, diikuti oleh CGP (Calon Guru Penggerak) dan PP (Pengajar Praktik) serta perwakilan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Indragiri Hilir. Tidak hanya itu saja, lokakarya kali ini juga dihadiri langsung oleh Tim Balai Guru Penggerak (BGP) Provinsi Riau. Kegiatan lokakarya dimulai pada pukul 08.00 wib dan acara dibuka oleh pembawa acara yang sangat berkompeten dari salah salah satu rekan kelompok saya yang paling heboh yaitu Ibu Hersaputri Tirta. Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan juga Mars Guru Penggerak. Agar kegiatan berjalan dengan lancar maka dilanjutkan dengan doa bersama. Lalu, kegiatan dilanjutan dengan kata sambutan dari Balai Guru Penggerak Provinsi Riau yang diwakili oleh Ibu Suhartini dan Dinas Pendidikan Kabupaten Indragiri Hilir, yang diwakili oleh Ibu Basriyani. Kesimpulan yang saya dapatkan dari kata sambutan Balai Guru Penggerak Riau pada acara pembukaan tadi ialah bahwsanya Program Guru Penggerak merupakan program apresiasi dari pemerintah Indonesia dalam rangka mewujudkan memberdayakan guru yang berkompeten yang orientasinya nanti menjadi pemimpin pendidikan. Seta harapan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Indragiri Hilir kepada kami CGP (Calon Guru Penggerak) semuanya bisa lulus dan menjadi guru penggerak. Aamiin.

Setelah acara pembukaan, kegiatan lokakarya 2 pun dimulai. Kami dibagi menjadi 3 kelompok besar.Sama seperti lokakarya 1 kemarin, kelompok yang bergabung dengan kelompok kami pun juga berbeda. Hal ini sepertinya sudah direncanakan oleh panitia agar kami para CGP bisa kenal dan berkolaborasi dengan semua CGP Inhil angkatan 5. Kegiatan dimulai dengan acara perkenalan. Kemudian, kegiatan ice breaking dan pembuatan kesepakatan kelas. Setidaknya, ada 3 ice breaking yang kami mainkan tadi selama kegiatan berlangsung. Satu diantaranya yaitu permainan mengingat nomor urut yang telah diberikan kepada masing-masing CGP. Permainannya sederhana saja yaitu PP (Pengajar Praktik) membacakan ilustrasi cerita yang didalamnya nanti mereka akan menyebutkan nomor. Ketika nomor disebutkan oleh PP maka CGP yang memiliki nomor yang sama harus menyebutkan nama panggilan mereka sendiri. Dari permainan ini, bisa diambil sebuah pelajaran yaitu kita harus tetap fokus dan konsentrasi dalam keadaan apapun agar kita mudah menyerap ilmu yang diberikan kepada kita. Hal ini sangat membuat kami senang dan semangat mengikuti kegiatan lokakarya 2 sampai selesai.

Setelah itu, dilanjutkan dengan pemberian materi dari pengajar praktik, Bapak Aripin, Bapak Syariffudin, dan Ibu Afriani tentang visi dan prakarsa perubahan, segitiga restitusi, dan budaya positif sekolah yang menjadi salah satu kompetensi yang harus dimiliki seorang guru penggerak. Visi dan prakarsa perubahan merupakan hal yang fundamental yang harus dimiliki setiap sekolah. Visi sebaiknya memiliki kekuatan kata yang mampu menggerakkan hati, menyemangati, dan menguatkan untuk melangkah maju secara berkolaborasi. Kemudian, segitiga restitusi adalah upaya untuk membantu siswa memperbaiki diri agar kembali ke kel- 3kelompoknyan karakter yang lebih baik dan kuat. Selanjutnya, untuk membangun budaya positif di sekolah langkah yang dapat kita tempuh adalah memulainya dengan membangun budaya positif di kelas melalui komunikasi efektif. Setelah itu, dilanjutkan dengan pembagian tugas individu untuk kami isi dan juga tugas kelompok.

 

 

Akhirnya, pukul 16.00 wib kegiatan lokakarya 2 pun selesai. Alhamdulilah, kegiatan lokakarya berjalan dengan lancer dan penuh semangat. Sekali lagi, saya sangat bersyukur bisa ikut dalam program guru penggerak ini. Tidak lupa kami ucapkan kepada para Pengajar Praktik, Bapak Aripin, Bapak Syariffudin, dan Ibu Afriani akan ilmu-ilmu bermanfaat yang telah diberikan kepada kami. Kepada rekan-rekanku sesama peserta calon guru penggerak,. Semoga kita tetap kompak dan semangat menempuh pendidikan ini dan pada akhirnya kita bisa lulus menjadi Guru Penggerak sesuai dengan harapan kita bersama. Aamiin.

 

 

Tembilahan, 17 Oktober 2022

 

#GuruPenggerak

#Bergerak

#Tergerak

#Menggerakkan


                                    Kelompok dengan fasilitator yang sama (Ibu Riska Novalia)

                      Bapak dan Ibu dari Balai Guru Penggerak serta Dinas Pendidikan Kab. Inhil

                                   Teman 1 kelompok (Kak Nisa, Buk Ati, Kak Ana, Kak Tirta) 
                                                  bersama pengajar praktik, Bapak Aripin




                                                            Kegiatan pada lokakarya 2

                                                            Kegiatan pada lokakarya 2

                                                         Acara pembukaan lokakarya 2

                                                         Acara pembukaan lokakarya 2


                                                         Acara pembukaan lokakarya 2

                                                         Acara pembukaan lokakarya 2


\

Post a Comment

0 Comments