Lokakarya 3 Program Guru Penggerak Angkatan 5, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau

 

Lokakarya 3 Program Guru Penggerak Angkatan 5, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau

 


SATU KATA ITU MUSTAHIL

KUCING HENDAK MENJADI SINGA

CGP 5 DARI KABUPATEN INHIL

SUDAH SAMPAI DI LOKAKARYA TIGA

Nah way, Program Guru Penggerak Angkatan 5 dari Kabupaten Indragiri Hilir telah sampai pada lokakarya tiga. Saya sangat bersyukur, akhirnya bisa bertahan sampai saat ini karena saya akui banyak halangan dan rintangan terutama masalah kesehatan. Saya berdoa semoga saya senantiasa diberikan kesehatan dan kekuatan untuk mengikuti program ini sampai selesai. Begitu juga harapan saya dengan teman seperjuangan CGP angkatan 5 Kabupaten Indragiri Hilir. Aamiin. Inilah cerita saya selama mengikuti lokakarya 3. Selamat membaca !

Tanggal 22 Oktober 2022, kami mengikuti lagi kegiatan lokakarya 3 Program Guru Penggerak di SD Negeri 004 Tembilahan. Sebenarnya, selain kami ada juga pembukaan Lokakarya angkatan 7 hanya saja ruangannya berbeda. Sama halnya dengan kegiatan lokakarya 2, kegiatan ini diikuti oleh CGP (Calon Guru Penggerak), PP (Pengajar Praktik) dan perwakilan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Indragiri Hilir serta dihadiri juga oleh Tim Balai Guru Penggerak (BGP) Provinsi Riau. Kegiatan lokakarya dimulai pada pukul 08.00 wib dan dibuka oleh pembawa acara. Kegiatan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Guru Penggerak. serta doa bersama untuk kelancaran kegiatan ini. Acara berikutnya yaitu kata sambutan dari Balai Guru Penggerak Provinsi Riau dan Dinas Pendidikan Kabupaten Indragiri Hilir. Inti dari kata sambutan mereka adalah tetaplah semangat dalam mengikuti Program Guru Penggerak agar kelak bisa menjadi guru yang professional dan pemimpin yang diharapkan. Aamiin.

Setelah acara pembukaan, kegiatan lokakarya 3 pun dimulai. Sama halnya seperti lokakarya sebelumnya, kami dibagi menjadi 3 kelompok besar dan masuk ke dalam kelas yang telah disediakan panitia. Sama seperti lokakarya 2 kemarin, kelompok yang bergabung dengan kelompok kami pun juga berbeda. Kali ini, kelompok kami bergabung dengan kelompok dari Pengajar Praktik Bapak Syariffudin dan Ibu Butet Nainggolan. Kegiatan dimulai dengan acara perkenalan. Agar kegiatan lokakarya bertambah semarak, para pengajar praktik menyuruh kami peserta CGP untuk meneriakkan jargon CGP yaitu “CGP Angkatan 5 Kabupaten Indragiri Hilir, tergerak, bergerak, menggerakkan, siap, siap, siap, yes! Setelah suasana mulai semangat, barulah pengajar praktik menjelaskan tujuan lokakarya kali ini yaitu CGP mendemonstrasikan pemahaman tentang pembelajaran berdiferensiasi serta CGP mendemonstrasikan pemahaman mengenai mindfulness dan integrasi 5 kompetensi social emosional dalam praktik mengajar. Karena tidak semua peserta CGP yang akan mempraktekkan mengajar maka dilakukan pemilihan secara acak melalui aplikasi putaran jam yang sudah dibagi kolom-kolom nama kami. Akhirnya, terpilihlah saya sebagai observer bersama 1 rekan lainnya. Dan ibu Mariati yang akan mendemonstrasikan pembelajaran berdiferensiasi. Kurang lebih 45 menit lamanya kegiatan simulasi mengajar yang dilakukan oleh Ibu Mariati. Tibalah saatnya saya sebagai observer untuk mengomentari ibu Mariati saat dia melakukan simulasi. Menurut saya, sebagai pengamat, Ibu Mariati sudah melaksanakan kegiatan pembelajaran berdiferensiasi secara baik dan menyenangkan. Sudah Nampak konten, produk dalam kegiatan tadi. Selanjutnya, untuk meregangkan otot-otot para pengajar praktik mengajak kami untuk senam atau joget yang diputar melalui infokus. Terlihat semua peserta dan pengajar praktik sangat menikmati alunan musik untuk mengerakkan badan mereka ke kiri, ke kanan, dan berputar-putar. Hal ini sangat membuat kami senang dan semangat mengikuti kegiatan lokakarya 3 sampai selesai.

Setelah itu, dilanjutkan dengan pemberian materi dari pengajar praktik, Bapak Aripin, Bapak Syariffudin, dan Ibu Butet Nainggolan tentang p pembelajaran berdiferensiasi dan KSE.  Dalam penjelasannya, pengajar praktek mengatakan bahwa sebagai guru kita wajib untuk menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dan KSE agar kita bisa memetakan tingkat kemampuan siswa berdasarkan tingkatannya, apakah siswa tersebut termasuk dalam kelompok high (berkemampuan tinggi), middle (berkemampuan sedang), atau low (berkemampuan rendah). Selain itu juga, kita memetakan siswa berdasarkan gaya belajar mereka, apakah mereka termasuk gaya belajar visual, audio, audio visual, atau memperagakan secara langsung (kinestetik). Setelah itu, pengajar praktik mempraktekkan cara penerapan mindfulness dan teknik STOP sebagai salah satu kegiatan dalam pembelajaran berdiferensiasi dan KSE. Kami disuruh untuk memejamkan mata dan merilekskan pikiran kami dengan mendengarkan lagu instrument yang lembut, menenangkan, dan sangat enak didengar yang mampu menghipnotis pikiran kita ke suatu tempat yang kita dambakan. Sembari mendengarkan alunan music, pengajar praktik memberikan instruksi secara pelan. Setelah kegiatan mindfulness dan teknik STOP, setidaknya pikiran kami jadi lebih rileks dan sedikit lebih tenang.

 

 

Tidak terasa, kegiatan lokakarya pun selesai. Saya sangat bersyukur, kegiatan berjalan dengan lancar dan sangat menyenangkan. Ucapan terima kasih saya berikan kepada para Pengajar Praktik, Bapak Aripin, Bapak Syariffudin, dan Ibu Butet Nainggolan akan ilmu-ilmu bermanfaat yang telah diberikan kepada kami. Kepada rekan-rekanku sesama peserta calon guru penggerak,. Semoga kita tetap kompak dan semangat menempuh pendidikan ini dan bisa lulus menjadi Guru Penggerak bersama-sama. Aamiin.

 

 

Belaras, 25 Oktober 2022

 

#GuruPenggerak

#Bergerak

#Tergerak

#Menggerakkan


                                                       Foto bareng dengan 1 kelompok

                                                                   Acara pembukaan

       Kelompok belajar lokakarya 3 kelas 1 (PP- Bapak Aripin, Bapak Syariffudin, dan Ibu Butet)

                                                          Kegiatan lokakarya 3 kelas 1

                                                           Kegiatan lokakarya 3 kelas 1

                                                          Kegiatan lokakarya 3 kelas 1

                                                           Kegiatan lokakarya 3 kelas 1

                                                           Kegiatan lokakarya 3 kelas 1

                                                           Kegiatan lokakarya 3 kelas 1

                                                            Kegiatan lokakarya 3 kelas 1

                                                            Kegiatan lokakarya 3 kelas 1

                                                           Kegiatan lokakarya 3 kelas 1

                                                           Kegiatan lokakarya 3 kelas 1

                                                                               Bonus


\

Post a Comment

0 Comments