MATERI DAN TUGAS IKLAN, SLOGAN, DAN POSTER SISWA KELAS 8 SMPN 4 MANDAH, KAB. INDRAGIRI HILIR, PROV. RIAU (BAGIAN 4)

 



D. MENULIS IKLAN

 

1.      Struktur teks iklan

Struktur iklan terbagi menjadi 2, yaitu :

a.      Pengenalan produk. Bagian ini dapat pula disebut sebagai judul teks

b.      Pernyataan persuasif, berisi pernyataan yang mendorong pembaca atau pendengar berbuat sesuatu. Bagian ini biasanya berupa pernyataan tentang kelebihan produk yang ditawarkan.

2.      Kaidah kebahasaan teks iklan

Teks iklan bertujuan menawarkan produk, baik berupa barang maupun jasa. Oleh karena itu, kata-kata yang muncul umumnya bersifat persuasive, bujukan, atau dorongan tentang suatu kebiasaan ataupun gaya hidup.

      Pernyataan-pernyataan dalam teks iklan umumnya bersifat imperative, yakni permintaan,ajakan, dorongan, atau larangan. Adapun kalimat imperative itu sendiri ditandai oleh kata-kata seperti temukan. Kata lainnya adalah ikutilah, hadirilah, wujudkan, nyatakan, nikmati, sebaiknya, marilah, ayo, dan janganlah.

      Bahasa iklan sering kali menggunakan bahasa sederhana,mudah diingat, dan mudah pula dipahami. Kalimat yang panjang, dan berbelit-belit, selalu dihindari dalam iklan. Justru bahasa yang akrab di tengah-tengah khalayak itulah yang sering digunakan di samping memberikan kesan positif tentang produk yang ditawarkan. Pilihan kata yang berima dan memiliki banyak persamaan bunyi juga merupakan pilihan penting di dalam bahasa iklan. Di samping itu, bahasa iklan harus singkat sehingga mudah diingat oleh khalayak.

Sederhanya, kaidah kebahasaan iklan sebagai berikut :

1.      Persuasif

2.      Imperatif

3.      Berima,puitis

4.      Berkesan positif

5.      ringkas

 

langkah-langkah menulis iklan :

a.      mulailah iklan dengan pernyataan yang menarik perhatian khalayak, yakni berfokus pada kepentingan atau masalah yang mereka hadapi

b.      menawarkan solusi

c.       menunjukkan bukti

d.      mengajukan harga

 

Nah, tugas kalian adalah membuat sebuah video iklan tentang sebuah produk. Kalian bebas memilih produknya (iklan shampoo, sabun, makanan, minuman, dsb). Buatlah diri anda seolah-olah seperti iklan di televisi. Selamat mengerjakan.

Adapun prosedur dalam mengerjakan tugas tersebut … ada baiknya kalian membaca terlebih dahulu peraturanya sebagai berikut :

1.      Kerjakan tugas dengan jujur dan bertanggung jawab di rumah masing-masing

2.      Kirimkan tugas kalian berupa catatan materi dan video melalui whatsapp atau email amrolanibelaras@gmail.com

3.      Paling lambat Bapak tunggu tanggal 07 November 2020.

 

Cukup sampai di sini dulu pertemuan kita kali ini anak-anak… selamat mengerjakan … dan jangan lupa … untuk tetap stay at home ya …

#CerdasBerkarakter, #BlogBerkarakter, #SeruBelajarKebiasaanBaru, dan #BahagiaBelajardiRumah

\

Post a comment

0 Comments