MATERI DAN TUGAS CERITA FANTASI SISWA KELAS 7 SMPN 4 MANDAH, KAB. INDRAGIRI HILIR, PROV. RIAU (BAGIAN 4)

 



D. MENYAJIKAN CERITA FANTASI

 

Langkah-langkah dalam menulis cerita fantasi terdiri dari 4 langkah, yaitu :

1.      Menemukan ide penulisan

2.      Penggalian ide cerita fantasi dari membaca

3.      Membuat rangkaian peristiwa

4.      Mengembangkan cerita fantasi

 

1.      Menemukan ide penulisan

Menemukan ide dengan mengamati objek nyata lalu diberi imajinasi. Menemukan ide cerita fantasi dapat dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap objek/peristiwa di sekitar kita.

2.      Penggalian ide cerita fantasi dari membaca

Ide cerita fantasi juga dapat diperoleh melalui membaca buku pengetahuan/buku ilmiah tentang ruang angkasa, hewan langka,biografi tokoh dan seterusnya.

3.      Membuat rangkaian peristiwa

Dari ide yang sudah kamu temukan, buatlah rangkaian peristiwa sehingga tercipta cerita fantasi yang unik. Contoh ide : bertemu pahlawan yang memprotes kemalasan generasi muda zaman sekarang.

4.      Mengembangkan cerita fantasi

Dari deretan peristiwa yang sudah dirancang kemudian dikembangkan watak tokoh,latar, dialog antartokoh yang sehingga menjadi cerita secara utuh.

 

Nah, tugas kalian adalah membuat sebuah cerita fantasi berdasarkan imajinasimu atau daya khayalmu sendiri.

 

Adapun prosedur dalam mengerjakan tugas tersebut … ada baiknya kalian membaca terlebih dahulu peraturanya sebagai berikut :

1.      Kerjakan tugas dengan jujur dan bertanggung jawab di rumah masing-masing

2.      Kirimkan tugas kalian berupa catatan materi cerita fantasi dan cerita fantasi buatanmu (jangan lupa tulis nama di lembar jawabannya) dalam bentuk JPEG(foto), pdf juga boleh … serta foto kalian sedang mengerjakan tugas tersebut (bisa meminta orang tua atau saudara di rumah untuk fotoin kalian belajar)  melalui whatsapp atau email amrolanibelaras@gmail.com

3.      Paling lambat Bapak tunggu tanggal 07 November 2020.

 

Cukup sampai di sini dulu pertemuan kita kali ini anak-anak… selamat mengerjakan … dan jangan lupa … untuk tetap stay at home ya …

 

\

Post a comment

0 Comments