STORY MY FIRST BOOK, KUMPULAN PANTUN TERBARU 2020 : PANTUN ANAK CEMERLANG


STORY MY FIRST BOOK, KUMPULAN PANTUN TERBARU 2020 : PANTUN ANAK CEMERLANG


Halo way …
Berjumpa lagi dengan aku di sini yang masih setia stay at home … hhee … kuharap kalian juga begitu ya …
Btw, kali ini aku akan membagikan sedikit cerita tentang buku pertamaku. Mau tau bijimini kisihnyi … silihkin dibici ciritinyi di biwih ini yi …
Tak pernah terbayangkan … kalau akhirnya aku bisa membuat sebuah buku sendiri. Awalnya sih … aku agak skeptis gitu tentang dunia perbukuan. Yang selalu menjadi pertanyaanku dari dulu … emang aku bisa membuat buku yang tebalnya sampai berpuluh-puluh dan beratus-ratus  halaman … buat cerpen aja rasanya otakku udah mati suri. Itulah ya … terkadang tanpa aku sadari … aku sudah kalah sebelum berperang. Kalau kata Pakcik Andrea Hirata … sikap realistis itu sesungguhnya mengandung bahaya sebab ia memiliki hubungan dekat dengan rasa pesimis. Realistis tak lain adalah pedal rem yang sering menghambat harapan orang." Akhirnya … aku bisa mengumpulkan pundi-pundi semangat dan menentang semua keraguan dalam diriku. Yeah … never try … never know
sekarang aku akan menjawab … akhirnya, kenapa aku bisa membuat sebuah buku?
awal mulanya ... aku sekedar iseng membuat pantun untuk mengisi kokosongan waktuku. Lalu … karena keasyikan buat pantun … aku jadi lupa … kalau pantun yang aku buat itu udah banyak … jumlahnya bahkan mencapai ratusan. Uwow … keisengan yang bermanfaat sekali ini. Hhee. Tiba-tiba … terpikir olehku … kenapa nggak dibuat buku aja ya … kan udah banyak pantun yang aku buat.
Nah, dari sanalah … akhirnya aku memutuskan untuk membukukan pantun-pantun yang berserak itu menjadi sebuah buku. Bagiku … memiliki sebuah karya dalam bentuk buku … adalah sebuah impian. Karena … tidak hanya sebagai kebanggaan diri … namun juga … sebagai warga negara aku telah menyumbangkan sedikit ilmu walaupun hanya sebatas pantun serta turut serta melestarikan salah satu budaya asli Indonesia. Seperti kata mutiara yang sering aku dengar “Jangan tanyakan apa yang negara berikan kepadamu, tapi tanyakan apa yang kamu berikan kepada Negara”.  Dan ini salah satu caraku tetap hidup walaupun jasadku sudah tidak ada lagi didunia ini nanti. Hheee …
Buku dengan judul Pantun Anak Cemerlang … adalah buku pertamaku. Kuharap nanti … akan ada bukuku yang kedua … ketiga … dan seterusnya. Aamiin. Bagi kalian … yang berminat dengan buku kumpulan pantun ini … bisa dipesan kok agan-agan … isis-isis semuanya … atau bagi kalian sebagai tenaga pendidik …yang kebetulan sedang mengajarkan materi tentang pantun … sangat cocok untuk menambah referensi pantun untuk peserta didiknya. Ada banyak tema yang ada di dalam buku kumpulan pantun ini … di antaranya adalah pantun tentang nasionalisme dan patriotisme, pantun tentang iman dan takwa kepada tuhan YME, pantun tentang kemandirian dalam kehidupan, pantun tentang semangat integritas dan gotong royong, pantun tentang IPTEK, pantun tentang keterampilan peserta didik, pantun tentang wawasan seni dan budaya, pantun tentang wawasan kemaritiman dan bahari, serta pantun tentang sikap toleransi dalam keragaman.
Berikut adalah beberapa contoh pantun dari berbagai tema …silahkan di baca …

PANTUN TENTANG NASIONALISME DAN PATRIOTISME
Apabila mengambil air nira
Baiknya ambil di pagi hari
Tanda cinta kepada negara
Memakai produk dalam negeri
PANTUN TENTANG IMAN DAN TAKWA KEPADA TUHAN YME
Di pinggir kali duduk tepekur
Lagi memikirkan angan-angan
Kalau kita pandai bersyukur
Tidak ada rasa kekurangan
PANTUN TENTANG KEMANDIRIAN DALAM KEHIDUPAN
Hujan turun di siang hari
Membuat baju jadilah basah
Belajar menjadi anak mandiri
Agar hidupmu tidaklah susah
PANTUN TENTANG SEMANGAT INTERGRITAS DAN GOTONG ROYONG
Ada gubuk di dekat lapangan
Gubuknya rapuh sudah doyong
Pekerjaan berat menjadi ringan
Kalau saling bergotong royong
PANTUN TENTANG IPTEK
Jalan-jalan menikmati alam
Udaranya sejuk masih alami
Perubahan siang dan malam
Disebabkan oleh rotasi bumi
PANTUN TENTANG KETERAMPILAN PESERTA DIDIK
Dari Lubuklinggau naik kereta
Sambil memangku tas di paha
Jangan berhenti bercita-cita
Terus berdoa dan berusaha
PANTUN TENTANG WAWASAN SENI DAN BUDAYA
Daun nipah dibuat anyaman
Dibuat anyaman namanya tampin
Orang Aceh tariannya saman
Orang Riau tariannya zapin
PANTUN TENTANG WAWASAN KEMARITIMAN DAN BAHARI
Kepala pusing pikiran kusut
Mencari rumah tidak berdenah
Jangan rusak biota di laut
Supaya tidak menjadi punah
PANTUN TENTANG SIKAP TOLERANSI TERHADAP KERAGAMAN
Ada baju bewarna merah
Bajunya bagus kubeli dua
Meskipun kita beda daerah
Mari berteman dengan semua
PANTUN TENTANG ANTI PERUNDUNGAN (BULLYING)
Sungguh menawan bunga melati
Bunganya indah sedang bersemi
Kalau berkata jangan menyakiti
Bisa memutus tali silaturahmi

Bagi kalian yang mau bertanya-tanya tentang buku ini … langsung aja tulis di kolom komentar ya way … sampai sini dulu ya … dadada …..


Pekanbaru, 4 Mei 2020
(Masa pandemic covid-19,virus corona)




\

Post a comment

0 Comments