Materi dan Tugas Teks Deskripsi (bagian 1) Pelajaran Bahasa Indonesia, Kelas 7 SMPN 4 Mandah, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau

                                                


 

 

Assalamualaikum Wr.Wb

 

Selamat pagi anak-anakku sekalian …

Khususnya kalian siswa-siswi kelas 7 SMP Negeri 4 Mandah …

Apa kabar kalian semuanya … semoga dalam keadaan baik-baik ya … sebelumnya Bapak mau absen satu per satu ya … dan kalian bisa jawab tentang kabar kalian kepada Bapak lewat kolom komentar ya ...

BUNGA FEBRIANI

BETRAN ATALA

BASRI

DERLI

DWI AFRINDA

IMEL RAMAYANI SAPUTRI

JUMAR KHATIB

JULIANDA

JERRY PUTRA

MARSEL CANDRA WINATA

M. RIDWAN

M. RISKI

NURUL HIDAYAH

RAUDATUL HASANAH

NABIL

RAKA RAHMAT

RENDY

R.M ALAMSYAH

SUGIONO

SY. RIFA NATASYA PUTRI

TORA PRATAMA

YOGI FEBRIANTO

ZAKI AL-IKBAR

Nah, anak-anak … sengaja Bapak menyuruh kalian untuk mengunjungi blog Bapak … dikarenakan ada tugas yang harus kalian kerjakan. Mengingat bahayanya covid-19 atau yang kita kenal virus corona … maka kita cukup berkumpul lewat blog Bapak demi memutus mata rantai penyebaran virus corona. Jadi, Bapak harap kalian paham kenapa Bapak memberikan tugasnya di sini bukan di sekolah.

Materi pertama kita di kelas 7 adalah tentang teks deskripsi. Untuk memperdalam materi tentang teks deskripsi,ada baiknya kita baca dan catat materinya di bawah ini sebelum Bapak berikan tugas kepada kalian … selamat membaca !

 

TEKS DESKRIPSI

 

A.     Pengertian teks deskripsi

Teks deskripsi adalah sebuah paragraf dimana gagasan utamanya disampaikan dengan cara menggambarkan secara jelas objek, tempat, atau peristiwa yang sedang menjadi topik kepada pembaca. Sehingga pembaca seolah-olah merasakan langsung apa yang sedang diungkapkan dalam teks tersebut.

B.      Ciri teks deskripsi dari segi tujuan dan objek yang dideskripsikan

-          Ciri tujuan

Tujuan teks deskripsi menggambarkan objek dengan cara memerinci objek secara subjektif atau melukiskan kondisi objek dari sudut pandang penulis teks deskripsi bertujuan menggambarkan/melukiskan secara rinci dan penggambaran sekonkret mungkin suatu objek/suasana/perasaan sehingga pembaca seakan-akan melihat, mendengar, mengalami apa yang dideskripsikan.

-Ciri objek yang dideskripsikan

Objek yang dibicarakan pada teks deskripsi bersifat khusus (objek tertentu yang kemungkinan berbeda dengan objek yang lain). Objek yang dideskripsikan bersifat pendapat personal. Ciri ini tergambar pada judul berisi objek pada konteks tertentu.

-          Ciri isi teks deskripsi dari segi penggunaan bahasa

-          Menggunakan kata-kata khusus untuk mengkongkretkan (warna dirinci merah,kuning, biru, hijau, dll)

-          Menggunakan kalimat rincian untuk mengkonkretkan. Contoh ibuku orang yang sangat baik. Dia berusaha menolong semua orang. Dia ramah dan tutur katanya lembut kepada siapa saja.

-          Menggunakan kata sinonim dengan emosi kuat (indah diungkapkan dengan sinonim yang lebih memiliki emosi kuat yaitu elok, permai, molek, mengagumkan, memukau, menakjubkan).

-          Menggunakan majas untuk melukiskan secara konkret (pasir pantai lembut seperti bedak bayi, hamparan laut biru toska seperti permadani indah yang terbentang luas, angin pantai dengan lembut mengelus wajah kita)

-          Menggunakan kalimat rincian (terumbu karang berwarnawarni. Ada terumbu karang orange, abu-abu, hijau muda)

-          Menggunakan bahasa sehingga pembaca seolah-olah melihat, mendengar, dan merasakan apa yang dideskripsikan

-          Teks deskripsi yang memunculkan kata ganti orang (kucingku, ibuku, memasuki wisata ini anda akan disambut)

 

Contoh teks deksripsi

Ayah, Panutanku

Ayahku bernama Abu Salman. Ayah berpostur sedang, berumur 54 tahun. Rambutnya putih beruban. Di dagunya terdapat bekas cukur jenggot putih di dagunya. Kulit ayahku kuning langsat. Wajah ayah rahangnya kuat dan hidung mancung tapi agak besar. Matanya hitam tajam dengan alis tebal.

Meskipun kelihatannya mengerikan, ayahku orang yang sabar. Wajahnya teduh dan selalu tersenyum menghadapi masalah apa pun. Ya, ayahku adalah orang yang paling sabar yang pernah aku kenal. Tidak pernah terlihat marah-marah atau membentak. Beliau selalu menunjukkan perasaannya lewat gerakan bermakna di wajahnya. Jika melihat anaknya membandel, ayah hanya menggeleng sambil berkata lirih untuk membujuknya.

Ayahku sangat pendiam. Beliau yang irit kata, lebih suka memberi contoh langsung kepada anaknya tanpa perlu menggurui. Bagai air yang mengalir tenang, tetapi sangat dalam. Beliau adalah teladan bagi anak-anaknya.

Objek yang dideskripsikan

Ayah

Tujuan teks

Menggambarkan sosok seorang ayah

Rincian

Ciri fisik ayahku, sifat sabar ayahku, memberi teladan

Perasaan terhadap objek

Kagum dan bangga

 

*(Catat materi dimulai dari pengertian teks deskripsi sampai sini di buku catatan Bahasa Indonesianya)

 

Untuk memperdalam materi kita pada bagian ini, marilah kita mengerjakan latihan di bawah ini seperti contoh di atas. Silahkan di baca dengan seksama teks deskripsinya. Selamat mengerjakan !

 

Si Bagas, Kelinciku

Kelinciku bernama Bagas. Kunamakan Bagas karena saya berharap kelinci kesyanganku itu selalu sehat dan bugar. Bagas memiliki bulu yang lebat dan putih bersih. Matanya cokelat seperti madu. Matanya jernih menyejukkan untuk dipandang. Bibir mungilnya yang merah muda sungguh menggemaskan. Telinganya panjang dan melambai-lambai kalau dia berlari.

Bagas sangatlah manja. Hampir tiap malam, Bagas tidur di ujung kakiku. Sebelum kuelus-elus dia akan selalu mengangguku. Kalau waktunya makan dia berputar-putar di depanku sambil mengibas-ngibaskan telinganya yang panjang. Mulutnya berkomat-kamit seperti orang sedang berdoa. Kemanjaannya membuat aku selalu rindu.

Bagas memiliki perilaku unik. Kalau marah, Bagas melakukan atraksi yang menarik. Dia menggunakan kaki belakangnya dan melompat dalam jangkuan yang begitu jauh. Sering terdengar dia menjatuhkan diri. Kadang dia melompat sampai sejauh tiga meter. Kalau tidak dipedulikan, kakinya dientak-entakkan seperti anak kecil yang merajuk minta dibelikan mainan. Dengan menggunakan kaki belakangnya pula, dia berdiri sangat tinggi seperti sedang menunjukkan bahwa dia bisa menarik perhatian kita.

 

Objek yang dideskripsikan

…………………………………………………………………

Tujuan teks

…………………………………………………………………

Rincian

…………………………………………………………………

Perasaan terhadap objek

…………………………………………………………………

 

Adapun prosedur dalam mengerjakan tugas tersebut … ada baiknya kalian membaca terlebih dahulu peraturanya sebagai berikut :

1.      Kerjakan tugas dengan jujur dan bertanggung jawab di rumah masing-masing

2.      Kirimkan tugas kalian berupa catatan materi teks deskripsi dan lembar jawaban (jangan lupa tulis nama di lembar jawabannya) dalam bentuk JPEG(foto), pdf juga boleh … serta foto kalian sedang mengerjakan tugas tersebut (bisa meminta orang tua atau saudara di rumah untuk fotoin kalian belajar)  melalui whatsapp atau email amrolanibelaras@gmail.com

3.      Paling lambat Bapak tunggu tanggal 19 Agustus 2020.

 

Cukup sampai di sini dulu pertemuan kita kali ini anak-anak… selamat mengerjakan … dan jangan lupa … untuk tetap stay at home ya …


#CerdasBerkarakter, #BlogBerkarakter, #SeruBelajarKebiasaanBaru, dan #BahagiaBelajardiRumah

 

\

Post a comment

2 Comments