DKT SINERGI IMPLEMENTASI PROGRAM PENGUATAN KARAKTER, PUSPEKA, CERDAS BERKARAKTER kEMDIKBUD RI

 



Halo semuanya

Apa kabar ?

Walaupun sekarang kita memasuki musim hujan di bulan November,aku harapkan semangat kita tidak mencair dan tetap berkobar dan membara. Nah, kesempatan kali ini, aku akan menceritakan pengalamanku ketika mengikuti kegiatan Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT) Penguatan Karakter Bersama Sahabat Karakter. DKT ini bertujuan untuk (1) memperkuat strategi kampanye Profil Pelajar Pancasila dan Penuntasan 3 Dosa Besar Pendidikan (intoleransi, kekerasan seksual, dan perundungan) yang efektif dan efesien, (2) Mengoptimalkan dukungan dan komitmen bersama dalam implementasi penguatan karakter, serta (3) Meningkatkan efektivitas peran Sahabat Karakter dalam penguatan karakter di daerahnya. Kegiatan ini diadakan secara luring selama 3 hari dimulai dari tanggal 4-6 November 2021, bertempat di Hotel Grand Mercure Yogyakarta. Akan tetapi, karena ada kendala dan halangan, aku tidak bisa mengikuti kegiatan ini secara luring. Namun, atas kebaikan hati dan kebijakan para panitia penyelenggara, mereka memfasilitasi kami secara daring melalui zoom meeting.

Aku sangat bersyukur mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kegiatan DKT ini dikarenakan aku satu-satunya perwakilan dari Provinsi Riau ( https://drive.google.com/file/d/1QdNIO9376E7UFKK_nQ-Ezdj2gauNPQ6q/view?usp=sharing). Pembukaan kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 4 November 2021, pukul 15.30 wib. Acara pembukaan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian, dilanjutkan dengan pengantar dan pengarahan dari Bapak Plt. Kepala Pusat Penguatan Karakter, Bapak Hendarman, M.Sc, Ph.D, Ir. Secara singkat, beliau menjelaskan tentang kegiatan DKT ini. Salah satu hal yang menarik dari acara pembukaan ini adalah peserta DKT yang hadir menggunakan pakaian adat daerahnya masing-masing karena peserta yang diundang dalam kegiatan ini  tersebar dari seluruh daerah di Indonesia. Dengan demikian, para peserta kegiatan DKT sangat beragam suku dan budayanya.

Acara selanjutnya, penyampaian materi dari ketua siberkreasi yaitu Bang Yosi Wakalu. Apakah kalian tahu siapa beliau ? Aku kasih cluenya sedkit ya, beliau adalah salah satu personel dari group musik Project Pop. Bagaimana, apakah sudah kenal sekarang ? Tidak menyangka, pada kegiatan ini kami kedatangan bintang tamu terkenal. Dalam penyampaian materinya, Bang Yosi mengatakan siberkreasi merupakan salah satu wadah yang menjembatani menuju masyarakat literasi digital. Beliau juga mengatakan bahwa pentingnya membuat sebuah konten dikarenakan bisa membuka peluang serta tempat berekspresi. Agar konsisten dalam membuat konten, kita harus menerapkan dua hal ini, yakni mengenal potensi diri dan tumbuhkan kepedulian. Dengan demikian, kita tidak akan pernah kehabisan ide dalam membuat konten. Selain itu, salah satu faktor kesuksesan dalam membuat konten adalah kejujuran yang nantinya akan melahirkan kepercayaan para penikmat konten kita. Begitu asyik mendengarkan materi pada hari ini, hingga tidak terasa Tak terasa waktu istirahat pun tiba.

Kemudian, acara dimulai kembali pada pukul 20.00 WIB dengan agenda diskusi bersama Bapak Hendarman, M.Sc, Ph.D, Ir. dan peserta DKT tentang rencana pergerakan kedepannya dalam Portal Praktek Baik PUSPEKA Cerdas Berkarakter agar makin banyak diketahui oleh masyarakat luas. Dalam kegiatan diskusi ini, kami diminta untuk memberikan masukan dan saran tentang strategi penyebaran konten-konten PUSPEKA. Ada banyak saran dan masukan dari peserta DKT tentang strategi ini. Diantaranya yaitu penyebaran konten bisa melalui sosialisasi MKKS, KKG, dan kelompok-kelompok kerja guru, endorse artis, mengenali dan mendalami target konten, sosialisasi ke peserta didik (one student one video), update berkala dan konsisten, promosi konten terus-menerus dan berkala, sosialisasi melalui webinar, penggunaan hastag yang tepat dan menarik, WAG guru/wali kelas ke wali siswa, melatih peserta didik sebagai agen perubahan, bersinergi dengan disdik, melalui kegiatan ektrakurikuler siswa, digunakan sebagai penugasan, dan lain sebagainya. Dari masukan-masukan dan saran-saran dari peserta DKT ini nantinya akan menjadi bahan evaluasi bagi PUSPEKA Cerdas Berkarakter ke depannya dalam penyebaran konten-konten mereka. Tidak terasa, waktu sudah menunjukkan pukul 22.30 lewat, dan itu artinya kami harus mengakhiri kegiatan diskusi pada malam ini.

Keesokan harinya, tanggal 5 November 2021, kegiatan dimulai pada pukul 09.00 pagi dengan agenda penyampaian materi dari Ibu Ir. Suharti, M.A., Ph.D  tentang kebijakan kemendikbudristek terkait dengan penguatan karakter dan 3 dosa besar pendidikan (intoleransi, kekerasan seksual, dan perundungan). Dalam penyampaiannya, beliau mengatakan bahwa intoleransi, kekerasan seksual, dan perundungan jangan dianggap sepele. Kita harus bersinergi dalam penguatan karakter pada para guru maupun pelajar di seluruh Indonesia agar bisa mengurangi atau mungkin bisa menghilangkan 3 dosa besar pendidikan tersebut. Setelah penyampaian materi tersebut,dilanjutkan dengan agenda kegiatan  membuat tulisan ataupun video reaction terkait konten video di youtube channel PUSPEKA (Cerdas Berkarakter Kemdikbud RI) yang menurut kami menarik. Lalu,tulisan berupa ulasan dan video reaction yang telah dibuat harus kami posting di media sosial masing-masing (facebook, instagram, youtube, blog, twitter) dengan menggunakan hastag #portalpraktikbaik, #sahabatkarakter, #puspeka, #penguatankarakter. Dari kegiatan ini, ada banyak karya-karya menarik dari para peserta DKT. Dengan demikian, rencana penyebaran konten-konten PUSPEKA sudah dimulai. Alhamdulilah ya … bisa tidur nyenyak … hhee…

Kegiatan dilanjutkan pada malam hari dengan agenda diskusi dan Tanya jawab tentang tindak lanjut penguatan karakter bangsa kedepannya. Setelah itu diteruskan dengan acara penutupan kegiatan Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT) Penguatan Karakter Bersama Sahabat Karakter secara resmi oleh Bapak Hendarman, M.Sc, Ph.D.

Kepada Bapak Hendarman, M.Sc, Ph.D, Ir, Ibu Ir. Suharti, M.A., Ph.D , Bang Yosi Wakalu, kami mengucapkan terima kasih atas waktu dan kesempatannya dalam menghadiri kegiatan ini. Terima kasih akan ilmu-ilmu bermanfaat yang telah diberikan kepada kami. Begitu juga ucapan terima kasih kami kepada seluruh panitia penyelenggara kegiatan DKT ini, serta rekan-rekanku sesama peserta DKT Sinergi Implementasi Program Penguatan Karakter. Semoga, tali silaturahmi kita tidak terputus di sini. Harapannya, semoga ada lagi kegiatan serupa yang bisa  membuat kita berkumpul bersama. Aamiin.

 

 

 

06 November 2021


                        Suasana kegiatan DKT Sinergi Implementasi Program Penguatan Karakter


                                                 Acara Pembukaan dari MC Internasional


                                             Pengarahan dari Bapak Hendarman, M.Sc, Ph.D.


                                               Penyampaian Materi dari Bang Yosi Wakalu


                                                         Pembagian kelompok Diskusi


                                         

                                         Penyampaian Materi dari Ibu Ir.Suharti, M.A., Ph.D

#portalpraktikbaik

#sahabatkarakter

#puspeka

#penguatankarakter

 

Kalian juga bisa mengunjungi channel youtube untuk menonton konten-konten menarik dari PUSPEKA (Cerdas Berkarakter Kemdikbud RI)

Ataupun di portal praktik baik PUSPEKA

https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/sahabatkarakter/home

 

\

Post a Comment

0 Comments