Materi dan tugas Teks Laporan (bagian 4) Kelas 9 SMPN 4 Mandah, Kabupaten Indragiri Hilir, Prov. Riau




Kegiatan 2 : Bahasa teks laporan

 

Ciri-ciri kebahasaan yang umumnya digunakan dalam laporan sebagai berikut :

1.      Memperkenalkan aspek umum atau kelompok (generik), seperti kendaraan roda dua,transportasi umum, mamalia, keluarga kucing, ikan air tawar, ungags, reptilian, dan lain-lain.

2.      Menggunakan kata tugas hubungan logis.

Jenis-jenis kata tugas diantaranya adalah sebagai berikut :

a.      Kata depan atau preposisi (di,ke, dari, hampir, hingga, untuk, atas, dsb)

b.      Kata sambung atau konjungsi (biarpun, akan tetapi, dan, serta, meskipun, jadi, oleh karena itu, jika, karena, dengan, atau, bahwa, ketika, maka, dsb)

c.       Kata sandang (si, sang, hang, sri, para)

d.      Kata seru atau interjeksi (wow, hah, wah, cih,oh, aduh, ya ampun, dsb)

e.      Kata penegas atau partikel penegas (-kah, -lah, -tah, -pun)

3.      Kata tugas digunakan untuk menjaga tulisan koheren

4.      Menggunakan kalimat aktif

5.      Menggunakan kata kerja aktif untuk menggambarkan proses dan aksi

6.      Tidak ada urutan waktu, tetapi ada urutan kegiatan

7.      Menggunakan kata benda dan frasa benda disbanding kata ganti orang. Penggunaan kata ganti orang sangat terbatas

8.      Beberapa laporan menggunakan istilah teknis atau istilah bidang ilmu

9.      Biasanya disertai foto, diagram, peta, dan seterusnya

 

Nah, saatnya kalian mengerjakan latihan di bawah ini dengan cara mengisi titik-titik menggunakan kata tugas yang tepat !

 

Apa yang ada di dalam benak Anda (1)……. Mendengar kata tikus? Tiap orang punya jawaban sendiri, (2)…… sebagian besar bisa dibilang akan mengaitkannya (3)…….. penyakit dan kotoran.

Banyak orang yang memang masih merendahkan tikus. (4)…….., hewan yang khas (5)………. Tubuh berambut lebat dan moncong panjang itu sebenarnya termasuk hewan yang sangat pintar. Karakter tikus dalam kartun Tom & Jerry dan Mickey Mouse adalah sanjungan yang cukup pas bagi seekor tikus.

“Tikus sangat pintar dan diketahui memiliki kemampuan menyelesaikan masalah,” katanya. (6)…….. Anda meletakkannya di dalam sebuah labirin,ia akan menemukan jalan keluarnya (7)……….. cepat. Tikus termasuk hewan social dan bisa sangat jinak, dapat dilatih, dan melakukan banyak trik sulit.

(8)………., para ilmuwan pasti sudah paham bahwa tikus merupakan objek penelitian yang sangat baik di laboratorium. Dokter hewan dan ahli binatang (9)………. Tahu bahwa tikus pun sebenarnya bisa jadi hewan piaraan yang sangat menarik.

Dr. Kristina Kalivoda dari Universitas Texas A&M, mengatakan sebagian besar orang sering salah paham terhadap tikus. Menurut staf pengajar di Sekolah Kedokteran Hewan dan Ilmu Biomedika itu, tikus juga tidak selamanya menjadi momok yang muncul (10)…………. dalam got.

Hewan ini sering dianggap menganggu, (11)…….. sebagai hewan pengerat tikus secara alami memiliki insting untuk terus mengasah giginya dan mengendus sumber makanan. Tikus cenderung menyukai hidup dekat manusia (12)…….. alasan kebutuhan makanan (13)………… tempat hidup.

Banyak orang beranggapan tikus kotor (14)……… sesungguhnya tidak demikian, bahkan hewan tersebut membersihkan diri beberapa kali sehari, sesering seekor kucing.

“Saya bisa menjadi orang pertama yang mengatakan kepada Anda bahwa tikus bisa menjadi binatang piaraan yang menyenangkan,”ujar Kalivoda. Banyak orang yang sudah mencobanya (15)……… mengatakan bahwa tikus merupakan piaraan terbaiknya.

(16)………….., tikus adalah hewan yang ekspresif. Ia bisa mengeluarkan ekspresi tertawa atau suara mencicit ketika bingung. Tikus juga perenang yang sangat baik. Ada banyak pilihan tikus untuk dipiara dari yang berwarna hitam, abu-abu, pirang, perak, dan albino. Mau yang bertelinga pendek atau panjang juga ada.

Hanya saja, (17)……… aktivitas seksualnya tak dibatasi (18)………. Populasinya bisa meledak. Sepasang tikus bisa menurunkan 15.000 anak sepanjang hidupnya (19)………. Tikus betina hampir menghabiskan waktu hidupnya untuk hamil. Seekor tikus dapat hidup antara satu hingga tiga tahun. (20)………, masihkah Anda memandang rendah pada tikus ?

(Science Daily,Sumber:Kompas, 5 Februari 2008)

No.

Jawaban

1

 

2

 

3

 

4

 

5

 

6

 

7

 

8

 

9

 

10

 

11

 

12

 

13

 

14

 

15

 

16

 

17

 

18

 

19

 

20

 

 

Adapun prosedur dalam mengerjakan tugas tersebut … ada baiknya kalian membaca terlebih dahulu peraturanya sebagai berikut :

1.      Kerjakan tugas dengan jujur dan bertanggung jawab di rumah masing-masing

2.      Kirimkan tugas kalian berupa lembar jawaban (jangan lupa tulis nama di lembar jawabannya) dalam bentuk JPEG(foto), pdf juga boleh … serta foto kalian sedang mengerjakan tugas tersebut (bisa meminta orang tua atau saudara di rumah untuk fotoin kalian belajar)  melalui whatsapp atau email amrolanibelaras@gmail.com

3.      Paling lambat Bapak tunggu tanggal 8 September 2020.

 

Cukup sampai di sini dulu pertemuan kita kali ini anak-anak… selamat mengerjakan … dan jangan lupa … untuk tetap stay at home ya …

 

#CerdasBerkarakter, #BlogBerkarakter, #SeruBelajarKebiasaanBaru, dan #BahagiaBelajardiRumah

\

Post a comment

0 Comments