Ceritaku Mengikuti Program Guru Penggerak Angkatan 5 dan Lokakarya Orientasi di Kota Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau

 



tulisanku kali ini akan menceritakan pengalamanku ketika mengikuti seleksi Program Guru Penggerak (PGP) Angkatan 5. Aku akan berbagi sedikit kisah perjalananku dimulai dari proses pendaftaran, pengisian essay, simulasi mengajar, serta wawancara sehingga aku dinyatakan lulus sebagai peserta Guru Penggerak Angkatan 5. Tidak lupa, aku juga akan membagikan sedikit kegiatan ketika lokakarya orientasi yang diadakan di hotel IP kota Tembilahan. Selamat membaca !


Pada awal bulan Oktober 2021, aku mendapat informasi ada pendaftaran Program Guru Penggerak Angkatan 5 dari whatsapp group dan bisa dilihat diakun SIMPKB masing-masing. Hal ini dikarenakan, tidak semua guru bisa mendaftar PGP. Hanya bagi guru yang memenuhi syarat yang bisa mendaftar PGP tersebut. Singkat cerita, aku membuka akun SIMPKB melalui laptop. Setelah membuka akun SIMPKB, aku merasa senang karena mendapat undangan untuk mengikuti PGP. Tanpa pikir panjang, akupun mulai proses pendaftaran. Aku baca dengan teliti semua persyaratan yang diminta agar tidak ada kesalahan administrasi nantinya. Setelah selesai bagian administrasi dan pengisian biodata secara online, bagian keduanya yaitu pengisian essay. Nah, bagian ini menurutku lumayan menguras otak, waktu, dan tenaga. Dikarenakan essay yang harus diisi memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Belum lagi ada jumlah kata minimal yang harus dipenuhi. Apabila katanya kurang maka otomatis sistemnya menolak. Bayangkan saja, dengan jumlah soal essay 5, masing-masing soal memiliki anak cucu soal sebanyak 5-7 soal. Dan masing-masing anak cucu soal memiliki jumlah minimal kata yang berbeda. Jumlah kata minimal berkisar 250 kata – 1500 kata. Luar biasa kan ….hheee …

Namun, karena aku sudah bertekad untuk mengikuti PGP ini, maka aku mengerahkan semua kemampuan untuk mengisi essay itu. Strategi yang kupakai adalah mengerjakan 1 soal essay dalam waktu 1 hari. Sehingga aku baru bisa menyelesaikan pengisian essay dalam waktu 5 hari. Setelah selesai semuanya, barulah proses pendaftaranku dinyatakan sudah selesai. Itu artinya, aku tinggal menunggu pengumuman selanjutnya.

Dua bulan kemudian, tepatnya pada akhir bulan Desember, pengumuman hasil seleksi tahap 1 calon guru penggerak angkatan 5 keluar. Ketika aku membuka file pengumumannya, https://drive.google.com/file/d/1h-wLDmJElLXW1nj6DS-kMN1NyCZZ4Rmw/view?usp=sharing Aku dibuat tersenyum bahagia dikarenakan dinyatakan lulus dan berhak untuk mengikuti proses seleksi tahap 2 yang akan dilaksanakan pada bulan Januari- Maret. Seleksi tahap 2 yaitu simulasi mengajar secara online dan wawancara langsung dari Mendikbudristek. Sebenarnya, aku masih kurang yakin dengan simulasi mengajar yang telah dilakukan serta jawaban-jawaban yang telah aku berikan ketika proses wawancara. Namun, ketika pengumuman hasil seleksi tahap 2, https://drive.google.com/file/d/1zpdPOMcvsbnolJ2OPoqLcC_jKT2RKxVN/view?usp=sharingsekali lagi aku dibuat tersenyum bahagia karena dinyatakan lulus dan berhak mengikuti Pendidikan Guru Penggerak selama 6 bulan. Aku sangat bersyukur atas karunia ini. Dikarenakan tidak semua guru terpilih untuk ikut dalam pendidikan ini.  Dari rautsan ribu orang yang mendaftar, aku menjadi salah satu pesertanya.

Kemudian, pada tanggal 18 Mei 2022, tepatnya pada hari Sabtu, kegiatan pembukaan Pendidikan Program Guru Penggerak pukul 11.00 wib dibuka secara serentak di seluruh Indonesia melalui zoom meeting. Acara pembukaan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian, dilanjutkan dengan pengantar dan pengarahan Bapak/Ibu dari Mendikbudristek. Secara singkat, dijelaskan tentang Program Guru Penggerak dan juga manfaatnya. Dalam kata sambutannya, dijelaskan bahwa guru penggerak bertujuan untuk menyiapkan para pemimpin pendidikan Indonesia di masa depan, mampu mendorong tumbuh kembang murid secara holistic, aktif dan proaktif dalam mengembangkan guru di sekitarnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat pada murid, serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujdukan profil pelajar pancasila. Setelah itu, pukul 13.00 wib, dilanjutkan dengan kegiatan orientasi singkat dan perkenalan berdasarkan kelompok yang telah ditentukan. Dalam setiap kelompok terdiri dari sekolah-sekolah yang berbeda yang tersebar dari berbagai daerah di kabupaten Indragiri Hilir. Pada pembagian kelompok tersebut aku tergabung dalam kelompok 2 bersama dengan kurang lebih 4 peserta lainnya dengan Fasilitator Nasional yang luar biasa yaitu Ibu Riska Novalia dan Pengajar Praktik Bapak Arifin yang akan membimbing kami selama pendidikan. Setelah itu, dilanjutkan dengan mengerjakan pretest di LMS masing-masing peserta.

Beberapa hari kemudian, pada hari Sabtu, tanggal 21 Mei 2022, akan diadakan kegiatan lokakarya 0 atau lokakarya orientasi di hotel IP kota Tembilahan. Berhubung lokasi tempat tugasku yang jauh dari kota, aku berangkat lebih awal ke kota yaitu pada hari Jumat. Dalam lokakarya 0 ini, kepala sekolah dan pengawas calon guru penggerak turut diundang oleh dinas pendidikan. Kegiatan lokakarya dimulai pada pukul 08.00 wib dan dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Indragiri Hilir, Bapak Dr. H.M.Irwan, MM, M.Si. Dalam kata sambutannya, beliau mengatakan bahwasanya program guru penggerak adalah program yang sangat bagus untuk menghasilkan guru-guru profesional yang memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. Kedepannya, untuk menjabat sebagai kepala sekolah ataupun pengawas harus memiliki sertifikat guru penggerak.

Setelah kata sambutan dari kepala dinas, dimulailah orientasi pendidikan berdasarkan kelompoknya masing-masing. Kelompokku bergabung dengan 1 kelompok lain yang memiliki fasilitator yang sama. Dalam kegiatan oreintasi, dimulai dengan acara perkenalan. Kemudian, kegiatan ice breaking dan pembuatan kesepakatan kelas. Kegiatan ini berlangsung begitu menyenangkan dan semangat. Saya benar-benar merasa sangat bersyukur berada dalam kegiatan ini. Setelah itu, dilanjutkan dengan pemberian materi dari pengajar praktik tentang filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara yang ada pada modul 1.1. setelah itu, dilanjutkan dengan pembagian tugas LK 1-4 untuk kami isi.

 

 

Pada pukul 16.00 wib, kegiatan lokakarya ini pun berakhir. Terima kasih saya ucapkan kepada para Pengajar Praktik, Bapak Arifin dan Abu Nawas akan ilmu-ilmu bermanfaat yang telah diberikan kepada kami. Begitu juga ucapan terima kasih kami kepada rekan-rekanku sesama peserta calon guru penggerak. Semoga, tali silaturahmi kita tidak terputus dan tetap kompak serta semangat menempuh pendidikan guru penggerak. Aamiin.

 

Belaras, 26 Mei 2022


                                  G-Meet Bersama Fasilitator Ibu Riska Novalia, PP, dan CGP


   Pembukaan Lokakarya 0 yang dihadiri langsung oleh Kadisdik, Bapak Dr. H.M.Irwan, MM, M.Si.


                            Foto bersama Pengajar Praktik, Bapak Arifin dan teman 1 kelompok 


                                                Kegiatan Perkenalan dari Pengajar Praktik


                               Kegiatan Perkenalan dari Kepala Sekolah Calon Guru Penggerak


                                                    Kesepakatan kelas yang dibuat bersama 


                                                  Penyampaian materi dari Pengajar Praktik


                                                     Kegiatan mengerjakan tugas LK 1-4


                                                       Kegiatan mengerjakan tugas LK 1-4


                                                      Kegiatan mengerjakan tugas LK 1-4


                                                      Kegiatan mengerjakan tugas LK 1-4


                                Salah satu hasil tugas lokakarya dari CGP dan Kepala Sekolah


                                                   Foto bersama kegiatan lokakarya selesai


                                             Foto bersama setelah kegiatan lokakarya selesai


\

Post a Comment

2 Comments

  1. Kereeeeennnnn.. doakan aku CGP angkatan 5

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih. Doa yang terbaik untuk kita semua. Aamiin

      Delete