Jabatan Baru, Harapan Baru (Pelantikan Jabfung Dinas Pendidikan dan Kesehatan, Kab.Indragiri Hilir, Provinsi Riau)

 




Halo …

Sedikit mau cerita nih …

Beberapa hari yang lalu, aku mendapatkan pesan dari WAG (whastapp group) berupa informasi tentang acara pelantikan jabfung (jabatan fungsional) bagi kami para pegawai di lingkungan dinas pendidikan dan juga dinas kesehatan. Awalnya, aku mengira itu berita bohong saja. Mengingat pemberitahuannya hanya disampaikan melalui WAG tanpa adanya surat keputusan resminya. Akan tetapi, setelah kami konfirmasi sama pihak BKD (Badan Kepegawaian Daerah) Kabupaten Indragiri Hilir bahwasanya info tersebut valid dan surat resminya akan menyusul kemudian hari. Karena pelantikannya di Tembilahan, ibukota kabupaten sedangkan saya berada jauh dari Tembilahan, maka saya memutuskan untuk pergi lebih cepat (H-1). Dikarenakan takutnya jika pergi pada hari pelantikan, ada halangan dalam perjalanan. Lagi pun,aku harus mempersiapkan fisik dan perlengkapan yang dibutuhkan pada saat pelantikan. Btw, kalian bisa lihat file surat resminya di sini ya https://drive.google.com/file/d/1bR7j3g-Cs6jNdJjdiB17RFIyMeexAFck/view?usp=sharing

                Untuk diketahui, aku dan rekan-rekan yang akan dilantik ini sebelumnya dari awal kami CPNS, menduduki posisi jabatan struktural. Nah,karena kami memenuhi persyaratan maka dari itu kami dilantik menjadi pejabat fungsional. Maksudnya ? Apa ada manfaatnya apabila berubah jabatannya ?

                Jadi, jabatan dalam birokrasi pemerintahan kita kini terdiri dari jabatan struktural dan jabatan fungsional. Jabatan struktural yakni jabatan yang ada di dalam struktur organisasi. Sedangkan jabatan fungsional yakni jabatan teknis yang tidak tercantum dalam struktur organisasi, tetapi dari sudut pandang fungsinya sangat diperlukan dalam pelaksanaan tugas-tugas pokok organisasi. Dalam jabatan fungsional juga berkaitan dengan pelayanan fungsional berdasarkan pada keahlian dan keterampilan tertentu. Menurut Undang-Undang Nomor 43 tahun 1999 tentang pokok-pokok kepegawaian, jabatan struktural dan fungsional termasuk pada jabatan karier, kedua jabatan ini hanya dapat diduduki oleh PNS setelah memenuhi syarat yang ditentukan. Kalian bisa melihat persyaratannya di sini  https://drive.google.com/file/d/1cjAguZWtbb0RTBcopDr-T4nqGEF0FJC2/view?usp=sharing

Kelebihan dari jabatan fungsional dibandingkan dengan jabatan struktural diantaranya adalah :

1.       Kesempatan naik pangkat lebih cepat 2 tahun dibanding yang struktural (2 tahun sekali bisa mengajukan kenaikan pangkat apabila angka kredit dan persyaratan kenaikan pangkatnya sudah memenuhi)

2.       Tunjangan jabatannya lebih besar

3.       Memiliki kesempatan untuk menjadi pejabat pimpinan tinggi, administrator, atau pengawas. Sehingga membuka peluang untuk menduduki jabatan lain di luar jabatan fungsional.

Nah, cerita berlanjut, setelah sampai di tembilahan, aku meminta tolong my best wishes untuk menemani membeli perlengkapan yang belum aku miliki. Misalnya, sarung tangan warna putih, kameja putih (tidak wajib, tapi aku ingin membeli dan memakainya saat pelantikan). Setelah semuanya dirasa cukup,kami pulang untuk beristirahat. Karena habis magrib nanti, tepatnya pukul 7 malam, aku sudah harus berada di gedung Engku Kelana.

Setelah kurang lebih 1 jam gladi bersih, tibalah saat yang dinantikan, acara pelantikan jabfung pun akan segera dimulai. Acara dimulai sekitar pukul setengah sembilan. Acara ini dihadiri dan dilantik langsung oleh Bapak Bupati Kabupaten Indragiri Hilir, Drs H. M.Wardan., MP. Dalam rangkaian acara tersebut, beliau memberikan kata sambutannya. Memberikan pengarahan dan nasehat kepada kami yang baru dilantik agar selalu semangat dalam bekerja, melayani masyarakat dengan ramah, menjauhi diri dari tindakan KKN (korupsi,kolusi, dan nepotisme), serta tidak meminta pindah tugas selama masih dalam masa kontrak kerja perjanjian.

Selesai penyampaian kata sambutan dari bapak bupati, maka berakhir pula acara pelantikan jabatan fungsional di lingkungan dinas pendidikan dan dinas kesehatan. Senyum bahagia dan rasa bangga menyelimuti kami pegawai yang baru saja dilantik. Aku secara pribadi sangat bersyukur dengan pencapaian ini. Aku berharap akan banyak perubahan yang akan kulakukan dan kudapatkan kedepannya. Aamiin.

Sampai di sini dulu ceritaku, dadada….


Tembilahan, 26 November 2021






\

Post a Comment

2 Comments