MATERI DAN TUGAS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII SMPN 4 MANDAH, KAB. INDRAGIRI HILIR, PROV. RIAU (BAGIAN 3)

 


C.      Menelaah Isi, Struktur, dan Kaidah Teks Eksplanasi

 

1.      Isi Teks Eksplanasi

Berdasarkan isinya, tampak bahwa teks eksplanasi menjelaskan suatu proses atau berupa rangkaian suatu fenomena ataupun kejadian, baik itu yang berkaitan dengan alam, sosial, ataupun budaya.

Dalam pemaparannya, teks tersebut mungkin merupakan jawaban dari pertanyaan mengapa dan bagaimana. Pola pengembangan teks eksplanasi terbagi menjadi dua, yaitu :

a.      Teks eksplanasi sebagai jawaban atas pertanyaan mengapa, uraiannya akan bersifat kausalitas (hubungan sebab-akibat)

b.      Teks eksplanasi sebagai jawaban atas pertanyaan bagaimana, uraiannya akan bersifat kronologis (urutan waktu)

 

2.      Struktur teks eksplanasi

Struktur teks eksplanasi terbagi menjadi tiga, yaitu :

a.      Identifikasi fenomena, mengidentifikasi sesuatu yang akan diterangkan. Hal itu bisa terkait dengan fenomena alam, sosial, budaya, dan fenomena-fenomena lain.

Contoh : awal pemerintahan Kabupaten Bandung, dimulai sejak Piagam Sultan Agung Mataram pada tanggal 20 April 1641. Tanggal tersebut ditetapkan sebagai hari jadi Kabupaten Bandung.

b.      Rangkaian kejadian (kausalitas atau kronologis), perincian atas kejadian yang relevan, dengan identifikasi fenomena. Bagian ini dapat disusun dengan pola kausalitas ataupun kronologis.

Contoh :

1.      Pada tahun 1575 yang berkuasa di daerah ini adalah pemerintahan Islam. Dilanjutkan pemerintahan Mataram (1621-1677) dan pemerintahan Belanda. Pada saat Mataram berkuasa itulah, nama keprabuan diubah menjadi kabupaten (kronologis)

2.      Semua produsen dapat menghasilkan makanannya sendiri sehingga disebut organisme autotroph. Sebagai produsen, tumbuhan hijau menghasilkan makanan melalui fotosintesis. Makanan dimanfaatkan oleh tumbuhan itu sendiri maupun makhluk hidup lainnya. Dengan demikian, produsen merupakan sumber energy utama bagi organisme lain, yaitu konsumen. (kausalitas)

c.       Ulasan, berupa komentar atau penilaian tentang konsekuensi atas kejadian yang dipaparkan sebelumnya.

Contoh :

Dengan demikian tropisme sesungguhnya merupakan gerak dari bagian tumbuhan yang disebabkan adanya rangsangan. Hal itu ternyata berbeda dengan gerak pasti. Arah gerak tropisme bergantung pada arah datangnya ransangan.

Bacalah teks eksplanasi di bawah ini :

 

Energi Cahaya Matahari

Arus air aliran energi bermula dari matahari sebagai sumber utamanya. Energi cahaya matahari masuk ke dalam komponen biotik melalui produsen. Oleh produsen, energy cahaya matahari diubah menjadi energy kimia. Energi kimia mengalir dari produsen ke konsumen dari berbagai tingkat trofik melalui jalur rantai makanan. Energy kimia yang diperoleh organisme digunakan untuk kegiatan hidupnya.

Setiap organisme melakukan pemasukan dan penyimpanan energy. Pemasukan dan penyimpanan energy dalam ekosistem disebut produktivitas ekosistem. Produktivitas ekosistem terbagi dua, yakni produktivitas primer dan produktivitas sekunder.

Energy merupakan kemampuan untuk melakukan kerja. Produsen dan konsumen akan menggunakan sebagian dari energinya untuk aktivitas hidup seperti tumbuh, reproduksi, respirasi, dan sebagainya. Akan tetapi, sebagian lagi hilang dalam bentuk energy panas.

Energy masuk ke dalam komponen biotik melalui produsen. Energy ini disimpan dalam bentuk zat organic yang dapat digunakan sebagai bahan makanan dan disebut produksi primer. Hal ini merupakan patokan (parameter) untuk menghitung seluruh arus energy yang melalui komponen biotik. Berdasarkan hal itu, dapatlah diukur jumlah kehidupan yang dapat didukung oleh suatu ekosistem.

Cahaya matahari merupakan sumber energy utama dalam kehidupan. Tumbuhan berklorofil memanfaatkan cahaya matahari untuk berfotosintesis. Sinar matahari yang ditangkap oleh tumbuhan itu berbeda-beda banyaknya. Hal ini tergantung pada ketinggian dari permukaan laut (dpl) dan penutupan oleh tumbuhan suatu daerah.

Sebagian kecil energy matahari diserap oleh klorofil dan digunakan untuk memproduksi molekul-molekul organic yang disimpan sebagai energy kimia. Kecepatan menyimpan energy kimia oleh tumbuhan disebut produksi primer kotor (PPK). Kurang lebih dua puluh persen dari PPK digunakan oleh tumbuhan sendiri untuk respirasi dan fotorespirasi. Sisanya baru disimpan oleh tumbuhan dan dikenal sebagai produksi primer bersih (PPB).

Energy yang tersimpan dalam makanan digunakan oleh konsumen untuk aktivitas hidupnya. Pembebasan energy yang tersimpan dalam makanan dilakukan dengan cara oksidasi (respirasi).

Organisme yang menggunakan energy cahaya untuk mengubah zat anorganik menjadi zat organic disebut fotoautotrof. Organisme yang menggunakan energy yang didapat dari reaksi kimia untuk membuat makanan disebut kemoautotrof. 

 

Jawablah pertanyaan di bawah ini berdasarkan teks di atas !

1.      Teks di atas menggunakan pola pengembangan apa ? berikan alasannya !

2.      Tuliskan isi dalam teks yang menunjukkan bagian struktur identifikasi fenomena !

3.      Tuliskan isi dalam teks yang menunjukkan bagian struktur rangkaian kejadian !

4.      Tuliskan isi dalam teks yang menunjukkan bagian struktur ulasan !

5.      Berikan kesimpulanmu terhadap teks di atas !

 

Adapun prosedur dalam mengerjakan tugas tersebut … ada baiknya kalian membaca terlebih dahulu peraturanya sebagai berikut :

1.      Kerjakan tugas dengan jujur dan bertanggung jawab di rumah masing-masing

2.      Kirimkan tugas kalian berupa catatan dan latihan melalui whatsapp atau email amrolanibelaras@gmail.com

3.      Paling lambat Bapak tunggu tanggal 24 Januari 2021.

 

Cukup sampai di sini dulu pertemuan kita kali ini anak-anak… selamat mengerjakan … dan jangan lupa … untuk tetap stay at home ya …

 



\

Post a comment

0 Comments