materi dan tugas berita (bagian 1), Pelajaran Bahasa Indonesia, Kelas 8 SMPN 4 Mandah, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau





Assalamualaikum Wr.Wb

Selamat pagi anak-anakku sekalian …
Khususnya kalian siswa-siswi kelas yang baru saja naik ke kelas 8 SMP Negeri 4 Mandah …
Apa kabar kalian semuanya … semoga dalam keadaan baik-baik ya … sebelumnya Bapak mau absen satu per satu ya … dan kalian bisa jawab tentang kabar kalian kepada Bapak lewat kolom komentar ya ...
DAHLIA
DWI AGUSTINA PUTRI
ELO OCTIANO
FAREL ANDIKA
GESTIA SITI AISYAH
GITA ANJANI
GUNAWAN
HARAZI
HENDRA GUNAWAN
HERLIN ANGGARA DUMADI
KALVIN JUNIOR
M.RESTU KURNIAWAN
MAI
NIA AGUSTINA
RAHMAT DANIL
REPA
RIZKI ALPIANSYAH
SALSABILA KURNIA PUTRI
SY.TETEH
WIDYAN
WILSA
YOPI TRIANISA
ZOGI IRWANSYAH
Nah, anak-anak … sengaja Bapak menyuruh kalian untuk mengunjungi blog Bapak … dikarenakan ada tugas yang harus kalian kerjakan. Mengingat bahayanya covid-19 atau yang kita kenal virus corona … maka kita cukup berkumpul lewat blog Bapak demi memutus mata rantai penyebaran virus corona. Jadi, Bapak harap kalian paham kenapa Bapak memberikan tugasnya di sini bukan di sekolah.
Materi pertama kita di kelas 8 adalah tentang teks BERITA. Kita semua tidak asing lagi dengan kata berita karena hampir setiap hari kita mendengar berita baik di televisi, radio, internet,maupun media sosial. Untuk memperdalam materi tentang berita,ada baiknya kit a baca  materinya di bawah ini sebelum Bapak berikan tugas kepada kalian … selamat membaca !

BERITA
A.     Pengertian Berita
Berita adalah sebuah informasi bersifat fakta yang sedang terjadi maupun sudah terjadi dan disampaikan melalui perantara media, baik itu media elektronik maupun media cetak.

B.      Unsur-unsur Berita

Unsur-unsur berita ada 6 macam bila disingkat menjadi ADIKSIMBA atau 5W+1H. Apa itu ADIKSIMBA dan 5W+1H? mari, kita lihat penjelasannya di bawah ini :
Apa (what)                  : Peristiwa apa yang terjadi ?
DImana (where)          : Dimana peristiwa itu terjadi ?
Kapan (when)              : Kapan peristiwa itu terjadi ?
SIapa (who)                 : Siapa yang mengalami peristiwa itu ?
Mengapa (why)                       : Mengapa peristiwa itu bisa terjadi ?
BAgaimana (how)       : Bagaimana akhir terjadinya peristiwa itu ?

Perhatikan contoh teks berita di bawah ini dengan seksama !

Sepuluh hari menjelang Lebaran, Sabtu (15/11), Pelabuhan penyebrangan Merak mulai dipadati truk. Truk-truk tersebut mengangkut barang nonsembilan bahan pokok (non sembako).
Tingginya arus truk dalam dua hari terakhir berkaitan dengan adanya larangan melintas bagi truk nonsembilan bahan pokok (non sembako) pada tanggal 21-25 November. Larangan tersebut berlaku bagi truk bersumbu lebih dari dua. Truk gandengan, truk tempelan, dan truk container.
Penumpukan truk bersumbu dua tersebut seperti di Pelabuhan Merak menyebabkan antrean truk sekitar 100 meter dari pintu masuk kapal. Antrean terjadi di dermaga satu hingga dermaga empat. Tetapi, antrean tersebut masih dalam batas normal. Antrean belum membludak ke luar area parkir pelabuhan. Akan akibat penumpukan truk itu, beberapa sopir truk mengaku harus menunggu sekitar dua hingga empat hari untuk bisa masuk kapal.
No.
Pertanyaan
Jawaban
1
Peristiwa apa yang terjadi ?
Padatnya Pelabuhan Merak
2
Di mana peristiwa itu terjadi ?
Di pelabuhan penyebrangan Merak
3
Kapan peristiwa itu terjadi ?
Sepuluh hari menjelang lebaran, Sabtu, (15/11)
4
Siapa yang mengalami peristiwa itu ?
Truk-truk pengangkut barang nonsembako
5
Mengapa peristiwa itu terjadi ?
Adanya larangan melintas bagi truk nonsembako pada 21-25 November
6
Bagaimana akhir terjadinya peristiwa itu ?
Peristiwa itu menyebabkan antrean di pintu masuk kapal

*(Catat materi dimulai dari pengertian teks berita sampai sini di buku catatan Bahasa Indonesianya)

Nah, saatnya kita melakukan latihan menentukan unsur-unsur berita seperti pada contoh di atas. Silahkan dibaca dengan teliti dan selamat mengerjakan !

Sungai Ciliwung Meluap, 2 Desa Terendam Banjir Setinggi 3 Meter
Terjadi banjir bandang di sekitar sungai Ciliwung, banjir tersebut diduga karena hujan yang turun sangat deras dari pukul 19.00 WIB hingga pagi pukul 09.00 WIB. 2 desa terendam dan banyak keluarga yang mengungsi di kampung sebelah.
Sekitar 137 kepala keluarga kehilangan tempat tinggalnya karena banjir. Pemerintah segera memberikan bantuan berupa tempat pengungsian air bersih, makanan, minuman, obat-obatan, dan pakaian.
Sebelumnya juga pernah terjadi banjir di desa ini sekitar dua tahun yang lalu, tetapi banjir tahun ini lebih besar dibandingkan dengan tahun kemarin. Salah satu penyebabnya juga diduga karena kebiasaan masyarakat sekitar yang membuang sampah sembarangan di sungai Ciliwung sehingga terjadi banjir ketika musim hujan datang.

No.
Pertanyaan
Jawaban
1
Peristiwa apa yang terjadi ?
………………………………………………………………….
2
Di mana peristiwa itu terjadi ?
………………………………………………………………….
3
Kapan peristiwa itu terjadi ?
………………………………………………………………….
4
Siapa yang mengalami peristiwa itu ?
………………………………………………………………….
5
Mengapa peristiwa itu terjadi ?
………………………………………………………………….
6
Bagaimana akhir terjadinya peristiwa itu ?
………………………………………………………………….

Adapun prosedur dalam mengerjakan tugas tersebut … ada baiknya kalian membaca terlebih dahulu peraturanya sebagai berikut :
1.      Kerjakan tugas dengan jujur dan bertanggung jawab di rumah masing-masing
2.      Kirimkan tugas kalian berupa catatan materi teks berita dan lembar jawaban (jangan lupa tulis nama di lembar jawabannya) dalam bentuk JPEG(foto), pdf juga boleh … serta foto kalian sedang mengerjakan tugas tersebut (bisa meminta orang tua atau saudara di rumah untuk fotoin kalian belajar)  melalui whatsapp atau email amrolanibelaras@gmail.com
3.      Paling lambat Bapak tunggu tanggal 09 Agustus 2020.

Cukup sampai di sini dulu pertemuan kita kali ini anak-anak… selamat mengerjakan … dan jangan lupa … untuk tetap stay at home ya …

#CerdasBerkarakter, #BlogBerkarakter, #SeruBelajarKebiasaanBaru, dan #BahagiaBelajardiRumah


\

Post a comment

2 Comments