materi dan tugas Teks Laporan Percobaan (bagian 1), Pelajaran Bahasa Indonesia, Kelas 9 SMPN 4 Mandah, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau








Assalamualaikum Wr.Wb

Selamat pagi anak-anakku sekalian …
Khususnya kalian siswa-siswi kelas 9 SMP Negeri 4 Mandah …
Apa kabar kalian semuanya … semoga dalam keadaan baik-baik ya … sebelumnya Bapak mau absen satu per satu ya … dan kalian bisa jawab tentang kabar kalian kepada Bapak lewat kolom komentar ya ...
ADAM MALIK
BARIZAL BAHRI
CHERISTI MULIANA
DEVI APRIANI
FEBRIANSYAH
GIO ANUGERAH
GIRI SAPUTRA
GUNAWAN
HERA
KARTIKA
LAILA HUSNA HARAHAP
LARA
LISA
M.TEGAR FEBRIANSYAH
RAMA
SAID AGUSTIAN
SAPIRA EKA PUTRI
SUPRI
SY RIFA CINTIA PUTRI
WAHYUDI
YOGI SANTOSO
REVIDA ULFAH
SITI SALASIAH

Nah, anak-anak … sengaja Bapak menyuruh kalian untuk mengunjungi blog Bapak … dikarenakan ada tugas yang harus kalian kerjakan. Mengingat bahayanya covid-19 atau yang kita kenal virus corona … maka kita cukup berkumpul lewat blog Bapak demi memutus mata rantai penyebaran virus corona. Jadi, Bapak harap kalian paham kenapa Bapak memberikan tugasnya di sini bukan di sekolah.
Materi pertama kita di kelas 9 adalah tentang teks Laporan Percobaan. Untuk memperdalam materi tentang teks laporan percobaan,ada baiknya kita membaca dan mencatat  materinya di bawah ini sebelum Bapak berikan tugas kepada kalian … selamat membaca !

MELAPORKAN PERCOBAAN
Dalam kehidupan sehari-hari, saat mendengarkan radio atau menonton televisi, membaca surat kabar, membaca buku-buku pelajaran dan mendengarkan uraian guru, serta di lokasi niaga seperti pasar swalayan dan pusat-pusat perbelanjaan, kita dipenuhi dengan informasi dari berbagai sumber. Informassi sudah menjadi kebutuhan bagi siapapun dari dulu hingga kini. Saat ini informasi berkembang dan tersebar luas. Oleh karena itu, kemampuan membuat teks laporan dan memahami teks laporan sangat penting.
Teks laporan percobaan adalah teks yang berisi tentang percobaan yang dilakukan oleh peneliti. Teks laporan dapat ditemukan di buku referensi. Contoh teks laporan terdapat dalam ensiklopedia, dokumen, buku panduan, laporan eksperimen, dan presentasi kelompok (peneliti). Tujuan teks laporan utamanya adalah mengklasifikasi dan/atau mendeskripsikan,menggambarkan, dan memberi informasi factual.

A.      Mengindentifikasi Informasi Laporan Percobaan
Sebagai pengingatan kembali, laporan adalah teks yang menyajikan informasi tentang sesuatu sebagaimana adanya. Informasi yang dilaporkan merupakan hasil observasi dan analisis yang sistematis, misalnya  laporan informatif yang berisi tentang makhluk hidup seperti tumbuhan dan hewan dan makhluk nonhidup.
Kegiatan pertama kita adalah membandingkan teks laporan dengan teks yang lain. Diharapkan kalian nanti mampu membedakan teks laporan dengan teks deskripsi, teks eksplanasi, ataupun teks yang lainnya.

Perhatikan teks di bawah ini !
Teks 1
Sepedaku termasuk sepeda ontel-jengki yang tidak memiliki batangan, besi berbentuk pipa yang menghubungkan setang dan tempat duduk. Tempat duduknya terbuat dari kulit. Warnanya hitam, tetapi sudah memudar. Ban depan sepedaku memiliki garis putih yang jarang ditemukan untuk ban sepeda. Ukuran ban sekitar 18 inci. Rem tangan depan dan belakang terbuat dari besi bukan kabel. Bel sepeda khas berbunyi kring-kring terletak di setang kanan. Sepeda ini kupakai ke sekolah. Teman-temanku berkelakar bahwa aku seperti naik onta, badanku kecil tidak cocok dengan sepeda yang besar. Saat mengayuh, kakiku yang pendek tidak sepenuhnya dapat mengikuti kayuhan. Kakiku menggantung di atas pedal bagian bawah.

Teks 2
Fix gear adalah gir (gigi) kaku yang menggerakkan sebuah sepeda (ataupun kendaraan lain) dan merupakan bagian yang disebut drivetrain. Drivetrain merupakan gabungan berbagai komponen yang saling terhubung dan merupakan system penggerak sepeda yang terdiri atas pedal, lengan engkol (crankram), gir depan (chainring), gir belakang (cog), dan tentunya rantai. Gabungan komponen di bagian pedal, yaitu pedal, lengan engkol, dan gir depan. Rantai akan melingkari gir depan dan mengikatnya dengan gir belakang yang terhubung dengan roda belakang. Ketika pedal diinjak, lengan engkol akan mengikutinya, memutar gir depan yang tertempel.kemudian, menarik rantai yang juga otomatis mengajak gir belakang untuk berputar. Karena gir menempel pada roda belakang, berputarlah roda itu dan meluncur.

Teks 3
Sepeda adalah kendaraan beroda dua atau tiga, mempunyai setang, tempat duduk, dan sepasang pengayuh yang digerakkan kaki untuk menjalankannya. Salah satu jenis sepeda yang banyak digunakan hingga tahun 1970-an adalah jenis ontel. Sepeda ontel memiliki ciri posisi duduk tegak, reputasi sangat kuat, dan bermutu tinggi. Rumah rantai tertutup. Dengan gigi yang tidak bisa diubah dan biasanya terdapat dynamo di bagian roda depan untuk menyalakan lampu. Sepeda ontel juga dilengkapi rem drum untuk pengereman. Berbagai merek sepeda ontel dari berbagai Negara beredar di pasar Indonesia. Pada segmen premium,misalnya merek Fongers, Gazelle, dan Sunbeam. Kemudian, pada segmen di bawahnya diisi oleh beberapa merek terkenal seperti Simplex, Burgers, Raleigh, Humber, Rudge, Batavus, Philips, dan NSU.

No.
Identifikasi teks
1
Teks 1
Teks laporan
2
Teks 2
Teks eksplanasi
3
Teks 3
Teks deskripsi

*(Catat materi dimulai dari pengertian teks laporan percobaan sampai sini di buku catatan Bahasa Indonesianya)

Nah, sekarang saatnya kalian mengerjakan latihan mengidentifikasi teks di bawah. Kerjakanlah seperti contoh di atas !
Teks 1
Pembentukan dan pengawetan suatu fosil mensyaratkan bahwa beberapa struktur terbenam dalam keadaan yang akan dapat memperlambat pembusukan. Fosil yang ditemukan biasanya tidak selalu utuh. Hal ini disebabkan oleh beberapa factor seperti aktivitas organisme pengurai, aktivitas geologis kulit bumi, pelapukan oleh cuaca dan air, dan dimakan oleh organisme lain. Fosil yang utuh dan lengkap biasanya terawetkan dalam salju atau karena termineralisasi. Fosil yang berupa jejak dapat merupakan tapak kaki, tangan, dan daun tumbuhan.
Teks 2
Venus adalah planet dalam system tata surya kita. Venus besarnya sama dengan bumi. Venus adalah planet. Warnanya oranye kekuningan dengan beberapa kehitaman. Venus merupakan planet kedua dari matahari antara Merkurius dan Bumi. Venus mengedari Matahari selama 235 hari Bumi. Venus berotasi sekali setiap 244 hari Bumi. Venus sangat tua dan berbatu. Langitnya oranye dengan kilatan cahaya petir.
Teks 3
Ibuku bernama Ilmi. Mukanya selalu bersinar seperti bulan. Mukanya bulat dengan alis tipis seperti semut beriring. Kulit ibuku putih, khas wanita Palembang. Beliau tidaklah tinggi, tidak pula pendek. Rambutnya hitam lurus. Sampai usia 35 tahun kulihat rambutnya masih legam tanpa semir. Pandangan matanya yang kuat kini sudah mulai sayu termakan usia. Namun, mata hatinya tetap kuat bagaikan baja.

No.
Identifikasi teks
1
Teks 1
Teks …………………………………………
2
Teks 2
Teks …………………………………………
3
Teks 3
Teks …………………………………………

1.      Kerjakan tugas dengan jujur dan bertanggung jawab di rumah masing-masing
2.      Kirimkan tugas kalian berupa catatan materi teks laporan percobaan dan lembar jawaban (jangan lupa tulis nama di lembar jawabannya) dalam bentuk JPEG(foto), pdf juga boleh … serta foto kalian sedang mengerjakan tugas tersebut (bisa meminta orang tua atau saudara di rumah untuk fotoin kalian belajar)  melalui whatsapp atau email amrolanibelaras@gmail.com
3.      Paling lambat Bapak tunggu tanggal 09 Agustus 2020.

Cukup sampai di sini dulu pertemuan kita kali ini anak-anak… selamat mengerjakan … dan jangan lupa … untuk tetap stay at home ya …

#CerdasBerkarakter, #BlogBerkarakter, #SeruBelajarKebiasaanBaru, dan #BahagiaBelajardiRumah


\

Post a comment

4 Comments