MATERI DAN TUGAS PIDATO PERSUASIF SISWA KELAS 8 SMPN 4 MANDAH, KAB. INDRAGIRI HILIR, PROV. RIAU (BAGIAN 2)

 



B. MENYIMPULKAN HASIL IDENTIFIKASI PIDATO PERSUASIF

 

            Berikut ini merupakan unsur yang harus diperhatikan untuk mendapatkan simpulan dari pidato persuasif.

1.      Pembukaan

Cara pembukaan yang kuat ada lima unsur,yaitu :

a.      Merebut perhatian, melalui pernyataan yang dramatis atau dengan bantuan visual

b.      Hubungan dengan audiensi. Menunjukkan kesamaan dan empati kepada audiensi

c.       Kelayakan. Tunjukkan bahwa kamu layak berbicara tentang topic sebab pengalaman personal atau professional yang kamu lakukan . lakukan dengan santun dan berdasarkan data.

d.      Tujuan. Jelaskan apa harapanmu setelah pidato selesai.

e.      Peta jalan.katakan kepada audiensi pokok-pokok pikiran pidato.

2.      Isi

Isi pidato sebaiknya berisi pokok pikiran yang disertai alasan meyakinkan untuk mendukung pandanganmu. Susun secara logis, gunakan sumber terpercaya, contoh yang logis, dan dikenal audiens.

3.      Penutup

Cara menutup pidato yang menarik dan mengesankan.

 

Tugas

Tugas kalian adalah membuat laporan mendengarkan pidato di radio, televisi,youtube atau dari sumber lain. Tugas ini bertujuan agar kamu mendapatkan gambaran cara orang berpidato. Tugas ini juga sebagai latihan menangkap isi pidato. Berikut ini adalah contoh menyimpulkan pidato persuasif yang ada pada buku bahasa Indonesia kelas 9 halaman 40-43.

Tema pidato : Lingkungan hidup

Pembicara : Severn Suzuki

Waktu tayang/siar : 1992 (tidak ada catatan tanggal)

Bentuk sapaan yang digunakan : formal (saya, anda, kami, kita)

Bentuk salam yang digunakan : informal

Rangkuman :

Pendahuluan :

Halo, nama saya Severn Suzuki, berbicara mewakili E.C.O-Environmental Children Organization. Kehilangan masa depan tidaklah sama seperti kalah dalam pemilihan umum atau rugi dalam pasar saham. Saya berada di sini untuk berbicara bagi semua generasi yang akan datang.

Isi :

Saya merasa takut untuk berada di bawah sinar matahari karena berlubangnya lapisan OZON. Saya sering memancing di Vancouver bersama ayah saya, hingga beberapa tahun yang lalu kami menemukan bahwa ikan-ikannya penuh dengan kanker. Sekarang kami mendengar bahwa binatang-binatang dan tumbuhan satu per satu mengalami kepunahan tiap harinya-hilang semuanya. Dalam hidup saya memiliki mimpi untuk melihat kumpulan besar binatang liar, hutan rimba, dan hutan tropis yang penuh dengan burung serta kupu-kupu. Namun sekarang saya tidak tahu apakah hal-hal tersebut masih ada untuk dilihat oleh anak saya nanti. Anda tidak tahu bagaimana caranya memperbaiki lubang pada lapisan ozon kita. Anda tidak tahu bagaimana cara mengembalikan ikan-ikan salmon ke sungai asalnya. Anda tidak tahu bagaimana caranya mengembalikan binatang-binatang yang telah punah. Anda tidak dapat mengembalikan hutan-hutan seperti sedia kala di tempatnya sekarang yang hanya berupa padang pasir. Jika anda tidak tahu bagaimana cara memperbaikinya, tolong berhenti merusaknya. 

Penutup :

Ayah saya selalu berkata “Kamu akan selalu dikenang karena perbuatanmu, bukan oleh kata-katamu.” Saya menantang anda.cobalah untuk mewujudkan kata-kata tersebut. Sekian dan terima kasih atas perhatiannya.

 

Tema pidato :

Pembicara :

Waktu tayang/siar :

Bentuk sapaan yang digunakan :

Bentuk salam yang digunakan :

Rangkuman :

Pendahuluan :

 

Isi :

 

Penutup :

 

 

 

1.      Kerjakan tugas dengan jujur dan bertanggung jawab di rumah masing-masing

2.      Kirimkan tugas kalian berupa catatan materi pidato persuasif dan lembar jawaban (jangan lupa tulis nama di lembar jawabannya) dalam bentuk JPEG(foto), pdf juga boleh … serta foto kalian sedang mengerjakan tugas tersebut (bisa meminta orang tua atau saudara di rumah untuk fotoin kalian belajar)  melalui whatsapp atau email amrolanibelaras@gmail.com

3.      Paling lambat Bapak tunggu tanggal 24 Oktober 2020.

 

Cukup sampai di sini dulu pertemuan kita kali ini anak-anak… selamat mengerjakan … dan jangan lupa … untuk tetap stay at home ya …

 

\

Post a comment

0 Comments