MATERI DAN TUGAS TEKS ULASAN SISWA KELAS VIII SMPN 4 MANDAH, KAB. INDRAGIRI HILIR, PROV. RIAU (BAGIAN 1)

 


TEKS ULASAN

 

A.               Pengertian Teks Ulasan

Teks ulasan adalah suatu bentuk tanggapan, pemaparan, dan penilaian suatu karya sebagai informasi dan bahan pertimbangan bagi para pembaca ataupun penikmat sebuah karya. Objek suatu karya yang bisa diulas diantaranya novel/cerpen, film/drama, lagu,lukisan, dan buku ilmu pengetahuan. Tujuan dari teks ulasan diantaranya yaitu :

1.      Menyajikan informasi komprehensif atau menyeluruh mengenai suatu karya

2.      Memengaruhi khalayak masyarakat (penikmat karya)

3.      Memberikan pertimbangan kepada calon penikmat karya

 

B.      Ciri-ciri teks ulasan

Adapun ciri-ciri teks ulasan adalah sebagai berikut :

1.      Mengandung informasi atau identifikasi suatu karya

2.      Membahas latar belakang dan hubungan karya dengan karya lain

3.      Memuat pendapat dan penggambaran umum mengenai isi atau makna suatu karya

4.      Memiliki penilaian mengenai kelebihan dan kekurangan karya

5.      Terdapat opini yang diinterpretasikan dari fakta atau temuan yang diperoleh

 

Perhatikan contoh teks ulasan di bawah ini dengan seksama !

 

Identitas Buku

Judul                            : Atheis

Pengarang                   : Achdiat K.Mihardja

Penerbit                      : Balai Pustaka

Tahun terbit                : 1949 (cetakan pertama)

Tebal halaman                        : 232 halaman

 

            Atheis merupakan salah satu novel terbaik yang memperoleh hadiah tahunan pemerintah RI tahun 1969. R.J. Maguire menerjemahkan novel ini ke bahasa Inggris tahun 1972. Sementara itu, Sjuman Djaya mengangkatnya ke layar perak tahun 1974 dengan judul yang sama.

Novel ini menceritakan perjalanan hidup tokoh Hasan. Dari kecil ia dididik menjadi anak yang saleh. Ia begitu taat beribadah. Begitu juga dengan orang tuanya adalah pemeluk Islam yang fanatic. Orang tua Hasan menyekolahkan di MULO. Di sekolah itu dia bertemu dengan seorang gadis cantik yang bernama Rukmini. Hubungan keduanya semakin akrab. Mereka saling jatuh cinta. Rupanya kisah cinta mereka tidak bisa berlangsung lama. Oleh orang tuanya, Rukmini disuruh kembali ke Jakarta. Ia akan dipinang oleh saudagar kaya. Ia menuruti nasehat orang tuanya dengan menerima pinangan saudagar kaya tersebut meski pernikahan itu tidak disertai rasa cinta.

Kejadian ini membuat hati Hasan hancur. Ia menjadi frustasi. Untuk menghilangkan bayangan Rukmini dalam kehidupannya, ia mengikuti aliran tarekat seperti yang telah lama dianut oleh orang tuanya. Ia semakin taat beribadah. Akan tetapi, kehidupannya berubah ketika dia bertemu teman lamanya, yaitu Rusli. Temannya itu datang dengan seorang wanita cantik bernama Kartini. Ia adalah perempuan modern dan pergaulannya bebas. Ia juga seorang janda. Ternyata sejak perjumpaan itu, Hasan menaruh hati pada Kartini. Alasannya, Kartini memiliki karakter yang hampir sama dengan Rukmini.

Semenjak Hasan mencintai Kartini, dia pun juga bergaul dengan teman-teman Kartini. Hasan mencoba untuk menyadarkan Kartini dan Rusli dengan memberikan cermah-ceramahnya. Akan tetapi, Rusli juga pandai bicara, kemudian dialah yang berbalik memengaruhi Hasan. Tanpa disadari, pemikiran-pemikiran Rusli melekat di kepala Hasan. Mulanya, Hasan tidak terpengaruh. Namun, keyakinannya mulai goyah ketika dia dikenalkan dengan seorang yang tidak percaya tuhan, yaitu Anwar. Pengetahuan Anwar tentang ketuhanan begitu luas.

Sejak saat itulah pemahaman Hasan tentang agama mulai berubah. Ia mulai meragukan keberadaan tuhan. Hasan semakin tersesat dengan agama. Pergaulannya semakin bebas. Ia kemudian menikahi Kartini. Pernikahan mereka atas dasar suka sama suka. Pernikahan mereka ternyata tidak bahagia. Kehidupan rumah tangga mereka berantakan. Pergaulan Kartini semakin bebas. Lama-kelamaan Hasan cemburu karena hubungan Kartini dan Anwar semakin dekat. Hasan menganggap Kartini telah selingkuh.

Kejadian itu telah menyadarkan kembali Hasan tentang agama. Ia menyesal dan merasa berdosa atas apa yang telah diperbuat. Pergaulan bebasnya dengan teman-teman yang tidak percaya tuhan membuatnya tersesat dan ragu dengan keberadaan tuhan.

Hasan memutuskan bercerai dengan Kartini dan ia pun pulang kampong. Ia ingin meminta maaf kepada ayahnya. Sesampainya di kampong, ia menjumpai ayahnya sedang sakit keras. Ternyata ayahnya tidak mau memaafkan Hasan,bahkan sampai maut menjemputnya. Ayah Hasan tetap pada pendiriannya.

Hasan merasa bahwa semua itu terjadi karena perbuatan Anwar. Ia menaruh dendam pada Anwar dan berniat membunuhnya. Pada suatu malam, ia melaksanakan rencana itu. Kemudian,ia mencari Anwar. Karena pada waktu itu situasi sedang tidak aman, diberlakukanlah jam malam. Nahas menimpa Hasan. Belum sempat ia melaksanakan niatnya, ia malah tertembak. Akan tetapi, sebelum meninggal, ia masih sempat mengingat Allah dengan berkali-kali menyebut asma-Nya.

Novel ini banyak memberikan pelajaran kepada pembacanya. Kita harus pandai bergaul dengan orang lain. Jangan sampai salah pergaulan hingga pada akhirnya kita malah tersesat, bahkan sampai mengingkari ajaran agama. Kita harus senantiasa berpegang teguh pada agama dan selalu meyakini keberadaan tuhan.

Nilai morl yang kedua adalah hendaknya kita mau memaafkan kesalahan orang lain yang sudah bertobat. Jangan seperti tokoh ayah Hasan yang tidak mau memaafkan kesalahan anaknya bahkan sampai ajal menjemputnya. Manusia adalah tempat salah dan lupa. Setiap manusia pasti mempunyai kesalahan, tetapi suatu saat juga akan kembali ke jalan yang benar. Jika Tuhan Maha Pengampun, Pengasih, dan Penyayang, mengapa manusia tidak bisa, apalagi demi memaafkan anaknya sendiri. Bahasa novel ini lugas dan mudah dipahami. Sayangnya, novel ini sudah sangat langka sehingga sulit diperoleh.

*(Catat materi dimulai dari pengertian teks eksplanasi sampai sini di buku catatan Bahasa Indonesianya)

 

Nah, saatnya kita melakukan latihan. Silahkan dibaca dengan teliti dan selamat mengerjakan !

 

No.

Pertanyaan

Jawaban

1

Teks ulasan “Atheis” di atas menceritakan tentang apa ? jabarkan secara singkat !

………………………………………………………………….

2

Siapa tokoh utama dalam teks ulasan tersebut ? jelaskan bagaimana watak dari tokoh utama tersebut !

………………………………………………………………….

3

Ditinjau dari struktur da nisi, bagaimana teks ulasan di atas ? berikan tanggapan kalian !

………………………………………………………………….

4

Amana tapa yang bisa diambil dari teks ulasan di atas ?

………………………………………………………………….

5

Tuliskan isi dalam teks ulasan “Atheis” yang menunjukkan tokoh Hasan ingin bertobat !

………………………………………………………………….

 

Adapun prosedur dalam mengerjakan tugas tersebut … ada baiknya kalian membaca terlebih dahulu peraturanya sebagai berikut :

1.      Kerjakan tugas dengan jujur dan bertanggung jawab di rumah masing-masing

2.      Kirimkan tugas kalian berupa catatan materi teks ulasan dan lembar jawaban (jangan lupa tulis nama di lembar jawabannya) dalam bentuk JPEG(foto), pdf juga boleh … serta foto kalian sedang mengerjakan tugas tersebut (bisa meminta orang tua atau saudara di rumah untuk fotoin kalian belajar)  melalui whatsapp atau email amrolanibelaras@gmail.com

3.      Paling lambat Bapak tunggu tanggal 7 Februari 2021.

 

Cukup sampai di sini dulu pertemuan kita kali ini anak-anak… selamat mengerjakan … dan jangan lupa … untuk tetap stay at home ya …

#CerdasBerkarakter, #BlogBerkarakter, #SeruBelajarKebiasaanBaru, dan #BahagiaBelajardiRumah

\

Post a comment

0 Comments