AKU DAN DIKLAT PSP (PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK) BAHASA INDONESIA

Assalamualaikum Wr.Wb

 

Halo way,

Apa kabar ?




Sudah lama rasanya aku tidak menyapa kalian lewat blogku ini. Kali ini aku akan berbagi pengalamanku dalam diklat PSP (Program Sekolah Penggerak). Apakah diantara kalian ada yang sudah tahu dengan Program Sekolah Penggerak ? atau baru tahu sekarang ? jika kalian tahu dengan Program Guru Penggerak bisa berbagi pengetahuan dan pengalaman kalian di kolom komentar ya. Bagi kalian yang belum tahu, jangan khawatir. Aku akan berbagi sedikit ilmu yang telah aku dapatkan dalam diklat yang baru selesai aku ikuti secara virtual selama 10 hari dimulai dari tanggal 25 Mei 2021 sampai 07 Juni 2021. Mau tahu bagaimana keseruan kegiatan diklat kami, langsung aja way … silahkan dibaca.

Sebagai pengantar, aku akan menjelaskan sekilas tentang Program Guru Penggerak. Program Guru Penggerak merupakan program untuk mendorong proses transformasi satuan pendidikan agar dapat meningkatkan capaian hasil belajar peserta didik secara holistic baik dari aspek kompetensi kognitif (literasi dan numerasi) maupun non-kognitif (karakter) untuk mewujudkan profil pelajar pancasila. Tujuan Program Sekolah Penggerak itu sendiri yakni  meningkatkan kompetensi dan karakter yang sesuai dengan profil pelajar pancasila, menjamin pemerataan kualitas pendidikan melalui program peningkatan kapasitas kepala sekolah yang mampu memimpin satuan pendidikan dalam mencapai pembelajaran yang berkualitas, membangun ekosistem pendidikan yang lebih kuat yang berfokus pada peningkatan kualitas, serta menciptakan iklim kolaboratif bagi para pemangku kepentingan di bidang pendidikan baik pada lingkup sekolah, pemerintah daerah, maupun pusat. Nah, sekolahku (SMP Negeri  4 Mandah) menjadi salah satu sekolah yang menjadi Program Sekolah Penggerak. Tidak semua sekolah terpilih untuk ikut andil dalam Program Sekolah Penggerak ini. Oleh karena itu, aku sangat bersyukur bisa ikut dalam program ini.

Pada tanggal 25 Mei 2021, pukul 09.00 wib dilaksanakan pembukaan diklat Program Sekolah Penggerak secara serentak di seluruh Indonesia. Acara pembukaan langsung dibuka oleh Kemdikbud secara virtual melalui aplikasi zoom. Secara singkat, Kemdikbud menjelaskan tentang Program sekolah Penggerak dan manfaatnya. Setelah itu, dilanjutkan dengan kegiatan diklat per mata pelajaran pada pukul 13.00 wib pada masing-masing zona wilayah. Diklat yang aku ikuti adalah diklat Program Sekolah Penggerak pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP di wilayah Riau dan Kepulauan Riau. Setidaknya ada empat kota/kabupaten yang ikut Program PSP Bahasa Indonesia di zona kami yaitu:

Kabupaten Indragiri Hilir

1.       Sri Wahyunita

2.       R. Syahriana

3.       Darmawati

4.       Amro Lani

5.       Lina Febriani

6.       Widia

Kota Batam

1.       Putri Pahlawani

2.       Ria Ristiana Dewi

3.       M. Arif

4.       Jihan

5.       Ramona

6.       Salihah

Kabupaten Siak

1.       Kamelia

2.       Heni Purwati

3.       Syafwilda Ningsih

4.       Rusdiman

5.       Herman

Kota Dumai

1.       Romaisa

2.       Tri Untari

3.       Sureni Purba

4.       Hadiyanto

5.       Hendry

 

Sedangkan instruktur atau fasilitator kami yaitu Ibu Mutia Farina dan admin LMS ibu Diana Maria.

Di hari pertama diklat, dimulai dengan orientasi pelatihan. perkenalan antara instruktur dan para anggota peserta diklat PSP Bahasa Indonesia dan juga dilakukan tes awal untuk mengukur pengetahuan kami mengenai Program Sekolah Penggerak sebelum dimulainya diklat. Lalu, membuat kesepakatan jadwal piket untuk diklat di hari berikutnya agar kegiatan diklat bisa berjalan secara runtun, teratur, dan baik. Kemudian, dijelaskan juga bahwa kegiatan diklat ini berlangsung selama 10 hari dengan 2 kegiatan utama yaitu kegiatan sinkronous dan kegiatan asinkronous. Ada banyak materi yang kami dapatkan selama 10 hari kami diklat diantaranya pengenalan platform belajar berupa LMS (Learning Managament System), Pendidikan yang Memerdekakan, Kerangka Kurikulum, Capaian Pembelajaran, Alur Tujuan Pembelajaran, Modul Ajar, Kurikulum Operasional di Satuan Pendidikan, dan Literasi Digital. Kegiatan terakhir diklat ini dilaksanakan tes pengetahuan akhir tentang Program Sekolah Penggerak yang telah kami dapatkan dari diklat yang kami ikuti.

Selesai kegiatan tes akhir, maka selesai sudah kegiatan diklat PSP yang kami laksanakan. Sebagai fasilitator, Ibu Mutia Farina meminta kami untuk memberikan kesan dan pesan mengenai diklat yang telah kami lakukan. Secara pribadi, aku sangat bahagia dan bersyukur karena bisa mengikuti kegiatan diklat PSP ini karena tidak semua guru bisa ikut dalam kegiatan ini. Banyak sekali ilmu pengetahuan yang aku dapatkan selama mengikuti kegiatan diklat ini. Selain itu, aku juga mendapatkan teman-teman guru dari kota/kabupaten lain selain dari kabupaten Indragiri Hilir. Terkhususnya, untuk Ibu Mutia Farina, terima kasih atas kesabaran dan semangatnya dalam membimbing kami selama diklat. Terima kasih akan ilmu-ilmu bermanfaat yang telah diberikan kepada kami. Semoga, tali silaturahmi kita tidak terputus di sini. Jika sekarang kita hanya bisa bertatap muka secara virtual, semoga ke depannya kita bisa dipertemukan lagi dalam dunia nyata. Harapannya nanti ada diklat non virtual agar kita bisa berkumpul bersama. Hhheee …

Sampai di sini dulu tulisanku kali ini, sampai jumpa lain waktu. Da…da … da ….

 

 

Belaras, 08 Juni 2021


                         Instruktur Diklat PSP Bahasa Indonesia Ibu Mutia Farina (Cantik kan )


                                Keceriaan kami dalam kegiatan diklat PSP Bahasa Indonesia





                                                                       Sarangheyo ....



 

\

Post a Comment

0 Comments