MATERI DAN TUGAS IKLAN, SLOGAN, DAN POSTER SISWA KELAS 8 SMPN 4 MANDAH, KAB. INDRAGIRI HILIR, PROV. RIAU (BAGIAN 3)

 



C. MENELAAH POLA, STRUKTUR, DAN KAIDAH KEBAHASAAN IKLAN

 

1.      Pola-pola penyajian iklan

Iklan dapat kamu temukan dalam berbagai tempat dan sepanjang waktu. Iklan mungkin disajikan secara tertulis,misalnya melalui surat kabar, majalah, internet, ataupun media-media lain. Sementara itu, poster dapat ditemukan dalam bentuk pajangan di tempat-tempat umum.

            Dalam penyajian secara lisan,iklan dapat kamu simak melalui radio dan televisi.khususnya iklan di televise ataupun dalam laman-laman internet, iklan merupakan gabungan teks lisan, tertulis, dan gerak. Bentuk-bentuk iklan tersebut tentu saja memiliki karakteristik masing-masing dalam pola penyajiannya.

            Iklan berdasarkan medianya terbagi menjadi :

a.      Iklan media cetak

Iklan dimedia cetak mengandalkan desain grafis, seperti warna dan bentuk huruf, tata letak serta gambar-gambar. Iklan di media cetak terbagi menjadi beberapa macam berdasarkan keluasan ruang atau space-nya.

1.      Iklan baris adalah iklan yang pemasangannya berupa baris-baris. Teks yang disajikannya sangat terbatas. Tidak ada gambar ataupun ilustrasi-ilustrasi dalam iklan ini. Teks pun banyak yang mengalami penyingkatan. Iklan baris pada umumnya dimanfaatkan oleh perorangan dan perusahaan-perusahaan kecil.

Contoh :

-          JUAL RMH SEMI VILLA LS 174 BT 4 BH KOLAM, AIR BAGUS, CCK UNTUK PERISTIRAHATAN HUB. 3283799 (TP)

2.      Iklan kolom adalah iklan pemasangannya dalam media berupa kolom-kolom. Oleh karena itu, bentuknya besar. Di samping menggunakan teks, iklan ini sering pula menyertakan gambar dan berbagai ilustrasi menarik lainnya.

 

b.      Iklan elektronik

Iklan elektronik merupakan iklan berbasis perangkat elektronik yang mencakup beberapa unsur sebagai berikut :

1)      Iklan radio, iklan ini mengandalkan efek suara, baik itu berupa tuturan, music, maupun bunyi-bunyi.

2)      Iklan televisi, iklan ini mengandung unsur suara, gambar, dan gerak

3)      Iklan film, iklan film yang tersaji dalam judul film (produk sinema).iklan film biasanya muncul sebelum film utama di putar.

 

Berdasarkan isinya, iklan terbagi menjadi 3 jenis, yaitu :

A.     Iklan pemberitahuan

iklan ini lebih terfokus pada kepentingan untuk memberitahu khalayak mengenai suatu hal, baik itu yang berupa peristiwa, keadaan, atau hal lainnya.

Contoh :

Diberitahukan kepada masyarakat bahwa per tanggal 31 Juli 2019 PT. Maju Mundur yang berada di jalan damai no. 01 Rt. 01 Kabupaten Indragiri Hilir telah dibubarkan.

b.      Iklan layanan masyarakat

Iklan ini bertujuan memberikan penerangan atau penjelasan kepada masyarakat. Contohnya, iklan keluarga berencana dan iklan bahaya narkoba. Pengguna iklan ini umumnya pemerintah dan lembaga swadaya masyarakat (LSM).

c.       Iklan penawaran

Iklan ini bertujuan untuk menawarkan produk atau jasa.iklan penawaran jasa disebut juga dengan iklan niaga dan iklan lowongan kerja.

 

Nah,tugas kalian adalah membuat sebuah kliping yang berisi iklan, slogan, maupun poster. Kalian bisa cari iklan, slogan, dan poster di buku, Koran, internet. Kemudian kalian gunting atau tempel serta tulis di dalam kliping kalian.

Tugas ini adalah tugas kelompok. Kalian kerjakan bersama-sama dengan anggota kelompoknya. Berikut adalah pembagian kelompoknya :

Kelompok 1

Kelompok 2

Kelompok 3

Kelompok 4

RIZKI ALPIANSYAH

DWI AGUSTINA PUTRI

HERLIN ANGGARA DUMADI

SALSABILA KURNIA PUTRI

FAREL ANDIKA

GESTIA SITI AISYAH

 

 

 

 

 

 

 

GITA ANJANI

HARAZI

HENDRA GUNAWAN

NIA AGUSTINA

WIDYAN

MAI

 

 

KALVIN JUNIOR

M.RESTU KURNIAWAN

SY.TETEH

GUNAWAN

YOPI TRIANISA

 

 

 

DAHLIA

REPA

WILSA

ZOGI IRWANSYAH

ELO OCTIANO

RAHMAT DANIL

 

 

 

 

Adapun prosedur dalam mengerjakan tugas tersebut … ada baiknya kalian membaca terlebih dahulu peraturanya sebagai berikut :

1.      Kerjakan tugas dengan jujur dan bertanggung jawab di rumah masing-masing

2.      Kirimkan tugas kalian berupa catatan materi iklan dan kliping (jangan lupa tulis nama) dalam bentuk JPEG(foto), pdf juga boleh … serta foto kalian sedang mengerjakan tugas tersebut (bisa meminta orang tua atau saudara di rumah untuk fotoin kalian belajar)  melalui whatsapp atau email amrolanibelaras@gmail.com

3.      Paling lambat Bapak tunggu tanggal 31 Oktober 2020.

 

Cukup sampai di sini dulu pertemuan kita kali ini anak-anak… selamat mengerjakan … dan jangan lupa … untuk tetap stay at home ya …

#CerdasBerkarakter, #BlogBerkarakter, #SeruBelajarKebiasaanBaru, dan #BahagiaBelajardiRumah

\

Post a comment

0 Comments