MATERI DAN TUGAS FABEL SISWA KELAS VII SMPN 4 MANDAH, KAB. INDRAGIRI HILIR, PROV. RIAU (BAGIAN 1)

 


CERITA FABEL

A.     Pengertian Fabel

Fabel merupakan cerita tentang kehidupan binatang yang berperilaku seperti manusia. Fabel termasuk jenis cerita fiksi, bukan kisah tentang kehidupan nyata. Fabel sering juga disebut cerita moral karena pesan yang ada di dalam cerita fabel berkaitan erat dengan moral. Teks cerita fabel tidak hanya mengisahkan kehidupan binatang, tetapi juga mengisahkan kehidupan manusia dengan segala karakternya. Binatang-binatang yang ada pada cerita fabel memiliki karakter seperti manusia. Karakter mereka ada yang baik dan ada yang juga yang tidak baik. Mereka mempunyai sifat jujur, sopan, pintar, dan senang bersahabat, serta melakukan perbuatan terpuji. Mereka juga ada yang berkarakter licik, culas, sombong, suka menipu, dan ingin menang sendiri.

Ciri umum cerita fabel

1.      Fabel mengambil tokoh para binatang

2.      Watak tokoh para binatang digambarkan ada yang baik dan ada yang buruk (seperti watak manusia)

3.      Tokoh para binatang bisa berbicara seperti manusia

4.      Cerita memiliki rangkaian peristiwa yang menunjukkan kejadian sebab-akibat. Rangkaian sebab-akibat diurutkan dari awal sampai akhir.

5.      Fabel menggunakan latar alam (hutan, sungai, kolam,dll)

6.      Ciri bahasa yang digunakan berupa kalimat naratif/peristiwa, kalimat langsung yang berupa dialog para tokoh, dan menggunakan kata sehari-hari dalam situasi tidak formal (bahasa percakapan).

Unsur-unsur cerita fantasi :

1.      Tema

2.      Latar,terbagi menjadi 3 yaitu :

-          Latar waktu (pukul 8 pagi, siang hari, malam hari)

-          Latar tempat ( di rumah, di hutan, di sungai, dll)

-          Latar suasana (suasana bahagia, sedih, menakutkan, dll)

3.      Alur, terbagi menjadi 3 yaitu :

-          Alur maju (menceritakan masa yang akan datang)

-          Alur mundur (menceritakan masa lalu)

-          Alur campuran

4.      Tokoh dan penokohan

Tokoh terbagi menjadi :

-          Tokoh utama

-          Tokoh pendukung

-          Figuran

Penokohan terbagi menjadi :

-          Protagonis (tokoh yang berwatak baik)

-           Antagonis (tokoh yang berwatak jahat)

-          Tritagonis (tokoh netral,bisa baik dan juga jahat)

5.      Amanat (pesan atau nasihat yang ingin disampaikan dalam cerita fantasi)

 

Contoh cerita fabel :

BELALANG SEMBAH

 

Suatu hari, di sebuah kebun anggur, tinggalah sebuah keluarga semut dengan anggota jumlahnya yang sangat banyak. Semut ini membuat membuat sarangnya dari daun-daun lalu mereka temple menggunakan cairan seperti lem yang mereka keluarkan dari mulutnya. Para semut melihat bahwa musim gugur akan segera berlalu dan akan segera datang musim dingin yang cukup panjang. Ketika musim dingin makanan akan sangat sulit untuk didapatkan, maka para semut itu segera mencari berbagai macam makanan untuk mereka kumpulkan sebagai bahan persediaan ketika musim dingin telah tiba.

Berbeda halnya dengan seekor belalang sembah, belalang sembah memiliki mata yang besar dan tangan yang panjang. Mereka sering hidup di pohon-pohon seperti halnya para semut. Ketika musim dingin akan tiba, belalang sembah hanya berlatih menari. Setiap hari belalang sembah itu hanya berlatih menari. Namun, sang belalang lupa bahwa dia harus mengumpulkan makanan untuk persiapannya menghadapi musim dingin. Suatu hari sang belalang sembah menari di dekat sarang semut. Dia menari dengan sangat anggun. Gerakan tangan dan badannya yang pelan dan lembut membuat tariannya terlihat sangat mengagumkan. Para semut melihat sang belalang sembah menari, namun mereka tidak menghiraukan tarian indahnya itu karena mereka memiliki tugas yang sangat penting.

Sang belalang yang sedang menari melihat para semut berjalan dengan membawa makanan untuk dibawa ke sarangnya. Sang belalang sembah heran dengan apa yang dilakukan semut. Lalu dia bertanya kepada salah satu semut tentara yang sedang berjaga di dekat para semut pekerja, “Kenapa kalian membawa makanan yang sangat banyak itu masuk ke sarang kalian ?” sang semut menjawab “Kami melakukannya agar kami tidak kelaparan saat musim dingin tiba. “Lalu sang belalang kaget “Musim dingin ?” kata sang belalang sembah dengan kagetnya, Kan masih lama,lebih baik kita bersenang-senang saja dulu”, kata sang belalang. Semut tak menghiraukan belalang. Semut tetap tekun mengumpulkan makanan.

Musim dingin tiba. Belalang belum sempat mengumpulkan makanan karena sibuk menari. Belalang kelaparan dan lari ke rumah semut. Ia meminta makanan kepada semut. Semut awalnya tidak mau memberikan makanannya karena takut kehabisan. Akan tetapi, melihat belalang lemas kelaparan, semut tidak tega dan memberikan makanannya kepada belalang. Belalang pun kembali bugar dan dia berjanji untuk dapat mengelola waktu dengan baik sehingga tidak berakibat buruk.

Masa depan adalah milik setiap orang. Maka setiap orang perlu menyiapkan masa depannya dengan berusaha. Bukan hanya menikmati kesenangan di masa sekarang tanpa memikirkan masa depan.

 

Tugas :

a.      Daftarlah rangkaian peristiwa yang terdapat pada cerita fabel di atas !

Cerita Fabel Belalang Sembah

Rincian peristiwa

Peristiwa 1

Semut pergi ke gua-gua untuk mengumpulkan makanan

Peristiwa 2

…………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………….

Peristiwa 3

…………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………….

Peristiwa 4

…………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………….

 

b.      Daftarlah tokoh yang terdapat pada cerita fabel !

Cerita Fabel Belalang Sembah

Nama tokoh

Tokoh 1

Belalang sembah

Tokoh 2

…………………………………………………………………………………….

Tokoh 3

…………………………………………………………………………………….

Tokoh 4

……………………………………………………………………………………

 

 

Adapun prosedur dalam mengerjakan tugas tersebut … ada baiknya kalian membaca terlebih dahulu peraturanya sebagai berikut :

1.      Kerjakan tugas dengan jujur dan bertanggung jawab di rumah masing-masing

2.      Kirimkan tugas kalian berupa catatan materi cerita fabel dan lembar jawaban (jangan lupa tulis nama di lembar jawabannya) dalam bentuk JPEG(foto), pdf juga boleh … serta foto kalian sedang mengerjakan tugas tersebut (bisa meminta orang tua atau saudara di rumah untuk fotoin kalian belajar)  melalui whatsapp atau email amrolanibelaras@gmail.com

3.      Paling lambat Bapak tunggu tanggal 7 Februari 2021.

 

Cukup sampai di sini dulu pertemuan kita kali ini anak-anak… selamat mengerjakan … dan jangan lupa … untuk tetap stay at home ya …

 

\

Post a Comment

0 Comments