MATERI DAN TUGAS PIDATO PERSUASIF SISWA KELAS 9 SMPN 4 MANDAH, KAB. INDRAGIRI HILIR, PROV. RIAU (BAGIAN 3)

 



C. MENUANGKAN GAGASAN, PIKIRAN, ARAHAN, ATAU PESAN DALAM PIDATO PERSUASIF

 

Cara menuangkan gagasan dalam pidato persuasif :

Buatlah kerangka pikiran utama. Jika sudah menentukan pendekatan yang tepat, tentukan hal-hal utama yang harus disampaikan dalam pidatomu. Jumlah hal penting atau utama yang kamu buat untuk meyakinkan audiensi akan menentukan berapa lama harus berpidato. Tiga hingga empat pikiran utama cukup untuk tidak terlalu lama atau terlalu singkat.

Sebagai contoh, dalam pidato tentang daur ulang, pikiran utama pidatomu kemungkinannya, yaitu, (1) daur ulang menghemat sumber daya alam, (2) daur ulang mengurangi jumlah sampah, dan (3) daur ulang itu murah.

Struktur isi pidato persuasif

Struktur isi pidato persuasif terbagi menjadi 3 bagian, yaitu :

1.      Pernyataan posisi

2.      Tahap argument

3.      Penguatan pernyataan posisi

 

1.      Pernyataan posisi

Pernyataan posisi merupakan pendapat atau pendirian yang diambil penulis terhadap suatu persoalan, misalnya apakah posisimu terhadap persoalan remaja dan bela Negara. Dalam eksposisi tulis, kamu sebaiknya melihat persoalan actual di masyarakat dan dianjurkan menulis sesuatu untuk mengekpresikan dukungan atau kepedulian.

2.      Tahap argument

Argument perlu dikembangkan dan didukung secara logis, dibuktikan dengan alas an, contoh-contoh,bukti pakar, dan informasi statistic. Agar argument efektif dan meyakinkan kita harus menyertakan fakta pendukung,contoh, tabel, gambar, dan kutipan. Penggunaan istilah yang kurang jelas maknanya sebaiknya dihindari. Urutan argument tergantung penulis, mulai dari argument paling kuat atau mulai dari yang lebih lemah hingga ke yang paling kuat.

Setiap pengembangan pikiran atau argument berisi sejumlah kalimat. Setiap paragraph disusun dengan kalimat topic yang berkaitan dengan gagasan utama paragraf sebelumnya. Hampir semua paragraph memiliki satu gagasan utama yang dikembangkan dan membentuk bagian dari teks eksposisi keseluruhan.

3.      Penguatan pernyataan posisi

Di bagian ini letak argument ditonjolkan. Simpulan posisi berdasarkan argument yang telah disajikan memperkuat pernyataan posisi. Berikut yang harus diperhatikan dalam memperkuat posisi :

a.      Memperkuat pernyataan posisi dan menekankan pikiran utama dengan penggunaan suara berbeda, nada, tinggi-rendah,mimic,bahasa tubuh, dan gestur.

b.      Argument sebaiknya dikembangkan secara logis dan didukung oleh bukti-bukti. Tidak bisa hanya sekedar berdasarkan emosi dan intuisi.

c.       Tabel, diagram, foto, dan gambar dapat digunakan dengan dampak hebat dalam eksposisi lisan dan tulis. Penyajian dengan menggunakan powerpoint sangat membantu.

 

Tugas untuk kalian adalah menulis sebuah pidato persuasif dengan memperhatian struktur pidato. Tema pidato dapat dipilih dari daftar berikut :

1.      Lingkungan hidup

2.      Pendidikan

3.      Agama

4.      Bela Negara

5.      Kehidupan

6.      Virus corona (covid 19)

7.      Kesehatan

 

1.      Kerjakan tugas dengan jujur dan bertanggung jawab di rumah masing-masing

2.      Kirimkan tugas kalian berupa catatan materi pidato persuasif dan lembar jawaban (jangan lupa tulis nama di lembar jawabannya) dalam bentuk JPEG(foto), pdf juga boleh … serta foto kalian sedang mengerjakan tugas tersebut (bisa meminta orang tua atau saudara di rumah untuk fotoin kalian belajar)  melalui whatsapp atau email amrolanibelaras@gmail.com

3.      Paling lambat Bapak tunggu tanggal 31 Oktober 2020.

 

Cukup sampai di sini dulu pertemuan kita kali ini anak-anak… selamat mengerjakan … dan jangan lupa … untuk tetap stay at home ya …

 

\

Post a comment

0 Comments