Lokakarya 7 dan Panen Hasil Belajar Program Guru Penggerak Angkatan 5, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau

 

Lokakarya 7 dan Panen Hasil Belajar Program Guru Penggerak Angkatan 5, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau

 


UBI KELADI UBI TALAS

TIDAK LUPA UBI JALAR

SEMUA LOKAKARYA SUDAH TUNTAS

BEGITU PUN DENGAN PANEN BELAJAR

Alhamdulilah, kami Calon Guru Penggerak Angkatan 5 dari Kabupaten Indragiri Hilir telah melaksanakan lokakarya 7 dan panen hasil belajar. Itu artinya, kami sudah selesai melaksanakan program guru penggerak ini. Saya tidak henti-hentinya berdoa karena bisa mengikuti program ini sampai selesai. Begitu banyak halangan dan rintangan yang kulalui namun pada akhirnya semua itu terbayarkan dengan selesainya kegiatan panen hasil belajar. Inilah cerita saya selama mengikuti lokakarya 7 dan panen hasil belajar. Selamat membaca !

Lokakarya 7 dilaksanakan pada tanggal 17 Desember 2022 di SMK Negeri 01 Tembilahan. Kegiatan ini seperti biasa diikuti oleh  75 CGP (Calon Guru Penggerak), 15 PP (Pengajar Praktik) dan perwakilan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Indragiri Hilir serta dihadiri juga oleh Tim Balai Guru Penggerak (BGP) Provinsi Riau. Kegiatan lokakarya dimulai pada pukul 08.00 wib dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Guru Penggerak. serta doa. Kemudian, dilanjutkan dengan kata sambutan dari Balai Guru Penggerak Provinsi Riau dan Dinas Pendidikan Kabupaten Indragiri Hilir. Di akhir acara penutupan, PP mengumumkan pembagian kelas dan kelompok yang akan bergabung. Kali ini, kelompok kami bergabung dengan kelompok yang memiliki fasilitator yang sama dengan Ibu Riska Novalia yaitu Pengajar Praktik Ibu Julaidah dan Bapak Abu Nawas. Lalu, kami masuk ke kelas yang telah dibagi untuk memulai kegiatan lokakarya.

Kegiatan pembukaan dimulai dengan acara perkenalan dan ice breaking. Setelah itu, pengajar praktik menjelaskan tujuan lokakarya kali ini yaitu tentang keberlanjutan pengembangan diri dan sekolah serta refleksi dan berbagi praktik baik sesama calon guru penggerak. Dalam kegiatan ini, kami memaparkan program-program yang telah kami buat untuk berbagi praktik baik dengan calon guru penggerak lainnya. Ibu Nurhasanah berbagi praktik baik tentang LIPOBA (Literasi Pojok Baca), Ibu Hersaputri berbagi praktik baik tentang KEMBARA (1 Hari Belajar di Luar Kelas), dan Ibu Annisa Vitri berbagi praktik baik tentang Metode IQRA.

Tidak terasa, kegiatan lokakarya pun selesai. Saya sangat bersyukur, kegiatan berjalan dengan lancar dan sangat menyenangkan. Ucapan terima kasih saya berikan kepada para Pengajar Praktik, Bapak Aripin, Bapak Abu Nawas, dan Ibu Julaidah akan ilmu-ilmu bermanfaat yang telah diberikan kepada kami. Setelah itu, kami pulang untuk mempersiapkan kegiatan yang kami tunggu-tunggu yaitu panen hasil belajar.

Panen hasil belajar di laksanakan pada tanggal 18 Desember 2022 di gedung Puri Cendana Kota Tembilahan. Dalam acara panen hasil belajar, kami telah dibagi tempat stan untuk memperkenalkan, menunjukkan, dan berbagi praktik baik selama kami mengikuti program guru penggerak. Setiap kelompok, sibuk mendekorasi dan menyusun produk-produk hasil belajar mereka selama mengikuti program guru penggerak, tidak terkecuali kelompok kami. Untuk kelompok kami sendiri, kami membuat sebuah buku tentang perjalanan kami selama mengikuti program guru penggerak yang kami beri judul yaitu KIBAS CGP. Buku tersebut memuat semua hasil belajar kami di LMS pada modul 1 sampai dengan modul 3. Selain itu, untuk produk masing-masing individu, ada yang membuat alat peraga tentang rantai makanan yang terbuat dari kardus bekas, membawa kerajinan tangan seperti lekar (anyaman dari daun nipah untuk alas alat-alat dapur), cocopit (media tanam yang terbuat dari serbuk kulit kelapa), dan lain sebagainya. Alhamdulilah, berkat kolaborasi yang luar biasa, pukul 23.58 wib, kami baru selesai. Akhirnya kami bisa membuat stan yang indah dan bermakna. Kemudian, kami beranjak pulang untuk istirahat agar badan tetap sehat untuk mengikuti kegiatan panen hasil belajar besok.

Keesokan harinya, acara panen hasil belajar pun dimulai. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Bupati Kabupaten Indragiri Hilir, Bapak Drs.H Muhammad Wardan, MP, Kepala Balai Guru Penggerak Riau yaitu Ibu Reisky Bestary, S.Pd.,M.Pd, Kepala Dinas Pendidikan, Bapak Dr.Ir. HM Irwan, MM, M.Si, Bunda PAUD Kabupaten Indragiri Hilir yaitu Hj. Zulaikhah Wardan, Ketua PGRI Kabupaten Indragiri Hilir, Bapak H. Faturrahman, dan tamu undangan lainnya.

Acara dimulai pada pukul 09.00 WIB dimulai dengan pembukaan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan tari sambutan. Kemudian, dilanjutkan dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Quran dan juga doa. Lalu, kami (75 CGP dan 15 PP) tampil di atas panggung untuk menunjukkan keterampilan kami dalam menyanyi lagu MARS GURU PENGGERAK dan LAGU PROFIL PELAJAR PANCASILA. Setelah itu, kata sambutan dari Bapak Bupati, Kepala BGP Riau, dan Juga Kepala DInas Kabupaten Indragiri Hilir. Dalam penyampaiannya, Bapak Bupati mengucapkan selamat kepada 75 CGP yang baru selesai menempuh pendidikan program guru penggerak dan sangat mengapresiasi program ini dengan dibuktikan penghargaan yang telah diraih oleh beliau pada kategori dukungan maksimal pmerintah daerah dalam mendukung kebijakan Kmendikbud pada penganggaran pendidikan dan penyelenggaraan program guru penggerak di Kabupaten Indragiri Hilir.

Usai kata sambutan, maka selesai sudah acara panen hasil belajar. Setelah itu, Bapak Bupati dan jajarannya, Kepala BGP RIAU, dan juga tamu undangan lainnya berkeliling ke masing-masing STAN untuk melihat dan bertanya jawab tentang produk yang dipamerkan. Pada pukul13.00 WIB, kegiatan ini pun berakhir. Alhamdulilah …

 

Belaras, 20 Desember 2022

 

#GuruPenggerak

#Bergerak

#Tergerak

#Menggerakkan

















\

Post a Comment

0 Comments