KOMITMEN MUTU LATSAR CPNS ANGKATAN 33, KABUPATEN INDRAGIRI HILIR, PPSDM KEMENDAGRI REGIONAL BUKITINGGI 2019


KOMITMEN MUTU LATSAR  CPNS ANGKATAN 33, KABUPATEN INDRAGIRI HILIR, PPSDM KEMENDAGRI REGIONAL BUKITINGGI 2019


PANCA PRASETYA KORPS PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA

KAMI ANGGOTA KORPS PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA, ADALAH INSAN YANG BERIMAN DAN BERTAKWA KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA, BERJANJI :
1.    SETIA DAN TAAT KEPADA NEGARA KESATUAN DAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA YANG BERDASARKAN PANCASILA DAN UNDANG-UNDANG DASAR 1945.
2.    MENJUNJUNG TINGGI KEHORMATAN BANGSA DAN NEGARA SERTA MEMEGANG TEGUH RAHASIA JABATAN DAN RAHASIA NEGARA.
3.    MENGUTAMAKAN KEPENTINGAN NEGARA DAN MASYARAKAT DI ATAS KEPENTINGAN PRIBADI DAN GOLONGAN.
4.    MEMELIHARA PERSATUAN DAN KESATUAN BANGSA SERTA KESETIAKAWANAN KORPS PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA.
5.    MENEGAKKAN KEJUJURAN, KEADILAN DAN DISIPLIN SERTA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN DAN PROFESIONALISME


Way ... Teks di atas ... bisa dikatakan sebuah komitmen para ASN kepada negara dalam menjalankan tugasnya. Teks tersebut sangat sesuai dengan materi komitmen mutu yang kami dapatkan di kelas dari Bapak Retwando, S.KOMP, M.Si. Sebenarnya latar belakang beliau bukanlah seorang tenaga pendidik way ... tetapi ia terpanggil jiwanya untuk mengajar, berbagi ilmu yang ia miliki dengan orang lain. Bagaimana way ... mau tahu tentang komitmen mutu ... read please way ...
          Komitmen mutu itu way ... merupakan janji, tekad dalam diri sendiri untuk menjadi pribadi yang berkualitas dan mencapai hasil yang diharapkan. Di dalam komitmen mutu ini tidak akan terlepas dari yang namanya efektivitas, efesiensi, inovasi, dan mutu. Terkadang ya way ... kita sering mendengar kata itu ... tapi sulit untuk memaknainya ... bahkan sering tertukar pengertiannya. Seperti kata efektivitas dan efesiensi ... dua kata ini sering kita dengar secara bersamaan ... karena mereka memiliki hubungan yang erat. Seperti hubunganku sama kamu ... yang tak bisa terpisahkan oleh waktu ... aseek ... halu  lagi ... wkwk ...
Efektivitas adalah ketercapaian target yang telah direncanakan, baik dilihat dari capaian jumlah maupun mutu hasil kerja sehingga dapat memberi kepuasan. Sedangkan efisiensi yaitu tingkat ketepatan realisasi penggunaan sumber daya dan bagaimana pekerjaan dilaksanakan sehingga tidak terjadi pemborosan sumber daya, penyalahgunaan alokasi, penyimpangan prosedur, dan mekanisme yang keluar alur. Paham kah way ... atau masih bingung ... yaudah ... kita ambil singkatnya aja way ... efektif itu bagaimana cara kita mencapai tujuan secepat mungkin dan efisien bagaimana kita memanfaatkan sumber daya yang ada, bisa berupa waktu, biaya, tenaga, dan sebagainya. Lalu way ... karakteristik ideal dari tindakan yang efektif dan efisien antara lain penghematan, ketercapaian target secara tepat sesuai dengan yang direncanakan, pekerjaan dapat diselesaikan dengan cepat dan tepat, serta terciptanya kepuasan semua pihak ... baik dari pimpinan, pelanggan, masyarakat, dan pengawas itu sendiri.
          Sekarang kita lanjut membahas tentang inovasi way. Inovasi merupakan proses dan/atau hasil pengembangan pemanfaatan/mobilisasi pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman untuk menciptakan atau memperbaiki produk (barang dan jasa), proses, sistem yang baru, yang memberikan nilai yang berarti secara signifikan. Inovasi lahir dari imajinasi pemikiran orang-orang kreatif yang dilatarbelakangi oleh semangat belajar yang tidak pernah pudar, yang dijalani dalam proses pembelajaran secara berkelanjutan. Inovasi ini bisa muncul karena dua faktor way ... 1) faktor internal yaitu dorongan dari dalam untuk melakukan perubahan. 2) faktor eksternal yaitu karena adanya desakan dari luar, misalnya permintaan pasar. Inovasi itu sendiri ada yang bersifat sederhana dan ada juga yang rumit. Inovasi sederhana adalah inovasi yang dapat dilakukan sendiri tanpa harus melibatkan orang lain/instansi lain. Sedangkan inovasi rumit yaitu inovasi yang dapat dilakukan dengan melibatkan orang lain/instansi lain. Berikut ini ... aku akan memberikan beberapa contoh inovasi dalam beberapa bidang kehidupan ... Di bidang perdagangan way... inovasi yang pernah ada yaitu dari pasar tradisional kemudian berinovasi ke bentuk mall dan terakhir adanya belanja online sehingga sekarang kalau mau transaksi jual beli barang tak perlu lagi bertatap muka seperti di pasar tradisional ... namun bisa dilakukan dari rumah. Kemudian, inovasi dalam bidang pendidikan ... dahulu guru menggunakan papan tulis untuk mencatat materi ... kini mulai berinovasi menggunakan infocus agar guru tidak lelah menulis materi sehingga bisa menghemat waktu dan lebih efektif.
          Bagian terakhirnya ialah mengenai mutu. Mutu mencerminkan nilai keunggulan produk/jasa diberikan kepada pelanggan sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya, dan bahkan melampaui harapannya. Mutu merupakan salah satu standar yang menjadi dasar untuk mengukur capaian hasil kerja. Mutu juga dapat dijadikan sebagai alat pembeda atau pembanding dengan produk/jasa sejenis lainnya. Di dalam dunia pemerintahan ... keberhasilan intitusi pemerintah dalam memberikan layanan kepada masyarakat akan sangat bergantung pada mutu sumberdaya manusia serta bagaimana potensi mereka diberdayakan pimpinannya. Pencapaian target mutu kinerja pegawai seringkali mengalami fluktuasi atau naik-turun. Ketika terjadi penurunan mutu kinerja pegawai, kewajiban pemimpin untuk mengingatkan dan menyemangati mereka. Sebaliknya, untuk merespon mutu kinerja yang tinggi ... maka pemimpin berkewajiban untuk menetapkan hadiah yang dapat memotivasi pegawai untuk terus berprestasi.
          Nah way ... di tengah kegiatan mengajar ... kami diajak untuk berdiskusi dan bermain. Tugas diskusinya yaitu kami disuruh membuat sebuah inovasi dari hal-hal yang tidak efektif dan efesien , khususnya di dalam lingkungan sekolah. setiap kelompok mengambil masalah yang berbeda-beda. Untuk mengetahui hasil dari masing-masing kelompok ... bisa kalian lihat pada foto di bawah nanti ya way. Kemudian ... beliau mengajak kami bermain sebuah kuis melalui aplikasi quizizz melalui hp android masing-masing. Setelah membuat akun masing-masing lalu kami masuk ke dalam permainan bergabung dengan teman-teman satu kelas. Tata cara dan ketentuan permainannya adalah kami menjawab pertanyaan yang ada pada kuis tersebut dengan cepat ... pemenangnya nanti adalah dia yang mendapatkan nilai yang paling tinggi.
Hasil dari permainan tadi ... ditetapkan pemenangnya adalah Pak Made. Namun way ... ternyata menurut pengakuan Pak Made in ... bahwasanya dia merasa kurang pantas untuk menyabet gelar ini karena sebelumnya dia sudah menjawab terlebih dahulu sehingga pemenang dialihkan kepada Ibu Anjeli Nehi ... tehepuk tangan untuk integritas Pak Made in ... berani jujur pada diri sendiri. Bagi para pemenang ini ... akan mendapatkan hadiah yang istimewa dari Pak Ando ... yaitu disuruh maju ke depan untuk menyanyikan sebuah lagu ... yang pada akhirnya ... membuat yang lainnya merasa bersyukur kalah dalam permainan ini ... apalagi bagi mereka yang suaranya mukasuri ... musik ke kanan suara ke kiri ... wkwkwk ... selanjutnya ... di bagian penutup pelajaran ... beliau memberikan tugas kepada kami untuk membuat sebuah video secara berkelompok yang menunjukkan sebuah inovasi di dalamnya. Penasaran kan ... bagaimana akting kami di dalam video tersebut ... sabar ya way ... nanti diberitahu kapan rilisnya ... hhhee ...
          Itulah tadi way ... kegiatan belajar kami di hari senin, 9 september 2019. Dari pelajaran komitmen mutu ini ... diharapkan way ... kita bisa mengaktualisasikan tindakan yang menghargai efektivitas, efesiensi, inovatif, dan kinerja yang berorientasi mutu dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik. Sampai di sini dulu way ... akhir kata aku ucapkan ... dadaaa ...

Baso, 9 September 2019



LATSAR CPNS ANGKATAN 33 BERSAMA PAK RETWANDO, S.KOMP, M.Si



HASIL DARI KELOMPOK 1

HASIL DARI KELOMPOK 2

HASIL DARI KELOMPOK 3

 HASIL DARI KELOMPOK 4

Selamat menonton way ...
\

Post a comment

0 Comments