CERITA AKHIR PEKAN PART 2, LATSAR CPNS ANGKATAN 33, KABUPATEN INDRAGIRI HILIR, PPSDM KEMENDAGRI REGIONAL BUKITINGGI 2019

CERITA AKHIR PEKAN PART 2, LATSAR  CPNS ANGKATAN 33, KABUPATEN INDRAGIRI HILIR, PPSDM KEMENDAGRI REGIONAL BUKITINGGI 2019

Halo way ... selamat bermanja ria ... di akhir pekan yang ceria ... jangan lupa bahagia ... Oh ya way ... karena ini adalah akhir pekan ... itu artinya santapan lezat bagi kami anak asrama yang sedang butuh hiburan. Karena itulah way ... kami merencanakan liburan untuk esok hari bersama teman-teman seperjuangan Latsar CPNS angkatan 33. Berdasarkan kesepakatan bersama ... diputuskan kalau kami akan pergi berwisata ke Bukittinggi diantaranya ke kebun binatang, The Greatwall of Koto Gadang, dan lubang Jepang. Ada cerita lucu mengenai lubang jepang ini ... karena ada salah satu temanku ... yang mengatakan lubang buaya bukan lubang Jepang. Anya-anya wae ni mah ... secara kan way ... lubang buaya adanya di Jakarta ... sejak kapan pulak lubang buaya ada di Bukitinggi ... aku curiga dengan temanku ini ... sepertinya aku mencium indikasi-indikasi yang kurang enak di pikirannya ... Ckckck ... Nah way ... jadi itulah rencana liburan kami nanti ... mau tahu bagaimana cerita kami selengkapnya ... silahkan dibaca sampai habis tulisan ini way ....

Minggu pagi, 8 September 2019 ... selesai sarapan pagi di asrama ... kami udah siap-siap untuk berangkat. Dengan modal 2 mobil angkot yang telah disewa oleh para bidadari ... kami berangkat menuju lokasi obyek wisata. Tapi sayang sungguh sayang ... yang pada akhirnya nanti ... kami harus meninggalkan para bidadari tak bersayap ini ... karena ternyata mereka lebih memilih shopping daripada berwisata ... naluri wanita mereka sepertinya sudah tak bisa dibendung lagi kayaknya ... seterahlah ... yang penting mereka bahagia ...
Seperti biasalah way ... kelakuan angkatan 33 kalau udah bergabung ... suara dan ketawa sudah tidak bisa dikondisikan lagi ... pokoknya way ... cekikikan ... cekukukan ... ketawa ... ketiwi ... dari atas langit ... dari bawah laut ... happy enjoy tiada henti ... luar binasa dengan prestasi ini ... sahalut aku way ... jaga terus prestasi ini ya way ... wkwkwk ...
Btw, wisata perjalanan kami yang pertama yaitu ke Lubang Jepang atau dalam Bahasa Inggrisnya disebut Japanese Tunnel. Retribusi untuk masuk ke sini yaitu sebesar 15 ribu/orang. Lubang Jepang ini merupakan sebuah terowongan (bunker) perlindungan yang dibangun tentara pendudukan Jepang sekitar tahun 1942 untuk kepentingan pertahanan. Lokasi obyek wisata Lobang Jepang ini berada di Jalan Panorma, Bukitinggi. Awal masuk ke Lubang Jepang ini ... kalian harus menuruni anak tangga yang lumayan banyak way ... menurut hitungan temanku ... setidaknya ada sekitar 131 anak tangga yang harus kita lewati. Lumayan juga ya way ... capeknya ... sepertinya cocok bagi kalian yang sedang program diet ... lakukan ini secara berulang ... udah turun ... nanti naik lagi ... begitu seterusnya sebanyak 100 kali ... dijamin way ... pingsan ... hhaaa ...
Lanjut way ... di dalam Lubang Jepang ini kalian akan melihat banyak ruangan di dalamnya. Kalian bisa melihat ruang amunisi, pintu pelarian, barak militer Jepang, ruang sidang, ruang makan, ruang penjara, dapur, pintu penyergapan, pintu penghubung, dan masih banyak yang lainnya. Nggak nyangka kan way ... di dalam lubang yang sempit dan kecil itu ... dan letaknya pun di bawah tanah ... ada banyak ruangan rahasia. Angkat topi aku untuk nenek moyangku yang telah membuatnya ... karena aku yakin ... banyak kisah pilu dibalik pembuatan lubang Jepang ini ... secara yekan ... Lubang jepang itu dibuat pada masa penjajahan ... di dalamnya ... aku seakan-akan diajak bernostalgia ... mengingat kembali perjuangan nenek moyang kita pada masa penjajahan dalam upaya merebut kemerdekaan. Oleh karena itu way ... sebagai generasi penerus bangsa ... kita wajib menjaga kemerdekaan dan kehormatan bangsa ... karena semuanya itu dilalui melaui perjuangan yang tidak mudah ... ok way ... sepakat ya ... MERDEKA ...
Setelah sekian lama berkeliling di dalam lubang Jepang ... akhirnya sampai juga kami di pintu keluar. Lalu, kami melanjutkan perjalanan ke obyek wisata selanjutnya yaitu The Greatwall of Koto Gadang atau biasa disebut juga Janjang Koto Gadang. Obyek wisata ini way ... konsepnya seperti tembok besar China itu loh ... yang panjang jembatannya ... bikin geleng-geleng kepala. Kalau di sini adalah versi mininya. Walaupun mini way ... tapi tetap juga way ... capek juga untuk mendakinya. Butuh tenaga ekstra untuk bisa sampai ke puncaknya. Mau tidak mau ... pokoknya harus mau untuk mendakinya ... kalau nggak ... ya ... pasti ditinggal teman-teman ... firasatku ... ada yang merasa terkena jebakan batman dan menyesal untuk ikut. Hhaa ... Mula-mula kita harus melewati jembatan ... yang masyaallah ... tinggi dan bergoyang-goyang ... membuat adrenalin meningkat way ... ngeri-ngeri sedap pokoknya way ... setelah kita melewati jembatan itu ... barulah kita memasuki tembok besar seperti di China itu. Ternyata oh ternyata ... luar biasa mengagumkan melihat keindahan apabila kita sudah sampai di tengah ataupun di atas. Banyak spot-spot poto yang menarik untuk dijadikan kenang-kenangan.
Setelah sampai di puncak dan beristirahat ... kami melanjutkan perjalanan naik angkot untuk makan siang terlebih dahulu di dekat jam gadang. Kami semua sepakat untuk makan nasi kapau. Kita bisa melihat berjajar warung nasi kapau ... kalau diamati sih ... sepertinya termasuk salah satu wisata kuliner andalan bagi mereka yang ingin mencoba nasi kapau khas Bukittinggi. Dan memang way ... kenikmatan rasanya bukanlah isapan jempol belaka ... karena memang terbukti nikhimat sehekali way ... kalau ke sini nanti ... jangan lupa untuk mampir ke sini way ... Selesai makan dan solat ... kami melanjutkan  wisata terakhir yaitu ke kebun binatang. Setelah membayar uang masuk sebesar 15 ribu/orang ... maka kita baru diperbolehkan masuk. Ada banyak hewan di dalam kebun binatang tersebut. Diantaranya ada burung, rusa, tapir, singa, harimau, dan lain sebagainya. Hampir semuanya telah kami kunjungi.
Setelah puas keliling-keliling di kebun binatang ... akhirnya kami memutuskan untuk pulang. Nah way ... itulah cerita akhir pekan kami kedua selama di latsar. Mumpung belum banyak tugas ... kita manfaatkan dulu waktu santai ini dengan merefresh otak ... Sampai di sini dulu ya way ... nanti kita sambung dengan cerita lainnya ya ... sampai jumpa way ... dadaaaa ....

Baso, 23 September 2019

Persiapan keberangkatan dari asrama

Obyek wisata pertama ... ke Lubang Jepang

Obyek wisata kedua ... The Greatwall of Koto Gadang

Pemotretan untuk cover CD bajakan ... hhee

Obyek wisata ketiga ... kebun binatang