NASIONALISME, LATSAR CPNS ANGKATAN 33 KABUPATEN INDRAGIRI HILIR







NASIONALISME ADALAH
KETIKA SAYA BERMIMPI
KETIKA SAYA BELAJAR
KETIKA SAYA BERAKSI
KETIKA SAYA PERCAYA
KETIKA SAYA BUKTIKAN
KETIKA SAYA CINTA
UNTUK INDONESIA

Itulah pembukaan materi nasionalisme oleh Bapak Drs. Tarmizi, M.Si. Materi ini sangat penting sekali untuk menanamkan nilai-nilai nasionalisme pancasila bagi kita warga negara Indonesia, dalam hal ini khususnya ASN. Selain itu juga untuk menumbuhkan semangat nasionalisme ASN sebagai pembuat dan pelaksana kebijakan publik, pelayan publik, maupun sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa yang mampu mengedepankan kepentingan nasional dalam pelaksanaan tugas jabatannya. Jadi, nasionalisme adalah paham atau semangat mencintai bangsa/negara lain yang berlandaskan pada sila-sila pancasila dan konstitusi. Selain itu, juga ada nasionalisme pancasila yang memiliki arti pandangan atau paham kecintaan manusia Indonesia terhadap bangsa dan tanah airnya yang didasarkan pada nilai-nilai pancasila. Sehingga kita harus bisa menempatkan persatuan, kesatuan, kepentingan, dan keselamatan bangsa dan negara di atas kepentingan golongan serta menunjukkan sikap rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara.

Prinsip-prinsip nasionalisme pancasila diantaranya yaitu nilai pancasila, saling mencintai, persatuan dan kesatuan, tenggang rasa, bangga, rela berkorban, dan persamaan derajat, hak dan kewajiban. Nah, pertanyaannya way ... bagaimana sih implementasi nilai-nilai yang ada pada sila pancasila ? baiklah ... semua implementasi dari sila-1 sampai sila ke-5 akan di jawab oleh masing-masing kelompok yang telah dibagi Pak Tarmizi. Beliau menyuruh masing-masing kelompok untuk membaca sebuah cerita yang telah dipilih sesuai dengan sila yang didapatkan oleh kelompok tersebut. Karena kelompok kami terbagi menjadi empat maka kami menyepakati bahwasanya untuk sila pertama semua kelompok mengerjakannya. Lalu, sila kedua di bahas oleh kelompok 1 dan sila ketiga dibahas oleh kelompok 2, sila ketiga dibahas oleh kelompok 3, dan sila kelima dibahas oleh kelompok lima. Mau tau kan way ... hasil jawaban dari masing-masing kelompok tersebut ...  Langsung aja way ... cekidot ...
Kita mulai dari sila pertama yang dibahas oleh semua kelompok. Nilai-nilai yang terdapat pada sila ke-1 diantaranya nilai keyakinan dalam berketuhanan, kebenaran, moral, amanah, jujur, bertanggung jawab, serta dalam melaksanakan pekerjaan kita harus selalu menyertai tuhan. Contoh implementasi di lingkungan kerja yang bisa kita lakukan yaitu kita bekerja dengan sepenuh hati tanpa adanya tekanan, paksaan karena kita yakin bahwa pekerjaan kita adalah sebuah ibadah. Sehingga kita bisa melaksanakan tugas kita dengan penuh amanah.
Lanjut ke sila kedua, Nilai-nilai yang terdapat pada sila ke-2 diantaranya tidak pilih kasih, saling membantu, dll. Bentuk implementasi sila ke-2 yaitu bisa berupa pemberian bantuan kepada saudara kita yang tertimpa musibah. Kemudian sila-3, nilai-nilai yang bisa kita petik diantaranya bersikap rendah hati dan berbaur dengan masyarakat agar tercipta rasa kesatuan dan persatuan. Bentuk implementasi sila ke-3 yaitu kita membiasakan diri untuk menggunakan Bahasa Indonesia ketika berkumpul di suatu tempat yang multikultural dan mengadakan upacara bendera agar kita selalu ingat akan perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan dari penjajah.
Sila ke-4 nilai yang bisa kita ambil diantaranya adalah nilai musyawarah mufakat, gotong royong, dll. Bentuk implementasi sila ke-4 salah satunya adalah mengadakan sebuah musyawarah dalam sebuah forum dengan catatan hasil musyawarah itu tidak merugikan atau menguntungkan salah satu pihak. Terakhir, dari sila ke-5 nilai yang bisa kita ambil adalah berlaku adil, saling menghargai, kesederhanaan, dsb. Bentuk implementasi sila ke-5 salah satunya adalah kita harus melayani masyarakat dengan penuh rasa keadilan. Contohnya, di lingkungan sekolah, tidak adanya perbedaan fasilitas dan perlakuan bagi siswa yang kaya dengan siswa yang miskin, siswa yang pintar dengan siswa yang kurang pintar, dll.
Nah, itulah way ilmu yang aku dapatkan dari materi yang disampaikan oleh Bapak Tarmizi di dalam kelas tadi. Semoga ya way ... tulisanku yang sedikit ini bisa menumbuhkan dan meningkatkan rasa nasionalisme kalian way ... dan harapannya kita semakin cinta pada tanah air kita ... INDONESIA ... mari kita teriakan keras-keras way ... AKU CINTA INDONESIA ...  khusus kamu ... teriakan ... I LOVE YOU I’AM ... wkwkwk ... #ngarep ... yaudah way ... sampai di sini dulu ya ... dadaaaaa ....

Baso, 02 September 2019


                           Walaupun berbeda-beda, kita tetap satu ... INDONESIA

             Salah satu bentuk nasionalisme adalah melaksanakan upacara bendera

NASIONALISME, LATSAR CPNS ANGKATAN 33 KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

 Belajar adalah salah satu bentuk nasionalisme













\

Post a comment

0 Comments