MATERI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DAN CONTOHNYA, KELAS VII SMP NEGERI 4 MANDAH, KABUPATEN INDRAGIRI HILIR, PROVINSI RIAU


TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI




Halo way … kali ini aku akan memposting materi ajar tentang laporan hasil observasi. Materi ini ada di kelas VII semester I. sebenarnya aku mau post dari kemarin-kemarin… namun baru bisa terealisasi sekarang. Maklum way … kemarin lagi sibuk (sibuk bermalas-malasan) hhhee … oh ya way … nanti aku akan memposting juga hasil karya dari siswa-siswiku dalam menulis contoh teks laporan observasi. Mereka mengerjakan tugas yang aku berikan secara berkelompok dan langsung mewawancarai pihak yang bersangkutan dengan objek yang mereka tulis. Jadi,mereka menulis teks tersebut … tidak sembarang way … karena apa yang mereka tulis itu sesuai dengan data dari narasumber yang mereka wawancarai. Tetapi sebelumnya way … baiknya kita simak dulu materi teks laporan observasi ini secara umum.mulai dari pengertian, struktur, ciri-ciri, tujuan, dan sebagainya. Langsung aja way … check it out …


A.    Pengertian teks laporan hasil observasi
Teks laporan hasil observasi merupakan teks yang memberikan informasi-informasi mengenai sesuatu berdasarkan fakta dan data hasil pengamatan secara langsung. Informasi itu bisa berupa tentang keadaan alam, keadaan lingkungan, pengamatan tentang sebuah hewan, bangunan, tumbuhan, dan sebagainya.

B.     Struktur teks laporan hasil observasi
1.     Definisi umum
Definisi umum berisi informasi-informasi secara umumatau secara garis besarnya saja
2.     Deskripsi bagian
Deskripsi bagian berisi tentang pembahasan atau rincian tentang objek yang diamati secara lebih mendetail.
3.     Deskripsi penutup/Kesimpulan (boleh ada,boleh juga tidak)
Bagian ini berisi tentang manfaat, kegunaan,atau  dari objek yang diamati

C.     Ciri-ciri teks laporan hasil observasi
1.     Ditulis berdasarkan fakta sesuai dengan pengamatan yang telah dilakukan
2.     Objek yang dibicarakan adalah objek tunggal
3.     Tidak mengandung prasangka / dugaan yang tidak tepat
4.     Teks laporan hasil observasi menggambarkan sesuatu secara umum dab sesuai fakta tanpa adanya opini penulis

D.    Tujuan teks laporan hasil observasi
1.     Untuk penelitian
2.     Untuk memberikan informasi terbaru
3.     Untuk mengetahui perkembangan suatu masalah,dsb

            Nah way … sekarang di bawah ini adalah contoh sederhana dari teks laporan hasil observasi dari kelas VII siswa-siswi SMP Negeri 4 Mandah ketika aku berikan tugas untuk membuat sebuah teks laporan hasil observasi berdasarkan hasil pengamatan dan juga wawancara mereka dengan narasumber yang mereka pilih. walaupun cuman sedkit way ... nggak papalah ... yang penting sesuai dengan konteks ... hhee


PUSKESMAS PEMBANTU

OLEH: KELOMPOK 2
(SALSABILA, HARAZI, GESTIA, NIA, KALVIN, ELO)




Puskesmas pembantu merupakan salah satu upaya memberikan pelayanan kesehatan dasar yang dibutuhkan oleh masyarakat. Sebelum puskesmas pembantu dibangun, tanah ini merupakan tanah desa yang dihibahkan kepada pemerintah melalui dinas kesehatan untuk pembangunan sarana pelayanan kesehatan yang disebutlah puskesmas pembantu. Puskesmas pembantu ini dibangun pada tahun 1995.
Puskesmas pembantu didirikan atas dasar kebutuhan masyarakat untuk memperoleh pelayanan kesehatan tidak hanya dibidang koratif (pengobatan) tetapi juga dibidang prefentif (pencegahan) dan juga rehabilitatif (perbaikan).

                                                       Teks asli dari tugas kelompok 2


PAUD BUVEILA

OLEH: KELOMPOK I
(WIDYAN, SY. ENTEH, MAY, HERLIN, RISKI, RESTU)





Paud Buvella merupakan salah satu lembaga pendidikan usia dini yang terletak di Jalan Pendidikan. Paud ini dibangun pada tahun 2016. Fungsi paud adalah untuk pendidikan anak usia dini yang bermanfaat sebagai wadah pendidikan pra-sd. Paud dibedakan koleksi dan kedudukannya.jenis PAUD berdasarkan koleksi yang dimiliki dibedakan menjadi dua yaitu: 1. Kelompok belajar,2.kelompok bermain.
Permainan yang ada di PAUD Buveila ada banyak, antara lain sebagai berikut : ayunan, bundaran, jungkitan,meja belajar, papan tulis,meja guru, lemari, dan lain-lain.



                                                  Teks asli dari tugas kelompok 1




\

Post a comment

0 Comments