YOKS ... INTIP TIPS DARI PNS MUDA AGAR LULUS CPNS 2019, KABUPATEN INDRAGIRI HILIR, PROVINSI RIAU


JAWABAN ATAS PERTANYAAN
BAGAIMANA  TIPS  LULUS CPNS?
Gusmina Dewi, S.Pd.
.
YOKS ... INTIP TIPS DARI PNS MUDA AGAR LULUS CPNS 2019, KABUPATEN INDRAGIRI HILIR, PROVINSI RIAU

.
Memilih untuk menjadi orang yang "Setia pada Kata" atau memilih untuk "hidup di jalan sunyi" ternyata sedang booming dikejar pada kaula muda. Sebut saja namanya CPNS.
Akhir-akhir ini banyak teman-teman yang menghubungi demi mengetahui bagaimana menjadi orang yang hidup di jalan sunyi. He he he.. Bukan bermaksud untuk tidak membalas, karena diri pribadi belum yakin dengan usaha yang dilakukan apakah sudah benar dan maksimal, atau orang lain jauh lebih maksimal, atau dengan saya menulis seperti ini bakalan banyak anggapan atau cercaan oleh mereka-mereka yang bersedia membaca lalu memakinya.
Oke.. Baiklah.. Aku akan menulis untuk orang-orang yang telah melontarkan pertanyaan "Mina, bagi tips dong gimana cara lulus CPNS".

 "Dek, gimana cara belajar nya", "Mina apa aja yang harus dipersiapkan".  Aku akan merapel jawabannya dari tulisan ini. Semoga bermanfaat dan tertanam motovasi pada diri kawan-kawan. Aamiin. Aku adalah satu dari banyak orang yang meyakini bahwa kelulusan, selain dari rejeki dan ridho orang tua adalah atas balasan dari USAHA yang aku lakukan siang malam. Ya, siang malam, bahwa berbulan-bulan ku lakukan atas usaha itu.
Berikut beberapa tips atau kisah pribadi dari orang yang memilih hidup di jalan sunyi. Wkwkw
            Pertama, aku menenkan bahwa DOA dan RIDHO orang tua tidak ada saingannya, bahwa tidak bisa dimasukkan pada list tips lulus.

1.         PROSES PENDAFTARAN
Untuk segala macam persyaratan, cara mendaftar, cara upld, formasi, atau segala tetekbengek pendaftaran semua orang akan tahu jika benar-benar mempelajari juklis pendaftaran atau berdasarkan info-info di media sosial.  Pada bagian pertama ini tidak banyak yang dituliskan, cukup pada formasi, teman-teman pilihlah formasi atas izin dan diskusi kepada orang tua. Pikirkan diri kita benar-benar besedia untuk mengabdi di tempat tersebut (jangan pikirkan "ah, coba-coba, mana tau lulus). Pikiran seperti itu salah, karena kamu yang mempermainkan dengan kata "coba-coba" terlebih dahulu.  Bisa jadi Allah juga mempermainkan kembali. So. Berpikirlah untuk benar-benar lulus, dan bagaimana kehidupan kelak di sana.  Hal penting juga pada pemilihan formasi, ataurlah stategi dengan teman-teman sejurusan, jangan pilih formasi yang sama, ya walaupun rejeki Allah yang mengatur, tetapi kita bisa mengendalikannya. Gawatkan jika salah satu dari persahabatan memperebutkan formasi dan berhujung pada putusnya silaturahmi. He he he.  
2.         BELAJAR
(Mungkin) beberapa orang ada yang meyakinkan diri  bahwa ia tidak perlu belajar, karena cukup dengan rejeki bisa lulus. Hebat sekali dirimu, jika ingin memperoleh hasil waw dengan usaha secuprit, bahkan tidak ada sama sekali. Luluhkan lah diri bahwa kamu harus bisa, tidak ada kata tidak bisa. Mulai lah untuk belajar membahas soal-soal.
            Ooh yaa, sebelum membahas soal. Mungkin bagi pemula seperti aku kemarin, harus belajar dari awal. Dari yang tidak tau apa itu passing grade, SKD, TIU, TWK, TKP, SKD.. Jadi kamu harus cari dulu apa makna itu yaa. Di google tersedia banyak kok. He he he . 
Setelah mengetahui apa itu semua. Mulai lah untuk belajar pertahap. Kalau aku kemarin belajarnya dari TWK sih. Karena memang harus mengulang lagi dari pelajaran SMP bahkan SD. Tentang UU, pancasila, sejarah DLL.

-APLIKASI-
Untuk pertama, kamu bisa download aplikasi di Playstore. Downld ajaa banyak2 selagi memori HP mu muat.  Kalau lagi santai-santaikan bisa di buka aplikasinya, lalu dijawab dan kamu bisa langsung tahu skor kamu berapa.  Kalau kamu gagal, ya diulangi, Sedikit demi sedikit akan muncul rasa penasaran untuk mengetahui apa jawaban dan langsung tersedia pembahannya. Cukup dengan modal mood kamu bisa terbiasa menjawab.. Awalnya sih asik pakai aplikasi, lama-lama kamu akan bosan karena soal yang tersedia terbatas, dan yang keluar akan itu-itu saja. Artinya kamu sudah terbiasa bahkan hapal..oke baiklah.. Setelah aplikasi, kita naik level.
-BUKU PENUNJANG-
selain aplikasi, buku kumpulan soal CPNS juga kamu perlukan lo. Kalau aku kemarin karena tidak punya uang membelinya jadi aku fotocopy punya teman, dan sekarang Alhamdulillah bukunya sudah diwariskan kepada teman yang lain. Kamu bisa memulainya dengan membaca materi yang tersedia pada buku. Atau bisa langsung membahas soal-soal yang tersedia, lalu mencari pembahasan yang ada di buku. Kalau untuk seperti ini, emang kamu harus jeli, dibutuhkan waktu, tempat, dan suasana yang nyaman. Untuk itu, selain belajar kamu juga harus kembali mengatur waktu aktivitas dan belajar.
(Kalau boleh curhat, he heh, )
 katika detik-detik tes CPNS kemarin  aku lagi sibuk2nya menjadi guru honorer, les, dan private, hari-hari ku dari pagi bahkan sampai jam 9 malam tidak berhenti mengais rejeki. Hehe. Jadi, aku atur jadwal belajr untuk CPNS 1 jam sebelum tidur, dan jam 2 sampai jam 4 malam (tapi waktunya tidak stabil ya, kalau aku ngantuk kali... ya tidur).
Oh yaa, kemarin aku belajar untuk CPNS ini bahkan 4 bulan sebelum tes, aku tidak peduli info yang simpang siur. Ku asikkan saja belajar, toh kita emang butuhkan belajar UU, sejarah Indonesia walau tidak keperluan CPNS sekalipun, karena sebagai warga Indonesia. Jadi belajar itu tidak ada ruginya Guys..
-BELAJAR DARI YOUTUBE-
Ternyata, kalau kita sudah menggila dengan pelajaran itu, makin hanyut maka makin penasaran juga atas masalah-masalah yang tertera pada soal. Mau belajar dengan siapa? Toh orang lain juga belum tentu tau secara maksimal. Pintar-pintarlah mensiasati apa stretegi selanjutnya. Setelah Aplikasi dan buku, yaitu menonton dari youtube.
(cerita lagi)
Karena kemarin lagi full nya jadwal ngajar private rumah ke rumah. So pastikan anak orang kaya yang diajar. Wkwk . Kalau kaya pastilah ada wifi. Hehe. Jadi saat ngajar aku sempat-sempatkan untuk mendowlod segala macam cara menjawab soal-soal CPNS. Caranya pakai yt go, jadi kmu bisa downld dan ditonton kemudian. Tinggal ketik di keyword "Pembahasan TIU CPNS", atau keyword apa saja yang kamu butuhkan. Maka akan buaaaanyak sekali video pembahasan-pembahasannya.  Jadi ketika ada waktu senggang kamu bisa menontonnya. Bahkan saat di WC sekalipun. Wkwkw
Jadi ya teman-teman.. Yt adalah salah satu penunjang belajar kita dengan memanfaatkan teknologi.
- MILIKI  BUKU AJAIB-
            Apa itu buku ajaib? .  Buku ajaib aku namai untuk buku oret-oret kesayangku. Buku murah harga 5000 ku beli di warung. Sengaja beli buku baru, agar semangat baru. Hehe.
Apa fungsi buku ajaib?  Fungsinya untuk meresume hasil bacaan kamu di berbagai sumber, misal dari aplikasi, buku, bahkan yt.  Tuliskan dengan rapi, atau dengan coret2 namun bermakna.  Jangan lupa beli pena warna  atau stabilo ya,  Hehe. Bagi kata yang penting atau untuk tanggal2 kamu bisa warnainya. Buatlah bukunya menjadi menarik, agar kamu tidak bosan membukanya.  Sesekali berilah kata motovasi "AKU HARUS LULUS, AKU CAPEK HONOR"  wkwk.
 Buku ajaib juga berfungsi untuk kamu melatih menjawab soal-soal.  Bisa dituliskan angka 1 -100, lalu kamu menjawab soal dari buku atau aplikasi. (jangan lihat kunci jawab dulu ya). . , setelah semua terjawab kamu bisa hitung berapa skor. Lalu apakah lulus Passing grade atau tidak. Kalau tidak lulus bisa dikasih emot syediiih atau harus semangat atau kata-kata mutiara. Heheh.

-SOAL-SOAL PDF dan SOAL DARI ISNTAGRAM-
            Ini sudah diakhir banget, kalau aku kemarin semakin dekat mendekati waktu tes. Soal2 PDF dengan judul horor "BOCORAN SOAL". Ini bisa jadi panduan juga loo. Intinya semua bisa dipelajari.. Bisa dibahas juga ini.  Dan bisa untuk mengaplikasikan ilmu2 yang sudah didapat.  Atau dari instagram #CPNSbalalalalallala misalnya. Ada juga tuh, yang bagikan soal pada slide 1, jawaban dan pembahasan slide2, slide 3 nya promo modul yang dijual belikan  Wkwkwk

3.         KAMU BUTUH MENYENDIRI
Atas segala usaha kamu, atas segala jerih payah kamu. Tak dipungkiri, kamu juga bergandengan dengan terpaan-terpaan masalah. Bisa jadi, dengan teman-teman sekitar, keluarga, atau siapapun itu yang sudah menjatuhkan sebelum berjuang. Aku yakin, karena aku juga mendapat terpaan seperti itu. Tidak apa teman, teruslah berjuang dengan kemampuan dan usaha.
            Untuk mengatasinya, kita butuh menyendiri. Pilihlah tempat sunyi  untuk kamu meluapkan segala masalah atau hapalan-hapalan kamu sebelum berjuang. Bahkan sampai berteriak, keluar air mata, lalu berdoa memohon semangat kembali kepada Allah.
Sekali lagi, untuk DOA dan ridho orang tua adalah hal pertama yang harus kamu lakulan ya guys.

Selamat berjuang teman-temam CPNS 2019..

Untuk berdiskusi lebih lanjut, dengan penulis nan lebai bisa follow ig @gusmina_dewi, atau FB Gusmina Dewi.



\

Post a comment

0 Comments