MATERI DAN TUGAS TEKS TANGGAPAN SISWA KELAS IX SMPN 4 MANDAH, KAB. INDRAGIRI HILIR, PROV. RIAU (BAGIAN 1)

 


Assalamualaikum Wr.Wb

 

Selamat pagi anak-anakku sekalian …

Khususnya kalian siswa-siswi kelas 9 SMP Negeri 4 Mandah …

Apa kabar kalian semuanya … semoga dalam keadaan baik-baik ya … sebelumnya Bapak mau absen satu per satu ya … dan kalian bisa jawab tentang kabar kalian kepada Bapak lewat kolom komentar ya ...

ADAM MALIK

BARIZAL BAHRI

CHERISTI MULIANA

DEVI APRIANI

FEBRIANSYAH

GIO ANUGERAH

GIRI SAPUTRA

GUNAWAN

HERA

KARTIKA

LAILA HUSNA HARAHAP

LARA

LISA

M.TEGAR FEBRIANSYAH

RAMA

SAID AGUSTIAN

SAPIRA EKA PUTRI

SUPRI

SY RIFA CINTIA PUTRI

WAHYUDI

YOGI SANTOSO

REVIDA ULFAH

SITI SALASIAH

WAHYU TRI RAMADHAN

 

Nah, anak-anak … sengaja Bapak menyuruh kalian untuk mengunjungi blog Bapak … dikarenakan ada tugas yang harus kalian kerjakan. Mengingat bahayanya covid-19 atau yang kita kenal virus corona … maka kita cukup berkumpul lewat blog Bapak demi memutus mata rantai penyebaran virus corona. Jadi, Bapak harap kalian paham kenapa Bapak memberikan tugasnya di sini bukan di sekolah.

Materi pertama kita di semester dua adalah memberikan tanggapan dengan santun. Untuk memperdalam materi tentang berita,ada baiknya kita membaca dan mencatat  materinya di bawah ini sebelum Bapak berikan tugas kepada kalian … selamat membaca !

 

MEMBERI TANGGAPAN DENGAN SANTUN

Cara kerja menanggapi sesuatu bukanlah hal yang mudah. Syarat tanggapan itu harus objektif dan santun. Objektif itu berarti kamu menanggapi sesuatu berdasarkan apa yang sesungguhnya, berdasarkan fakta dan kenyataan. Kata santun berarti cara menyampaikan tanggapan itu harus berdampak positif. Meskipun yang kamu sampaikan tentang hal yang kurang baik, tetapi harus disampaikan dengan cara dan bahasa yang baik.

            Bentuk-bentuk tanggapan :

1.      Pujian

Pujian membawa perasaan positif yang disebabkan seseorang telah memperhatikan sesuatu karyamu, perbuatanmu, ucapanmu, dirimu yang dianggap memiliki nilai. Memuji merupakan komponen penting kemampuan bersosialisasi dan juga saran berguna untuk memulai percakapan. Sayangnya, kamu jarang sekali melihat orang memuji dengan tulus. Oleh karena itu, ayo tanamkan dan biasakan memuji orang lain dengan tulus. Biasakan melihat sisi baik dari setiap orang, setiap hal. Jika semua orang Indonesia membiasakan ini maka akan terbentuk bangsa yang memiliki kepercayaan tinggi. Energy positif akan membangun Indonesia lebih maju.

Petunjuk memberi pujian secara tepat yakni sebagai berikut :

a.      Tulus, bukan basa-basi

b.      Hormati, hargai

c.       Berikan pujian pada waktu dan situasi yang cocok

d.      Berikan rasa nyaman

e.      Pujilah orangnya bukan objeknya

Contoh kalimat pujian yang baik :

-          Kamu terlihat oke pakai kaos itu lebih baik daripada saya suka kamu kaos yang kamu pakai, warnanya bagus”

-          Saya suka caramu berinteraksi dengan anak kecil, kamu tampak sangat sabar

 

2.      Kritik

Memberi kritik yang benar akan mendorong seseorang untuk berkembang lebih baik. Kriitk membangun (konstruktif) dapat meningkatkan karakter orang dan menghindari menyalahkan dan menyerang pribadi. Kiritik konstruktif memiliki nada positif dan focus pada tujuan yang jelas dan dapat dicapai. Kritik yang harus dihindari adalah kritik yang hanya mencari kesalahan, merendahkan, menjelekkan, dan menyakiti orang.

Jika pun terpaksa mengkritik, tidak boleh di sembarang waktu dan tempat. Aturan utama, tidak boleh mengkritik orang di muka umum atau di depan orang lain. Bagaimana cara memberikan kritik yang membangun ? mulailah dengan cara positif, memuji, dan menunjukkan apresiasi yang jujur dan tulus. Tidak menunjukkan emosi negative, seperti bahasa tubuh dan nada suara yang keras.

Contoh kritik yang baik :

-          Kemampuan melukismu sudah baik, namun kau harus belajar lagi, terutama mengenai pemilihan warna

-          Masakanmu ini sudah enak, hanya perlu ditambah sedikit merica agar lebih pedas

 

3.      Saran

Saran ialah pendapat yang diungkapkan dengan tujuan untuk meningkatkan atau memperbaiki sesuatu menjadi lebih baik lagi ke depannya. Saran itu bersifat positif, dapat dilihat sebagai bantuan, sebagai instrument untuk peningkatan dan perubahan. Dalam banyak hal, saran lebih berguna daripada kritik meskipun tidak selalu.

Contoh saran yang baik :

- lebih baik Anda tidak terburu-buru menyelesaikan pekerjaan anda

-saya pikir baik bagi anda untuk memperhatikan kualitas barang sebelum membelinya,jangan tergoda dengan harga murah

*(Catat materi dimulai dari pengertian teks laporan percobaan sampai sini di buku catatan Bahasa Indonesianya)

 

Perhatikan teks tanggapan di bawah ini !

            Sebuah karya seni kelas tinggi dari sang pelukis maestro Affandi,melukiskan sebuah pemandangan alam perkebunan cengkeh, area perkebunan berbukit yang masih alami tampak terlukis apa adanya dari alam, untuk menghidupkan suasana pada lukisan, dihadirkannya figure manusia sebagai objek pendukung, tetapi inti dari lukisan,yang menunjukkan adanya aktivitas kehidupan yang menyatu dengan alam.ekspresi goresan khas Affandi terlihat unik, yang menjadikan lukisan ini istimewa.

            Seperti pada kebanyakan  lukisan Affandi yang selalu menempatkan matahari sebagai bagian dari objek utama, tetapi dalam lukisan ini, penempatan matahari tampak unik, seolah sang pelukis mengambil perspektif posisi di balik matahari. Tampak dalam lukisan matahari tidak di balik bukit, tetapi di atas bukit dan menutupi bukit. Keunikan ini mungkin hanya dimiliki oleh Affandi, sebagai cara sudut pandang dia dalam berekspresi, di mana kualitas imajinasinya sebagai seorang pelukis maestro ternama.

 

Nah, tugas untuk kalian adalah menjawab pertanyaan di bawah ini berdasarkan teks tanggapan di atas. Selamat mengerjakan !

1.      Karya apakah yang ditanggapi ?

2.      Siapa yang menghasilkan karya tersebut ?

3.      Siapa yang menanggapi ?

4.      Bagaimana bentuk tanggapannya ?

5.      Bagaimana cara menanggapinya ?

 

6.      Kerjakan tugas dengan jujur dan bertanggung jawab di rumah masing-masing

7.      Kirimkan tugas kalian berupa catatan dan latihan materi teks tanggapan (jangan lupa tulis nama di lembar jawabannya) dalam bentuk JPEG(foto), pdf juga boleh … serta foto kalian sedang mengerjakan tugas tersebut (bisa meminta orang tua atau saudara di rumah untuk fotoin kalian belajar)  melalui whatsapp atau email amrolanibelaras@gmail.com

8.      Paling lambat Bapak tunggu tanggal 10 Januari 2021.

 

Cukup sampai di sini dulu pertemuan kita kali ini anak-anak… selamat mengerjakan … dan jangan lupa … untuk tetap stay at home ya …

 

\

Post a comment

0 Comments