MATERI DAN TUGAS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII SMPN 4 MANDAH, KAB. INDRAGIRI HILIR, PROV. RIAU (BAGIAN 1)

 


Assalamualaikum Wr.Wb

 

Selamat pagi anak-anakku sekalian …

Khususnya kalian siswa-siswi kelas 8 SMP Negeri 4 Mandah …

Apa kabar kalian semuanya … semoga dalam keadaan baik-baik ya … sebelumnya Bapak mau absen satu per satu ya … dan kalian bisa jawab tentang kabar kalian kepada Bapak lewat kolom komentar ya ...

DWI AGUSTINA PUTRI

ELO OCTIANO

FAREL ANDIKA

GESTIA SITI AISYAH

GITA ANJANI

GUNAWAN

HARAZI

HENDRA GUNAWAN

HERLIN ANGGARA DUMADI

KALVIN JUNIOR

M.RESTU KURNIAWAN

MAI

NIA AGUSTINA

RAHMAT DANIL

REPA

RIZKI ALPIANSYAH

SALSABILA KURNIA PUTRI

SY.TETEH

WIDYAN

WILSA

YOPI TRIANISA

Nah, anak-anak … sengaja Bapak menyuruh kalian untuk mengunjungi blog Bapak … dikarenakan ada tugas yang harus kalian kerjakan. Mengingat bahayanya covid-19 atau yang kita kenal virus corona … maka kita cukup berkumpul lewat blog Bapak demi memutus mata rantai penyebaran virus corona. Jadi, Bapak harap kalian paham kenapa Bapak memberikan tugasnya di sini bukan di sekolah.

Materi pertama kita pada semester dua adalah tentang Teks Eksplanasi. Untuk memperdalam materi tentang teks eksplanasi,ada baiknya kita baca  materinya di bawah ini sebelum Bapak berikan tugas kepada kalian … selamat membaca !

 

TEKS EKSPLANASI

A.     Pengertian Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi adalah sebuah teks yang berisi penjelasan atas sebuah kejadian atau fenomena yang berkaitan dengan alam, sosial, ilmiah, dan budaya. Intinya, teks eksplanasi menjelaskan tentang hubungan sebab-akibat dari suatu peristiwa, yakni “mengapa” dan “bagaimana” hal itu bisa terjadi. Contoh dari fenomena yang dibahas di dalam teks eksplanasi yaitu bencana alam seperti banjir, tanah longsor, gempa bumi, tsunami, dan sebagainya. Sedangkan contoh dari kejadian sosial bisa berupa pengangguran, kesehatan, dan lain-lain.

 

B.      Ciri-ciri teks eksplanasi

 

Adapun ciri-ciri teks eksplanasi adalah sebagai berikut :

1.      Teks eksplanasi terdiri dari tiga unsur yang meliputi sebuah pernyataan umum, sebab-akibat, dan interpretasi.

2.      Informasi yang ada di dalam teks eksplanasi berisi berdasarkan fakta.

3.      Informasi yang ada di dalam teks eksplanasi memiliki sifat objektif

4.      Teks eksplanasi membahas sebuah peristiwa

5.      Teks eksplanasi merupakan jenis teks yang informative

 

Perhatikan contoh teks berita di bawah ini dengan seksama !

 

Awal pemerintahan Kabupaten Bandung dimulai sejak Piagam Sultan Agung Mataram pada tanggal 20 April 1641. Tanggal tersebut kemudian ditetapkan sebagai hari jadi Kabupaten Bandung.

Sebelum mencapai bentuk pemerintahan sekarang, Kabupaten Bandung mengalami perkembangan kekuasaan dari zaman ke zaman. Pada masa Kerajaan Pajajaran berkuasa, sekitar akhir abad ke-15 dan awal abad ke-16, di tatar Periangan belum ada bentuk kabupaten, hanya terdiri atas beberapa keprabuan. Istilah keprabuan diambil dari kata prabu yang berarti ‘leluhur’ atau ‘raja muda’.

Pada tahun 1575 yang berkuasa di daerah pajajaran adalah pemerintahan Islam. Dilanjutkan pemerintahan Mataram (1621-1677) dan pemerintahan Belanda. Saat Mataram berkuasa itulah, nama keprabuan diubah menjadi kabupaten.

Berdasarkan piagam itu, Sultan Agung diangkat Tumenggung Wiraangunangun sebagai Bupati Bandung. Ketika itu, pemerintahan Kabupaten Bandung berpusat di daerah Krapyak atau Bojongasih. Tepatnya di tepi sungai Cikapundung, dekat muaranya yaitu Sungai Citarum. Nama Krapyak kemudian berganti menjadi Citeureup. Nama itu hingga kini tetap abadi menjadi salah satu nama desa di Dayeuhkolot.

Pada masa Bupati Wiranatakusumah II (1794-1829) Ibukota Kabupaten Bandung dipindahkan dari Krapyak (Dayeuhkolot) ke pinggir Sungai Cikapundung atau Alun-alun Bandung sekarang. Pemindahan tersebut berdasarkan perintah Gubernur Jenderal Hindia Belanda, “Deandles”. Peristiwa itu terjadi pada 25 Mei 1810. Alasan pemindahan tersebut akan memberikan prospek baik terhadap perkembangan wilayah itu. Pada saat itu Deandles yang mendapat julukan “Mas Galak” tengah membuat jalan dari Anyer ke Panarukan. Kebetulan jalur tersebut melewati tatar Priangan atau Kota Bandung pada saat sekarang ini.

*(Catat materi dimulai dari pengertian teks eksplanasi sampai sini di buku catatan Bahasa Indonesianya)

Nah, saatnya kita melakukan latihan. Silahkan dibaca dengan teliti dan selamat mengerjakan !

 

No.

Pertanyaan

Jawaban

1

Peristiwa apa yang terjadi ?

………………………………………………………………….

2

Mengapa teks bertopik “Sejarah Kabupaten Bandung” disebut teks eksplanasi ?

………………………………………………………………….

3

Tuliskan kalimat yang menunjukkan fakta pada teks di atas !

………………………………………………………………….

4

Tuliskan isi dari teks di atas yang menunjukkan hubungan kausalitas atau hubungan sebab-akibat !

………………………………………………………………….

5

Termasuk fenomena alam, sosial atau budaya teks di atas ? ungkapkan alasan kalian !

………………………………………………………………….

6

Tulislah kesimpulan dari teks di atas

………………………………………………………………….

 

Adapun prosedur dalam mengerjakan tugas tersebut … ada baiknya kalian membaca terlebih dahulu peraturanya sebagai berikut :

1.      Kerjakan tugas dengan jujur dan bertanggung jawab di rumah masing-masing

2.      Kirimkan tugas kalian berupa catatan materi teks eksplanasi dan lembar jawaban (jangan lupa tulis nama di lembar jawabannya) dalam bentuk JPEG(foto), pdf juga boleh … serta foto kalian sedang mengerjakan tugas tersebut (bisa meminta orang tua atau saudara di rumah untuk fotoin kalian belajar)  melalui whatsapp atau email amrolanibelaras@gmail.com

3.      Paling lambat Bapak tunggu tanggal 10 Januari 2021.

 

Cukup sampai di sini dulu pertemuan kita kali ini anak-anak… selamat mengerjakan … dan jangan lupa … untuk tetap stay at home ya …

#CerdasBerkarakter, #BlogBerkarakter, #SeruBelajarKebiasaanBaru, dan #BahagiaBelajardiRumah

\

Post a comment

0 Comments