MATERI DAN TUGAS TEKS DISKUSI SISWA KELAS IX SMPN 4 MANDAH, KAB. INDRAGIRI HILIR, PROV. RIAU (BAGIAN 3)

 


C. MENELAAH TEKS DISKUSI

 

Struktur Teks Diskusi terdiri dari :

1.      Pendahuluan, meliputi :

-          Pernyataan untuk membatasi topic

-          Latar belakang topic

-          Sudut pandang berbeda yang akan dibahas

2.      Isi, meliputi :

-          Serangkaian paragraph

-          Dua atau tiga paragraph dengan argument setuju (pro) dan alasannya serta contoh yang mendukung gagasan

-          Dua atau tiga paragraph dengan argument tidak setuju (kontra) dan alasannya serta contoh yang mendukung gagasan

-          Menggunakan bahasa persuasif

-          Menggunakan bahasa kohesif untuk menghubungkan gagasan atau untuk menunjukkan perubahan pendapat

3.      SImpulan, meliputi:

-          Simpulan argument dari kedua sisi

-          Mengevaluasi argument yang paling efektif

-          Rekomendasi satu sudut pandang berdasarkan argument yang disajikan

Berikut ini adalah contoh model teks diskusi berdasarkan strukturnya !

Daur Ulang untuk Gaya Hidup Hijau

Struktur

Setiap hari kita diingatkan agar kita lebih peduli terhadap lingkungan. Namun ternyata tidak mudah untuk peduli terhadap lingkungan atau bergaya hidup “hijau” atau sebenarnya mudah?

Pendahuluan

Pemerintah pusat dan daerah sejak beberapa tahun lalu mencoba agar masyarakat lebih mudah bergaya hidup hijau. Mereka menyediakan tong sampah dengan warna berbeda agar masyarakat mengetahui di mana membuang sampahnya. Tong sampah berwarna juga ditambahkan dengan gambar yang menunjukkan benda mana yang boleh pada masing-masing tong sampah. Bahkan pada tong sampah juga ditambah dengan tulisan. Warna merah untuk limbah bahan beracun dan berbahaya (B3); hijau untuk limbah organic (sisa makanan, tulang, daun); kuning untuk bungkus kemasan makanan, plastic, kaleng, biru untuk kardus dan kertas; abu-abu untuk pembalut wanita, popok bayi, punting rokok, permen karet.

Langkah ini memudahkan masyarakat melakukan daur ulang limbah rumah tangga dan membantu melindungi lingkungan.

 

Gagasan utama/isi

Pada setiap kesempatan , jutaan orang melakukan gerakan kebersihan di berbagai wilayah di Indonesia dalam waktu yang berbeda-beda. Gerakan semacam ini diharapkan menginspirasi masyarakat untuk selalu peduli lingkungannya masing-masing. Kampong wisata jambangan di Surabaya menjadi kampong percontohan “gaya hidup hijau” dalam daur ulang sampah dan penghijauan kampong yang sesungguhnya.

Gagasan utama/isi

Namun di pihak lain, di banyak tempat, orang-orang menganggap gagasan daur ulang itu membuang-buang waktu mereka. Mereka tidak mau direpotkan dengan memilah sampah mereka, dan lebih mudah membuang semuanya ke tempat sampah. Mereka tidak berpikir apa yang akan terjadi 10, 20, atau 30 tahun kemudian saat tempat tinggal mereka sudah penuh dengan sampah.

Pada saat yang sama, masyarakat lainnya yang berpikiran sempit yakin bahwa satu orang tidak akan membuat perbedaan. Mereka sangat salah. Setiap benda yang didaur ulang merupakan bonus bagi lingkungan kita akibat kita belajar menggunakan sumber daya dengan lebih efesien sehingga dapat bertahan bertahun-tahun lagi.

Gagasan utama

 

Daur ulang tidaklah sulit jika kita memikirkan serius tentang manfaatnya. Hampir semua yang kita gunakan dapat didaur ulang, mulai dari gelas hingga plastic. Sangat masuk akal jika melakukan apapun untuk membantu melindungi lingkungan kita di masa depan kehidupan kita dan keluarga kita sendiri. Hijau adalah warna paling baik dari semua warna

simpulan

Latihan:

1.      Selain judul “Daur Ulang untuk Gaya Hidup Hijau”, coba buat judul lain yang menarik berdasarkan teks di atas menurutmu!

2.      Apa tujuan pendahuluan dalam teks diskusi ini ?

3.      Apakah menurutmu pendahuluan ini sudah efektif? Jelaskan mengapa!

4.      Tahukah kamu mengapa kata hijau ditulis dalam tanda kutip “hijau” jelaskan mengapa !

5.      Bagaimana kesimpulan berkaitan dengan bagian teks lainnya (isi dan pendahuluan) ?

6.      Carilah makna (cari maknanya dalam kamus istilah bidang limu, ensiklopedia, atau internet) dari kata di bawah ini:

a.      Daur ulang

b.      Organic

c.       Nonorganic

d.      Limbah

e.      Sumber daya

f.        Efesien

g.      Limbah B3

 

 

4.      Kerjakan tugas dengan jujur dan bertanggung jawab di rumah masing-masing

5.      Kirimkan tugas kalian berupa catatan materi teks diskusi dan lembar jawaban (jangan lupa tulis nama di lembar jawabannya) dalam bentuk JPEG(foto), pdf juga boleh … serta foto kalian sedang mengerjakan tugas tersebut (bisa meminta orang tua atau saudara di rumah untuk fotoin kalian belajar)  melalui whatsapp atau email amrolanibelaras@gmail.com

6.      Paling lambat Bapak tunggu tanggal    21 Februari 2021.

 

Cukup sampai di sini dulu pertemuan kita kali ini anak-anak… selamat mengerjakan … dan jangan lupa … untuk tetap stay at home ya …

 

\

Post a comment

0 Comments