MATERI DAN TUGAS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII SMPN 4 MANDAH, KAB. INDRAGIRI HILIR, PROV. RIAU (BAGIAN 2)

 


B.      Meringkas dan Menyimpulkan Teks Eksplanasi

 

1.      Pengertian meringkas

Meringkas merupakan sebuah penyajian peristiwa yang panjang disajikan secara singkat. Namun, tidak mengubah urutan isi dan sudut pandang pengarang asli. Perbandingan bagian dari karangan asli secara proposional tetap dipertahankan dalam bentuknya yang singkat.

Sederhananya, berikut ini adalah langkah-langkah dalam meringkas sebuah teks eksplanasi :

a.      Membaca keseluruhan teks

b.      Mencari gagasan utama

c.       Membuat kerangka teks

d.      Merevisi sesuai PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia)

 

Untuk mengetahui pemahaman kita dalam materi ini, Bapak akan memberikan tugas kepada kalian untuk meringkas teks eksplanasi di bawah ini. Silahkan dibaca dan selamat mengerjakan !

 

Energi Cahaya Matahari

Arus air aliran energi bermula dari matahari sebagai sumber utamanya. Energi cahaya matahari masuk ke dalam komponen biotik melalui produsen. Oleh produsen, energy cahaya matahari diubah menjadi energy kimia. Energi kimia mengalir dari produsen ke konsumen dari berbagai tingkat trofik melalui jalur rantai makanan. Energy kimia yang diperoleh organisme digunakan untuk kegiatan hidupnya.

Setiap organisme melakukan pemasukan dan penyimpanan energy. Pemasukan dan penyimpanan energy dalam ekosistem disebut produktivitas ekosistem. Produktivitas ekosistem terbagi dua, yakni produktivitas primer dan produktivitas sekunder.

Energy merupakan kemampuan untuk melakukan kerja. Produsen dan konsumen akan menggunakan sebagian dari energinya untuk aktivitas hidup seperti tumbuh, reproduksi, respirasi, dan sebagainya. Akan tetapi, sebagian lagi hilang dalam bentuk energy panas.

Energy masuk ke dalam komponen biotik melalui produsen. Energy ini disimpan dalam bentuk zat organic yang dapat digunakan sebagai bahan makanan dan disebut produksi primer. Hal ini merupakan patokan (parameter) untuk menghitung seluruh arus energy yang melalui komponen biotik. Berdasarkan hal itu, dapatlah diukur jumlah kehidupan yang dapat didukung oleh suatu ekosistem.

Cahaya matahari merupakan sumber energy utama dalam kehidupan. Tumbuhan berklorofil memanfaatkan cahaya matahari untuk berfotosintesis. Sinar matahari yang ditangkap oleh tumbuhan itu berbeda-beda banyaknya. Hal ini tergantung pada ketinggian dari permukaan laut (dpl) dan penutupan oleh tumbuhan suatu daerah.

Sebagian kecil energy matahari diserap oleh klorofil dan digunakan untuk memproduksi molekul-molekul organic yang disimpan sebagai energy kimia. Kecepatan menyimpan energy kimia oleh tumbuhan disebut produksi primer kotor (PPK). Kurang lebih dua puluh persen dari PPK digunakan oleh tumbuhan sendiri untuk respirasi dan fotorespirasi. Sisanya baru disimpan oleh tumbuhan dan dikenal sebagai produksi primer bersih (PPB).

Energy yang tersimpan dalam makanan digunakan oleh konsumen untuk aktivitas hidupnya. Pembebasan energy yang tersimpan dalam makanan dilakukan dengan cara oksidasi (respirasi).

Organisme yang menggunakan energy cahaya untuk mengubah zat anorganik menjadi zat organic disebut fotoautotrof. Organisme yang menggunakan energy yang didapat dari reaksi kimia untuk membuat makanan disebut kemoautotrof. 

 

Ringkasan

……………………………………………………………………………………………………………………………..

……………………………………………………………………………………………………………………………..

……………………………………………………………………………………………………………………………..

……………………………………………………………………………………………………………………………..

……………………………………………………………………………………………………………………………..

……………………………………………………………………………………………………………………………..

……………………………………………………………………………………………………………………………..

 

 

Adapun prosedur dalam mengerjakan tugas tersebut … ada baiknya kalian membaca terlebih dahulu peraturanya sebagai berikut :

1.      Kerjakan tugas dengan jujur dan bertanggung jawab di rumah masing-masing

2.      Kirimkan tugas kalian berupa lembar jawaban (jangan lupa tulis nama di lembar jawabannya) dalam bentuk JPEG(foto), pdf juga boleh … serta foto kalian sedang mengerjakan tugas tersebut (bisa meminta orang tua atau saudara di rumah untuk fotoin kalian belajar)  melalui email amrolanibelaras@gmail.com

3.      Paling lambat Bapak tunggu tanggal 18 Januari 2021.

 

Cukup sampai di sini dulu pertemuan kita kali ini anak-anak… selamat mengerjakan … dan jangan lupa … untuk tetap stay at home ya …

 

 

 

\

Post a comment

0 Comments