MATERI DAN TUGAS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII SMPN 4 MANDAH, KAB. INDRAGIRI HILIR, PROV. RIAU (BAGIAN 4)

 


D.     Menulis Teks Eksplanasi

 

Langkah-langkah dalam menulis teks eksplanasi adalah sebagai berikut :

a.      Menentukan topic atau suatu kejadian yang menarik, dikuasai, dan actual.

b.      Menyusun kerangka teks, yakni dengan mengembangkan topic utama ke dalam rincian-rincian topic yang lebih spesifik. Topic-topik itu dapat disusun dengan urutan kronologis atau kausalitas.

c.       Mengumpulkan bahan, berupa fakta atau pendapat para ahli terkait dengan kejadian yang dituliskan dari berbagai sumber, misalnya melalui observasi lapangan ataupun dengan studi literature.

d.      Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi teks eksplanasi yang lengkapdan utuh dengan memperhatikan struktur bakunya. Identifikasi fenomena/kejadian, proses kejadian, dan ulasan. Perhatikan pula kaidah-kaidah kebahasaan yang berlaku pada teks eksplanasi.

Tugas :

Buatlah sebuah teks eksplanasi berdasarkan pengamatan atau pengalamanmu. Teks eksplanasi harus hasil karya kalian sendiri tidak boleh menyontek ataupun menyadur dari buku,internet, ataupun yang lainnya !

Adapun prosedur dalam mengerjakan tugas tersebut … ada baiknya kalian membaca terlebih dahulu peraturanya sebagai berikut :

1.      Kerjakan tugas dengan jujur dan bertanggung jawab di rumah masing-masing

2.      Kirimkan tugas kalian berupa catatan dan latihan melalui whatsapp atau email amrolanibelaras@gmail.com

3.      Paling lambat Bapak tunggu tanggal 31 Januari 2021.

 

Cukup sampai di sini dulu pertemuan kita kali ini anak-anak… selamat mengerjakan … dan jangan lupa … untuk tetap stay at home ya …

 

 

 

\

Post a Comment

0 Comments