Lokakarya 5 Program Guru Penggerak Angkatan 5, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau

Lokakarya 5 Program Guru Penggerak Angkatan 5, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau

 


PESAWAT TERBANG DI ATAS AWAN

TERBANGNYA TINGGI SENANGLAH HATI

ALHAMDULILAH KAMI UCAPKAN

LOKAKARYA LIMA SUDAH DILEWATI

HALO WAY,

Apa kabar ?

Tidak terasa way, kami Calon Guru Penggerak Angkatan 5 dari Kbaupaten Indragiri Hilir telah sampai pada lokakarya lima. Saya sangat bersyukur, akhirnya masih bisa bertahan dan ikut kegiatan program guru penggerak sampai saat ini. Seiring waktu berjalan, tidak lama lagi kami akan menyelesaikan program ini. Tingga tersisa 2 lokakarya lagi untuk kami ikuti kedepannya. Saya berdoa semoga saya senantiasa diberikan kesehatan dan kekuatan untuk mengikuti program ini sampai selesai. Begitu juga harapan saya dengan teman seperjuangan CGP angkatan 5 Kabupaten Indragiri Hilir, Aamiin. Inilah cerita saya selama mengikuti lokakarya lima. Selamat membaca!!!

Lokakarya 5 dilaksanakan pada tanggal 19 November 2022 di SD Negeri 004 Tembilahan. Sama halnya dengan kegiatan lokakarya sebelumnya, kegiatan ini diikuti oleh  75 CGP (Calon Guru Penggerak), 15 PP (Pengajar Praktik) dan perwakilan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Indragiri Hilir serta dihadiri juga oleh Tim Balai Guru Penggerak (BGP) Provinsi Riau. Seperti biasa, kegiatan lokakarya dimulai pada pukul 08.00 wib dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Guru Penggerak. serta doa. Kemudian, dilanjutkan dengan kata sambutan dari Balai Guru Penggerak Provinsi Riau dan Dinas Pendidikan Kabupaten Indragiri Hilir. 

Di akhir acara penutupan, PP mengumumkan pembagian kelas dan kelompok yang akan bergabung. Kali ini, kelompok kami bergabung dengan kelompok dari Pengajar Praktik Ibu Nuriah dan Bapak Haryanto. Lalu, kami masuk ke kelas yang telah dibagi untuk memulai kegiatan lokakarya. Kegiatan pembukaan dimulai dengan acara perkenalan dan ice breaking. Setelah itu, dilanjutkan dengan pemberian materi dari pengajar praktik, Bapak Aripin dan Ibu Nuriah tentang program yang berdampak pada murid. Student agency merupakan kemampuan untuk mengarahkan pembelajaran mereka sendiri, membuat pilihan – pilihan, menyuarakan opini, mengajukan pertanyaan dan mengungkapkan rasa ingin tahu, berpartisipasi dan berkontriibusi pada komunitas belajar, mengkomunikasikan pemahaman mereka kepada orang lain, dan melakukan tindakan nyata sebagai hasil proses belajarnya. Istilah student agency dapat diartikan sebagai kepemimpinan murid. Saat murid menjadi pemimpin dalam proses pembelajarannya sendiri, maka sebenarnya mereka telah memiliki yaitu:

·   Suara ( voice )

Suara  ( voice) adalah pandangan, perhatian, gagasan yang diekspresikan oleh murid melalui partisipasi aktif mereka di kelas, sekolah, komunitas, dan system pendidikan mereka, yang berkontribusi pada proses pengambilan keputusan dan secara kolektif mempengaruhi hasilnya.  Suara murid memberikan kesempatan bagi murid untuk berkolaborasi dan membuat keputusan dengan orang dewasa seputar apa dan bagaimana mereka belajar dan bagaimana pembelajaran mereka dinilai.

·    Pilihan ( choice )

Pilihan ( choice ) adalah peluang yang diberikan kepada murid untuk memilih kesempatan – kesempatan dalam ranah social, lingkungan, dan pembelajaran. Dalam ranah social murid dapat diberikan kesempatan untuk berada dalam kelompok yang sesuai dengan tujuan atau minatnya. Dalam ranah lingkungan murid murid dapat diberikan kesempatan untuk memilih atau mengatur tempat belajar yang sesuai untuk mereka. Dalam ranah pembelajaran murid diberikan pilihan – pilihan untuk mengakses, berlatih, atau membuktikan penguasaan pengetahuan atau keterampilan dalam kurikulum.

·   Kepemilikan ( ownership )

Pada saat murid menjadi pemimpin pada pembelajarannya murid akan bertanggung jawab dan menunjukkan keterlibatan yang lebih tinggi dalam proses pembelajarannya. Hal ini merupakan  murid terhubung terhubung secara fisik, kognitif, emosional dengan apa yang sedang dipelajarinya.

Tidak terasa, kegiatan lokakarya pun selesai. Saya sangat bersyukur, kegiatan berjalan dengan lancar dan sangat menyenangkan. Ucapan terima kasih saya berikan kepada para Pengajar Praktik, Bapak Aripin, Ibu Nuriah, dan Bapak Haryanto akan ilmu-ilmu bermanfaat yang telah diberikan kepada kami. Kepada rekan-rekanku sesama peserta calon guru penggerak,. Semoga kita tetap kompak dan semangat menempuh pendidikan ini dan bisa lulus menjadi Guru Penggerak bersama-sama. Aamiin.

 

 

Belaras, 25 November 2022

 

#GuruPenggerak

#Bergerak

#Tergerak

#Menggerakkan

 













\

Post a Comment

0 Comments