Materi dan Tugas Teks Laporan Percobaan, Kelas 9 SMPN 4 Mandah, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau

 

C.     


Menelaah Struktur dan Kebahasaan Teks Laporan Percobaan

 

Kegiatan 1: Struktur teks Laporan

Struktur teks laporan terdiri dari 2 bagian, yaitu :

1.      Pernyataan umum (klasifikasi)

2.      Uraian

 

1.      Pernyataan umum (klasifikasi)

Bagian ini menentukan klasifikasi aspek dari sesuatu, seperti hewan, alam, tumbuhan, dan lain-lain yang dibahas secara umum.

 

2.      Uraian

Bagian ini menggambarkan sesuatu yang dibahas secara rinci, bagian per bagian, kebiasaan atau kebutuhan hidup makhluk hidup dan penggunaan bahan dan alat, perilaku alamiah dan hal khusus.

 

 

 

Perhatikan teks laporan di bawah ini !

Venus adalah planet dalam sistem tata surya kita. Venus besarnya sama dengan bumi. Venus adalah planet. Warnanya oranye kekuningan dengan beberapa kehitaman. Venus merupakan planet kedua dari matahari antara Merkurius dan Bumi. Venus mengedari Matahari selama 235 hari Bumi. Venus berotasi sekali setiap 244 hari Bumi. Venus sangat tua dan berbatu. Langitnya oranye dengan kilatan cahaya petir.

 

Struktur teks laporan planet Venus

 

Pernyataan umum

Venus adalah planet dalam sistem tata surya kita.

Uraian

Venus besarnya sama dengan bumi. Venus adalah planet. Warnanya oranye kekuningan dengan beberapa kehitaman. Venus merupakan planet kedua dari matahari antara Merkurius dan Bumi. Venus mengedari Matahari selama 235 hari Bumi. Venus berotasi sekali setiap 244 hari Bumi. Venus sangat tua dan berbatu. Langitnya oranye dengan kilatan cahaya petir.

 

 

Nah, sekarang saatnya kalian mengerjakan tugas. Tentukanlah struktur teks laporan di bawah seperti contoh di atas !

 

Sepedaku termasuk sepeda ontel-jengki yang tidak memiliki batangan, besi berbentuk pipa yang menghubungkan setang dan tempat duduk. Tempat duduknya terbuat dari kulit. Warnanya hitam, tetapi sudah memudar. Ban depan sepedaku memiliki garis putih yang jarang ditemukan untuk ban sepeda. Ukuran ban sekitar 18 inci. Rem tangan depan dan belakang terbuat dari besi bukan kabel. Bel sepeda khas berbunyi kring-kring terletak di setang kanan. Sepeda ini kupakai ke sekolah. Teman-temanku berkelakar bahwa aku seperti naik onta, badanku kecil tidak cocok dengan sepeda yang besar. Saat mengayuh, kakiku yang pendek tidak sepenuhnya dapat mengikuti kayuhan. Kakiku menggantung di atas pedal bagian bawah.

 

Struktur teks laporan

 

Pernyataan umum

 

Uraian

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Adapun prosedur dalam mengerjakan tugas tersebut … ada baiknya kalian membaca terlebih dahulu peraturanya sebagai berikut :

1.      Kerjakan tugas dengan jujur dan bertanggung jawab di rumah masing-masing

2.      Kirimkan tugas kalian berupa lembar jawaban (jangan lupa tulis nama di lembar jawabannya) dalam bentuk JPEG(foto), pdf juga boleh … serta foto kalian sedang mengerjakan tugas tersebut (bisa meminta orang tua atau saudara di rumah untuk fotoin kalian belajar)  melalui whatsapp atau email amrolanibelaras@gmail.com

3.      Paling lambat Bapak tunggu tanggal 28 Agustus 2020.

 

#CerdasBerkarakter, #BlogBerkarakter, #SeruBelajarKebiasaanBaru, dan #BahagiaBelajardiRumah

\

Post a comment

0 Comments