MATERI DAN TUGAS PIDATO PERSUASIF SISWA KELAS 8 SMPN 4 MANDAH, KAB. INDRAGIRI HILIR, PROV. RIAU (BAGIAN 1)

 



Assalamualaikum Wr.Wb

 

Selamat pagi anak-anakku sekalian …

Khususnya kalian siswa-siswi kelas 9 SMP Negeri 4 Mandah …

Apa kabar kalian semuanya … semoga dalam keadaan baik-baik ya … sebelumnya Bapak mau absen satu per satu ya … dan kalian bisa jawab tentang kabar kalian kepada Bapak lewat kolom komentar ya ...

ADAM MALIK

BARIZAL BAHRI

CHERISTI MULIANA

DEVI APRIANI

FEBRIANSYAH

GIO ANUGERAH

GIRI SAPUTRA

GUNAWAN

HERA

KARTIKA

LAILA HUSNA HARAHAP

LARA

LISA

M.TEGAR FEBRIANSYAH

RAMA

SAID AGUSTIAN

SAPIRA EKA PUTRI

SUPRI

SY RIFA CINTIA PUTRI

WAHYUDI

YOGI SANTOSO

REVIDA ULFAH

SITI SALASIAH

 

Nah, anak-anak … sengaja Bapak menyuruh kalian untuk mengunjungi blog Bapak … dikarenakan ada tugas yang harus kalian kerjakan. Mengingat bahayanya covid-19 atau yang kita kenal virus corona … maka kita cukup berkumpul lewat blog Bapak demi memutus mata rantai penyebaran virus corona. Jadi, Bapak harap kalian paham kenapa Bapak memberikan tugasnya di sini bukan di sekolah.

Materi kedua kita di kelas 9 adalah pidato persuasif. Untuk memperdalam materi tentang pidato persuasif, ada baiknya kita membaca dan mencatat  materinya di bawah ini sebelum Bapak berikan tugas kepada kalian … selamat membaca !

 

PIDATO PERSUASIF

 

A.     Pengertian Pidato Persuasif

 

Pidato persuasif merupakan seni mengungkapkan pendapat secara jelas dan logis yang bertujuan meyakinkan audiensi untuk melakukan sesuatu. Setiap orang akan berbicara di hadapan orang lain, misalnya pada acara syukuran keberhasilan tertentu seperti, berhasil menjuarai suatu lomba, lulus ujian, dan kesempatan lain yang mengharuskan kita berbicara di hadapan orang lain. Ini juga pidato.

Persiapan menulis pidato persuasif :

1.      Pelajari topik

Kita harus mengetahui topik yang akan disampaikan dalam pidato. Hal ini sangat penting. Jika kamu tidak terlalu paham tentang topik ditugaskan, lakukan kajian dan belajarlah sebanyak mungkin hal-hal yang berkaitan dengan topik tersebut.

Apabila topik bersifat kontroversial, alangkah baiknya kamu mengetahui argumen dari semua sisi terhadap persoalan atau topik. Apa pun argument dari semua yang kamu buat akan lebih meyakinkan jika kamu membahas dua pandangan yang berbeda.

Luangkan waktu untuk membaca buku atau artikel yang berkaitan dengan topik. Kamu dapat pergi membaca ke perpustakaan sekolah atau perpustakaan daerah, bahkan bisa mencari informasinya melalui internet. Pastikan informasi tersebut berasal dari sumber yang terpercaya, seperti berita terpercaya, buku ilmiah, atau artikel.

Sumber berorientasi opini, seperti editorial surat kabar, perbincangan di radio atau televisi dapat bernilai untuk menemukan bagaimana pikiran orang lain tentang topik yang sama.           Namun, tetap hati-hati jangan mengandalkan satu sumber saja. Jika menggunakan banyak sumber, pastikan membaca ragam sudut pandang, bukan hanya satu sisi.

2.      Pahami tujuan

Penting untuk dipahami secara pasti apa yang ingin dicapai dengan pidatomu. Dengan demikian, akan mudah merajut isi pidatomu agar sesuai dengan tujuan.

Jika topiknya adalah daur ulang, penting mengetahui banyak hal tentang sampah kota. Namun, pidatomu harus memiliki focus untuk merefleksikan secara pasti apa yang kamu harapkan agar audiens melakukan pesan-pesanmu dalam pidato. Apakah kamu mencoba meyakinkan DPRD kota/kabupaten untuk program sampah terpadu ? atau mencoba meyakinkan orang untuk tidak membuang sampah sembarangan ? atau meyakinkan orang agar membuang sampah ke tong sampah secara terpisah untuk memudahkan daur ulang ? pidatomu akan berbeda meski berbicara tentang sampah. Jadi, memahami tujuan akan memudahkan merakit pesan secara efektif.

3.      Pahami audiensi

Memahami audiensi dalam hal pandangannya dan pengetahuan mereka tentang topic sangat penting. Ini juga akan memengaruhi isi pidatomu.

Audiensi yang sedikit mengetahui tentang topic memerlukan latar belakang informasi topic dan bahasa yang lebih sederhana. Audiensi yang sudah paham tentang topic akan merasa pidatomu membosankan. Mereka butuh informasi baru atau ide yang lain.

            Demikian juga, audiensi yang mendukung pandanganmu tentang topic akan lebih mudah diajak untuk berbuat sesuatu. Tidak perlu diyakinkan sedemikian rupa. Berbeda dengan audiensi yang tidak setuju denganmu akan lebih perlu diyakinkan secara serius untuk mempertimbangkan pandanganmu.

Cara-cara memersuasi dalam berpidato ada 3 cara,yakni :

1.      Memersuasi dengan etika ( gunakan pendekatan etika)

2.      Memersuasi dengan emosi (gugah perasaan audiensi)

3.      Memersuasi dengan logika (buat masuk akal)

Nah, tugas kalian adalah mengidentifikasi cara-cara memersuasi di bawah ini. Tentukan mana contoh persuasi berdasarkan etika, emosi, dan logika !

No.

Persuasi berdasarkan

1

“Coba pikirkan jutaan hewan yang kehilangan rumahnya setiap hari akibat pohon yang ditebang. Jika daur ulang berkelanjutan, kita dapat menyelamatkan banyak hutan yang indah”

 

2

“Kita paham bahwa cadangan sumber daya alami kita terbatas. Kita dapat memperpanjang cadangan kita dengan daur ulang.”

 

3

“Daur ulang adalah hal benar yang kita lakukan. Memubazirkan sumber daya kita yang terbatas sama dengan mencuri hak anak cucu kita di masa depan, ini tidak bermoral.”

 

 

 

1.      Kerjakan tugas dengan jujur dan bertanggung jawab di rumah masing-masing

2.      Kirimkan tugas kalian berupa catatan materi pidato persuasif dan lembar jawaban (jangan lupa tulis nama di lembar jawabannya) dalam bentuk JPEG(foto), pdf juga boleh … serta foto kalian sedang mengerjakan tugas tersebut (bisa meminta orang tua atau saudara di rumah untuk fotoin kalian belajar)  melalui whatsapp atau email amrolanibelaras@gmail.com

3.      Paling lambat Bapak tunggu tanggal 16 oktober 2020.

 

Cukup sampai di sini dulu pertemuan kita kali ini anak-anak… selamat mengerjakan … dan jangan lupa … untuk tetap stay at home ya …

 

\

Post a comment

2 Comments

  1. Wa'alaikumsalam pak,Pagi pak
    Alhamdulillah baik pak(revida ulfah)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukurlah. Selamat membaca dan mengerjakan tugasnya ya

      Delete